Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Kosakata Bahasa Inggris yang Bikin Kamu Makin Profesional di Kantor
Karir & Bisnis

5 Kosakata Bahasa Inggris yang Bikin Kamu Makin Profesional di Kantor

2022.11.23

Dalam dunia pekerjaan atau lingkup profesional, kamu juga perlu mempelajari bahasa Inggris. Pasalnya, saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan penggunaan istilah bahasa Inggris dalam bekerja. Hal ini termasuk menggunakan istilah-istilah bahasa Inggris atau advance vocabulary saat membicarakan berbagai hal yang terkait dengan pekerjaan. Tentu sebagai pegawai kantoran, kamu tidak ingin ketinggalan, kan? Oleh sebab itu, penting untukmu mengetahui dan menghafal kosakata bahasa Inggris profesional yang sering digunakan dalam dunia kerja. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh kosakata yang bisa kamu pahami.

Deck

Salah satu istilah dalam bahasa Inggris yang saat ini sering digunakan dalam dunia kerja adalah “deck”. Kamu mungkin lebih ‘akrab’ dengan istilah PowerPoint atau slides, di mana kedua kata tersebut sebenarnya merujuk kepada hal yang sama dengan “deck”. Biasanya, kosakata yang satu ini digunakan untuk menjelaskan slides yang berisi materi yang ingin kamu presentasikan dalam meeting atau rapat, pitching kepada klien, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, jika ada atasan, rekan kerja, atau partner bisnis meminta kamu membuat atau menyerahkan “deck”, berarti yang dimaksud adalah PowerPoint atau slides.

Deduction

Nah, istilah bahasa Inggris yang satu ini biasanya berkaitan dengan pemberian gaji yang diberikan kepada karyawan setiap bulannya. Deduction berarti pemotongan gaji yang biasanya dibebankan kepada pegawai berkaitan dengan iuran-iuran tertentu yang sebelumnya sudah disepakati antara perusahaan dan karyawan. Umumnya, deduction bisa berasal dari berbagai macam iuran. Seperti di Indonesia, deduction bisa berkaitan dengan pemotongan pajak, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, dan pemotongan iuran sejenis.

Hand Over

Kosakata lain dalam bahasa Inggris yang juga cukup sering digunakan dalam percakapan dengan sesama pegawai di lingkup profesional adalah “hand over”. Istilah yang satu ini biasanya digunakan pada saat seseorang memasuki perusahaan dan menggantikan orang lain untuk sebuah posisi pekerjaan di hari pertama kerja. Nah, “hand over” adalah proses penyerahan pekerjaan dari orang sebelumnya kepada sang pengganti.

Namun, tidak terbatas pada kondisi tersebut, “hand over” juga bisa dilakukan oleh pegawai yang hendak mengambil cuti panjang, misalnya cuti melahirkan, kepada rekan kerjanya untuk menggantikan posisi pekerjaannya dalam kurun waktu tertentu.

One-on-one meeting

Sebenarnya, dari istilahnya saja kamu pasti sudah memahami apa makna dibalik “one-on-one meeting”. Istilah yang satu ini memang berkaitan dengan rapat atau pertemuan yang terjadi antara dua orang saja. Biasanya, meeting ini dilakukan antara atasan dengan bawahannya untuk mendiskusikan hal yang berkaitan dengan pekerjaan dalam kurun waktu tertentu.

Dalam meeting ini kamu biasanya juga bisa menyampaikan keluh kesahmu selama menjalani pekerjaan yang kamu lakukan. Nah, meeting atau pertemuan yang satu ini mungkin saja dilakukan secara berkala, misalnya setiap tiga bulan atau enam bulan sekali.

Reimburse

Istilah yang satu ini juga salah satu advance vocabulary yang penting untuk kamu ketahui. Kata reimburse berarti penggantian uang yang dilakukan oleh perusahaan kepada pegawai. Biasanya, hal ini terjadi karena pegawai harus mengeluarkan uang menggunakan dana pribadi terlebih dahulu untuk kepentingan perusahaan.

Nah, pegawai memiliki hak untuk meminta perusahaan mengganti biaya atau dana yang dikeluarkan secara pribadi kepada perusahaan. Contohnya, biaya transportasi yang dikeluarkan oleh pegawai dari kantor menuju tempat meeting dengan bertemu klien di luar kantor.

Sebenarnya, masih ada banyak lagi kosakata lain dalam bahasa Inggris profesional yang bisa kamu pelajari. Yuk langsung aja klik di sini untuk tingkatan kosakata kamu! Selamat membaca.

 

Daftar Konsultasi Gratis

5 Kosakata Bahasa Inggris yang Bikin Kamu Makin Profesional di Kantor