1500-003

5 Tips Menghafal Cepat Kosakata Bahasa Inggris

Salah satu tantangan terbesar dalam belajar bahasa Inggris adalah menghafal kosakata atau vocabulary. Bahkan, mungkin kamu termasuk salah satu yang merasa kesulitan jika harus menghafal begitu banyak kosakata. Tetapi, ada tips yang bisa kamu praktikkan agar lebih mudah menghafal kosakata dalam bahasa Inggris. Bagaimana ya, caranya? Yuk, simak tips-tips di bawah ini. 

Segera gunakan kosakata yang baru kamu pelajari

Agar kamu selalu ingat, jangan ragu untuk langsung menggunakan kosakata yang baru kamu pelajari dalam menyusun kalimat. Gunakan saat kamu ingin menulis atau berbicara dalam bahasa Inggris.  Susun beberapa kalimat dengan kosakata tersebut dan lalu masukkan ke dalam buku catatan kamu. Coba liat buku tersebut setelah satu hari, satu minggu, hingga satu bulan agar tidak lupa dengan kosakata tersebut dan maknanya. 

Menghafal melalui permainan kosakata

Saat ini sudah banyak game atau permainan yang tersedia di internet untuk menunjang kamu belajar bahasa Inggris online. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan game untuk menghafal kosakata baru dengan cara yang lebih menyenangkan. Permainan yang kamu pilih memang tidak selalu tentang menghafal. Kamu bisa bermain scrabble online atau permainan lain yang erat kaitannya dengan kosakata. Jika kamu sering melihat, mendengar, atau menulis kata-kata tersebut, kamu akan lebih familiar dengan kosakata itu dan lebih cepat menghafal makna dan penggunaannya

Buatlah suasana di mana kamu sering melihat kosakata baru tersebut

Tulislah setiap kosakata yang kamu hafalkan di sticky notes atau di kertas catatan sekreatif mungkin. Lalu, tempel catatan tersebut di seluruh penjuru kamar atau rumah. Tempel di tempat-tempat yang paling sering kamu lalui agar kamu juga sering melihatnya. Dengan catatan-catatan yang kreatif, kamu akan mudah mengingat tulisan yang kamu buat sendiri. Jika kamu menghafal kosakata mengenai benda-benda di dalam rumah, kamu bisa menempelkan bahasa Inggris dari setiap benda di rumah agar kamu terbiasa dan lebih cepat menghafalkannya. 
 

Perbanyak membaca teks bahasa Inggris

Kamu mungkin merasa kesulitan untuk menghafal karena kamu tidak terbiasa menggunakan atau melihat kata tersebut. Oleh sebab itu, perbanyak membaca teks dalam bahasa Inggris. Semakin sering kamu melihat kata itu, semakin terbiasa pula kamu untuk menggunakannya. Untuk menghafal kosakata, cobalah untuk mengingat maksimal delapan kosakata dalam sehari. Jika kamu terlalu muluk muluk, justru kamu akan semakin susah menghafal karena terlalu banyak kata yang kamu pelajari dalam sehari. 

Buat flash card

Bukan hanya untuk balita, flash card juga bisa digunakan orang dewasa untuk menghafal kosakata dalam bahasa Inggris. Di dalam flash card tersebut, kamu bisa menempelkan gambar serta kosakata bahasa Inggris dari gambar yang tertempel pada kartu. Bawalah kartu tersebut ke mana pun kamu pergi. Jadi, jika kamu memiliki waktu senggang, kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk menghafal kosakata menggunakan flash card tersebut.

Sebenarnya, mempelajari kosakata bukan hal yang sulit. Namun, memang dibutuhkan strategi dan tips yang sesuai agar lebih efektif melakukannya. Jadi, sudah siap mencoba?

Coba Kelas Pertama Gratis