Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Tips Menghadapi Rasa Takut di Hari Pertama Kerja
Karir & Bisnis

6 Tips Menghadapi Rasa Takut di Hari Pertama Kerja

2019.09.09

Deg-deg-an di hari pertama kerja bukan hal yang aneh, bahkan hal ini justru wajar terjadi. Tetapi,jangan sampai perasaan yang kamu miliki saat masuk ke kantor baru memengaruhikinerja di hari pertama. Cobalah untuk menghadapi rasa takutmu dan mulailahbekerja dengan baik. Tapi, apa saja ya yang kira-kira bisa dilakukan untuk

menghadapi perasaan nervous di hari pertama kerja di kantor baru?

1. Carilah teman baru

Biasanya, di hari pertama kerja, kamu akan berkenalan dengan banyak orang baru. Perhatikan teman-teman barumu dan cobalah untuk mencari orang yang membuatmu nyaman untuk berada di dekatnya, setidaknya di awal-awal bekerja di tempat tersebut.

Bukannya memanfaatkan, tetapi mungkin saja orang tersebut akan menjadi temanmu di kantor. Selain itu,mungkin saja orang tersebut menjadi jalanmu akrab dengan yang lain.

2. Kamu tidak akan menjadi ‘anak baru’ selamanya

Mungkin kamu akan cukupdiperhatikan di hari pertama, tetapi selanjutnya, kamu akan dianggap sama sajadengan yang lain. Tidak akan ada yang benar-benar memperhatikanmu seperti diawal kedatanganmu di kantor.

Selain itu,lama-kelamaan kamu akan terbiasa dengan ritme kerja, lingkungan kerja, hinggakolega-kolegamu di kantor. Jadi, jika kamu merasa takut dan khawatir di awal

kerja, selalu ingat bahwa hari itu akan segera berlalu.

3. Bersikap dengan baik

Bukan berartiberpura-pura, sebenarnya bersikap dengan baik di tempat kerja sudah menjadipersyaratan wajib yang harus dilakukan oleh semua orang. Tetapi, jika kamu anakbaru, bersikaplah ekstra baik.

Pasalnya, segalagerak-gerikmu akan sangat amat diperhatikan dan apa yang kamu lakukan di haripertama kerja akan terus dikenang oleh rekan kerjamu. Ikuti alur yang terjadidi tempat kerjamu.

Jika kamu diajak berbicara dalam bahasa Inggris dengan teman sebelah, dan meski sebenarnya kamukurang nyaman menggunakan bahasa asing saat berbicara santai dengan orang lain,tetaplah menjawab dengan bahasa Inggris sehari-hari juga.

4. Catat segala informasi

Di hari pertama kerja,kamu akan mendapat banyak sekali informasi baru. Mulai dari instruksi dasaruntuk bekerja, password wi-fi, bahkan mungkin cara membuka pintu ruanganyang ternyata harus dibuka dengan cara tertentu.

Segala informasitersebut penting, maka dari itu ingatlah semua informasi yang kamu dapatkan.Jika perlu, catat segala informasi tersebut. Jadi, jika kamu lupa, kamu bisamembuka catatanmu kembali.

5. Jangan berharap kamu akan tahu segalanya

Banyak bertanya di haripertama kerja adalah hal yang lumrah, bahkan memang sudah sepantasnyadilakukan, karena kamu adalah anak baru. Sebagai anak baru, kamu memang tidaktahu banyak hal, baik pekerjaan hingga kebiasaan di kantor.

Jangan merasa kamu sudahtahu segalanya, karena dengan pemikiran tersebut, kamu akan malas bertanya.Padahal, hari pertama adalah kesempatanmu untuk menanyakan banyak hal. Pasalnya,setelah hari pertama kerja, kamu dianggap sudah mengetahui segalanya.

6. Buatlah space kerja senyaman mungkin

Di setiap kantor, setiap pegawai memiliki workspace sendiri-sendiri, begitu pula denganmu. Untukmembuatmu nyaman bekerja, kamu bisa menata meja itu sesuai dengan seleramu.Kamu bisa pasang fotomu dengan keluarga atau dengan teman-teman untukmembantumu merasa lebih tenang dan ‘akrab’ dengan meja kerjamu.

Hari pertama bekerja ditempat baru mungkin akan memberikan tantangan tersendiri buat kamu. Tetapi,yakinlah bahwa semua akan segera berlalu dan hadapi hari itu dengan pikiranpositif agar kamu menunjukkan performa terbaikmu.

Daftar Konsultasi Gratis

6 Tips Menghadapi Rasa Takut di Hari Pertama Kerja