GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

10 langkah untuk masuk universitas ternama di Amerika Serikat

10 langkah untuk masuk universitas ternama di Amerika Serikat

Perguruan tinggi adalah semua tentang menjelajahi diri sendiri dan dunia di sekitar Anda, dan menentukan tipe orang seperti apakah yang Anda inginkan. Waktu Anda di universitas bukan hanya membantu Anda mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang Anda butuhkan untuk karir professional Anda, namun juga untuk membentuk Anda menjadi individu yang berpengetahuan lluas.

Melakukannya di Amerika Serikat bukan hanya merupakan kesempatan untuk mengambil keuntungan dari sistem pendidikan yang baik (dan sangat ketat), namun juga merupakan kesempatan untuk melihat dan mengalami sendiri hidup di bagian dunia yang mungkin sangat berbeda dengan dunia Anda sekarang.

Proses mendaftar ke universitas di Amerika Serikat sebenarnya sangat mudah, namun agak sulit untuk mengetahui dari mana memulainya dan bagian mana Anda harus fokus. Kami telah merangkum 10 langkah panduan untuk masuk universitas Amerika Serikat untuk membantu Anda. Semoga berhasil!

  1. Pikirkan sekolah impian Anda

Ada banyak universitas hebat di AS, termasuk sekolah superstar seperti Harvard, Columbia, Stanford, Princeton dan Yale, jadi tidak sulit untuk menemukan satu universitas yang sesuai dengan tujuan unik Anda dan juga lokasi serta jenis pendidikan yang Anda inginkan.

Sebagian akan menawarkan pengalaman kuliah seperti dalam film yang mungkin Anda cari – kampus yang besar dan bergengsi seperti Harvard dan Princeton – sebagian menawarkan lingkungan komunitas yang lebih kecil dan akrab, seperti Amherst College di Massachusetts.

  1. Kerjakan pekerjaan rumah Anda (dan pastikan Anda memiliki pilihan lain)

Setiap mahasiswa memiliki satu sekolah impian, namun seperti kata peribahasa, mimpi tidak akan menjadi kenyataan jika Anda tidak melakukannya! Ini adalah saatnya untuk mencari tahu. Anda mungkin telah memiliki pandangan mengenai universitas yang sesuai dengan tujuan pribadi dan professional Anda. Inilah saatnya untuk mengetahui manakah yang akan membawa Anda ke sana.

Ingat, ada kemungkinan Anda tidak masuk ke universitas pilihan pertama Anda atau universitas yang Anda inginkan tidak menawarkan hal yang Anda inginkan. Jadi pastikan untuk memiliki beberapa pilihan lainnya.

  1. Temukan mentor

Setelah Anda mempersempit daftar universitas yang Anda inginkan, temukan seseorang yang memiliki pengalaman mengenai proses pendaftaran perguruan tinggi di Amerika Serikat. Buat jadwal dan berbincanglah dengan mereka. Mungkin seseorang yang berkuliah di universitas yang Anda minati, atau seseorang yang memiliki pengetahuan luas dan sukses di jurusan pilihan Anda.

  1. Tentukan kegiatan ekstrakurikuler Anda

Sementara belajar dan mendapatkan nilai yang baik merupakan hal yang penting, bagian penting dari pengalaman universitas Amerika adalah hal-hal yang Anda lakukan di luar kelas. Universitas mencari siswa yang bersemangat, ingin tahu, berpikir ke depan dan sedikit altruistik.

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan cara yang baik untuk membuktikan bahwa Anda adalah tipe individual yang sekolah cari. Baik olahraga yang Anda minati, alat musik yang Anda kuasai, atau akhir pekan yang Anda habiskan dengan menjadi sukarelawan di komunitas Anda, merupakan hal yang penting untuk menggaris bawahi minat Anda di luar kelas dalam pendaftaran.

  1. Pelajari persyaratan

Anda telah memiliki daftar universitas yang Anda minati dan juga ekstrakurikuler. Sempurna! Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kantor penerimaan masing-masing dan mempelajari lebih lanjut mengenai proses penerimaan dan syarat apa saja yang dibutuhkan.

