GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Cara merasa betah ketika di tinggal luar negeri: 10 tips

Cara merasa betah ketika di tinggal luar negeri: 10 tips

Untuk mendapatkan hasil belajar, magang atau bekerja di luar negeri secara optimal, bukan hanya perlu belajar bahasa dan melakukan apa yang dilakukan penduduk setempat – Anda tentunya juga ingin merasa betah meskipun sedang berada jauh dari rumah. Ruangan Anda harus berteriak, “Semuanya, lihat! Orang yang tinggal di sini merasa nyaman, dan inilah desain interior yang membuktikannya.” Dan jangan khawatir, walaupun Anda tidak terlalu suka mendekorasi, Anda tetap dapat menciptakan atmosfer homey dengan beberapa trik mudah (dan murah) ini.

1. Atur ruangan

Peraturan pertama dalam mengubah kediaman sementara Anda menjadi rumah yang sebenarnya? Buat ruangan menjadi tempat di mana Anda ingin menghabiskan waktu di sana – jika Anda harus selalu meninggalkan rumah untuk belajar atau bersantai, kamar atau apartemen Anda tidak akan terasa seperti rumah Anda. Siswa mungkin ingin mengatur ulang furnitur untuk menciptakan area di mana mereka dapat mengerjakan PR dan kutu buku mungkin ingin menambahkan beberapa bantal agar dapat membaca dengan lebih nyaman. Jika Anda menyukai yoga atau push-up — Anda tahu apa yang harus Anda lakukan.

2. Mendekorasi

Tempat tinggal bukanlah rumah karena motif gorden cocok dengan seprai dan juga lilin dan bunga yang menghiasi tempat tersebut. Ni adalah tentang hal-hal yang punya nilai sentimental dan menunjukkan kepribadian atau hasrat Anda: Lebih sedikit berarti lebih banyak dan satu benda atau gambar dekoratif yang sesuai dapat menjadi trik dan juga pembuka percakapan ketika Anda mengundang orang lain untuk berkunjung (lihat tips nomor sembilan). Ditambah lagi, Anda dapat selalu membawanya sebagai souvenir terbaik. Jika Anda membutuhkan inspirasi, cek Pinterest atau kunjungi sesama siswa, teman magang atau teman kerja.

3. Gantung foto

Terkadang, Anda tidak tinggal di suatu tempat cukup lama untuk menyalurkan bakat desain interior Anda, atau mungkin tidak diperbolehkan untuk mendekorasi sesuai dengan keinginan Anda – jika Anda tinggal di Airbnb atau hotel, misalnya. Namun walaupun begitu, memasang beberapa foto teman dan keluarga Anda dapat menambahkan sentuhan pribadi dalam waktu singkat.

4. Asah keahlian berkebun Anda

Sebuah indikasi bahwa sebuah ruangan merupakan sebuah rumah? Tanaman. Anda bahkan bisa memberi nama teman hijau Anda dan menjadikannya teman belajar Anda. Jika Anda khawatir tidak dapat merawatnya dengan baik, dapatkan bunga segar atau tanaman plastic yang bisa Anda bersihkan sesekali.

5. Singkirkan koper

Salah satu ciri bepergian adalah adanya koper. Tinggal dengan koper akan mengingatkan Anda, beberapa kali sehari, bahwa Anda sedang bepergian. Jadi, cara mudah untuk merasa berada di rumah adalah mengeluarkan pakaian Anda dari koper dan menyingkirkan koper tersebut.

6. Jaga agar tetap rapi

Tergantung pada tingkat kerapian Anda, hal yang satu ini mungkin tidak terlalu menyenangkan: Jaga agar tempat tinggal Anda sekarang tetap bersih dan rapi. Kembali ke apartemen yang bersih – lengkap dengan tempat tidur yang telah rapi – adalah bagian dari alasan mengapa tinggal di hotel sangat menyenangkan.

7. Dengarkan musik

Cara terbaik untuk membuat tempat manapun terasa lebih nyaman adalah dengan musik: Baik dengan headphone ataupun speaker, mendengarkan playlist favorit (dengan volume yang ramah lingkungan) membuat segalanya lebih baik, di belahan dunia manapun Anda berada.

8. Cium aroma

Mengapa tidak menjadikan personalisasi kantor pusat Anda sebagai misi untuk semua indera dan membeli beerapa lilin beraroma atau penyegar udara? Tentunya Anda harus memberitahu teman sekamar Anda, namun aroma favorit yang familiar dapat membuat keajaiban ketika berbicara tentang perasaan berada di rumah.

9. Perlihatkan semuanya

Bagian besar dari menciptakan kehidupan sosial yang jauh dari rumah adalah bertemu teman-teman baru – dengan mengundang mereka untuk mampir, misalnya. Lagipula, Anda telah menghabiskan banyak waktu untuk mendekorasi kediaman Anda, jadi waktunya untuk memperlihatkannya pada dunia: Jangan lupa untuk mengambil beberapa foto, merekam video atau meminta teman dan keluarga Anda melihat lebih dekat saat Anda melakukan video chat. (Ditambah lagi, acara seperti ini merupakan kesempatan yang baik untuk membereskan kamar Anda dan memastikan segalanya terlihat di iklan hunian.)

10. Pergi keluar dan menjelajah

Kini, saatnya membawa homifikasi ke tingkat berikutnya – dunia luar. Jelajahi lingkungan Anda dan temukan kafe, gym, bioskop, restoran ataupun taman yang bisa menjadi tempat bahagia (sementara) Anda. Dengan begitu, Anda akan selalu memiliki beberapa tempat alternatif saat Anda perlu pemandangan yang berbeda atau merasa homesick.

Dimanapun anda berada anda akan selalu serasa dirumahPelajari lebih lanjut
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Belajar salah satu dari 12 bahasa di 50 puluh pilihan kota terbaik

Selengkapnya