Institusi pendidikan yang lebih tinggi di Amerika Serikat mengatur persyaratan penerimaan mereka sendiri. Sebagian mungkin meminta tes atau esai tertentu dan sebagian lainnya mungkin memiliki proses wawancara yang lebih formal.

  1. Kumpulkan dokumen Anda

Selain tes masuk, kantor penerimaan sekolah pilihan Anda juga akan meminta beberapa dokumen kunci. Mereka akan ingin meninjau semua nilai Anda selama sekolah menengah. Anda akan perlu meminta sekolah Anda mengirimkan transkrip ke universitas yang Anda daftar. Mereka juga melihat hasil dari ujian sekolah menengah standar negara Anda. Anda dapat membacanya lebih lanjut mengenai persyaratan tersebut di sini.

  1. Poles bahasa Inggris Anda (dan ambil tes yang sesuai)

Untuk dapat masuk ke universitas di Amerika Serikat, Anda perlu mencapai tingkat bahasa Inggris tertentu. Hal ini akan memastikan Anda mendapatkan hasil studi yang optimal dan kontribusi untuk program Anda dengan efektif. Tidak yakin di mana tingkat Anda?Ikuti Tes Bahasa Inggris Standar EF yang cepat dan gratis ini. Berpikir Anda mungkin perlu memoles keterampilan bahasa Inggris Anda? Pertimbangkan untuk mengikuti program bahasa Inggris yang berfokus pada universitas bersama kami.

Langkah berikutnya yaitu mengikuti tes bahasa Inggris yang memberi Anda sertifikasi. Sebagai aturan praktis, persyaratan tes bahasa Inggris yang paling umum untuk universitas Amerika adalah TOEFL (Test of English as a Foreign Language). Universitas di Kanada biasanya membutuhkan IELTS (International English Language Testing System). Walaupun sebagian besar sekolah menerima nilai dari kedua tes, penting untuk memastikan Anda tahu tes mana yang mereka inginkan.

Jika Anda merasa siap mengikuti tes, Anda dapat melakukannya di pusat tes di negara Anda. Berbincanglah dengan pusat bimbingan sekolah Anda untuk informasi lebih lanjut.

  1. Kirimkan pendaftaran Anda

Setelah Anda mempersiapkan semua persyaratan, mengambil tes, mendapatkan formulir pendaftaran, saatnya untuk mengisi dan mengirimkannya. Perhatikan bahwa akan ada biaya yang tidak dapat dikembalikan untuk setiap pendaftaran yang dikirim. Biaya ini berkisar antara USD35-100 dan harus dibayar terlepas dari Anda diterima di sekolah tersebut atau tidak.

  1. Mulailah lebih awal

Perlu diingat bahwa ketika Anda ingin mengirimkan pendaftaran Anda, Anda perlu memperhitungkan waktu penundaan dalam proses. Cari tahu batas waktu pendaftaran dan cobalah untuk mengirimkan pendaftaran sebelum batas waktu. Sayang sekali jika Anda melewatkan kesempatan Anda hanya karena pengiriman tertunda pada minggu tersebut!

  1. Visa dan dokumen lainnya

Anda akan memerlukan visa pelajar untuk kuliah di universitas Amerika. Tidak pernah terlalu awal untuk mulai merencanakannya. Karena dokumen Anda telah dipegang kantor pendaftaran universitas yang Anda pilih, tidak sulit untuk mengirimkan informasi mengenai diri Anda untuk visa. Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk mempelajari tentang pilihan asuransi kesehatan selama Anda berada di luar negeri. Walaupun visa pelajar Anda tidak mengharuskan Anda untuk memiliki asuransi kesehatan, sekolah Anda kemungkinan besar akan mengharuskannya, jadi jangan mengabaikan informasi ini. Penyedia asuransi Anda mungkin menawarkan kebijakan yang baik selama Anda berada di luar negeri, namun Anda mungkin perlu mencari alternatif lain.

Bersiaplah untuk belajar di Amerika Serikat bersama kamiFind Out More
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Cari tahu tingkat bahasa inggris kamu dalam hitungan menit

Selengkapnya