Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Basic Tools yang Harus Dikuasai Freshgraduate di Dunia Kerja
Karir & Bisnis

Basic Tools yang Harus Dikuasai Freshgraduate di Dunia Kerja

2023.01.30

Jika kamu seorang freshgraduate yang hendak memasuki dunia kerja, kamu perlu tahu bahwa penggunaan laptop atau komputer sudah menjadi bagian dari pekerjaan seorang pegawai kantoran sehari-hari. Ini artinya, hampir tidak ada pegawai kantoran yang tidak menggunakan laptop atau komputer dalam mengerjakan pekerjaan. Oleh sebab itu, kamu perlu menguasai beberapa basic tools yang nantinya akan kamu pergunakan untuk menunjang pekerjaan sehari-hari sebagai seorang pegawai kantoran. Berikut ini adalah beberapa basic tools penting yang harus kamu kuasai:

Microsoft office

Microsoft Office adalah salah satu basic tools yang meliputi banyak tools di dalamnya. Di antaranya adalah Miscrosoft Word, Microsoft PowerPoint, hingga Microsoft Excel. Dari sekian banyak tools yang termasuk ke dalam Microsoft Office, ketiganya termasuk yang paling banyak digunakan pegawai, tergantung pada posisinya dalam perusahaan. Microsoft Word utamanya digunakan untuk menulis berbagai tulisan, seperti artikel dan lain sebagainya. Biasanya, tools yang satu ini banyak digunakan oleh writer, seperti content writer, copywriter, jurnalis, dan masih banyak lagi. Sementara itu, Microsoft PowerPoint merupakan basic tools yang biasanya digunakan untuk presentasi, baik kepada klien, atasan, atau rekan kerja. Kamu wajib menguasai tools yang satu ini jika memiliki pekerjaan yang mengharuskan kamu untuk sering melakukan presentasi.

Di sisi lain, ada pula Microsoft Excel yang biasanya digunakan untuk mengumpulkan atau menyajikan data-data yang berkaitan dengan pekerjaan. The power of Microsoft Excel adalah tools yang satu ini banyak digunakan di berbagai lini pekerjaan. Ini artinya, hampir semua posisi di perusahaan sebaiknya menguasai tools yang satu ini.

Adobe Photoshop

Dalam bekerja, kamu tidak hanya bertemu dengan data, tulisan, atau angka saja. Besar kemungkinan kamu juga akan menggunakan gambar dalam pekerjaan. Hal ini menjadikan Adobe Photoshop sebagai salah satu basic tools yang setidaknya kamu kuasai. Ya, ternyata tidak hanya orang yang bekerja di dunia desain saja yang harus bisa menggunakan Adobe Photoshop, tetapi hampir semua orang yang bekerja di sebuah perusahaan disarankan untuk bisa menggunakan tools yang satu ini.

Pasalnya, mungkin saja atasan atau rekan kerja memintamu mengedit foto atau gambar untuk suatu kepentingan kantor dan kamu tidak bisa menolaknya. Oleh sebab itu, pemahaman atas fungsi dari Adobe Photoshop harus kamu miliki. Setidaknya, kamu perlu mengetahui fungsi-fungsi dasar agar jika ada pekerjaan dadakan yang mengharuskan kamu menggunakan tools ini, kamu sudah tidak kebingungan lagi.

Cloud Storage

Basic tools berikutnya yang tak kalah penting untuk kamu kuasai adalah cloud storage. Sesuai dengan namanya, tools yang satu ini berkaitan dengan penyimpanan data-data yang kamu miliki, khususnya yang terkait dengan data-data perusahaan dan file-file yang berhubungan dengan pekerjaanmu.

Nah, kamu perlu menguasai penggunaan tools yang satu ini. Hal ini bermanfaat untuk memudahkan kamu menyimpan data-data penting agar tidak memenuhi memori laptop atau komputer yang kamu gunakan. Tak hanya itu, data-data penting tersebut akan jauh lebih aman jika disimpan di Cloud Storage karena meminimalkan data hilang karena masalah-masalah teknis seperti laptop rusak atau hilang.

Aplikasi meeting online

Tools lain yang juga tak kalah penting untuk kamu pelajari dan kuasai saat hendak memasuki dunia kerja adalah aplikasi meeting online seperti Zoom atau Google Chat. Apalagi, saat ini sudah semakin banyak perusahaan yang memberlakukan aturan Hybrid atau WFH, sehingga kemungkinan kamu menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut semakin besar.

Hal ini tentu penting, karena jika tidak paham cara menggunakan aplikasi tersebut, kamu bisa saja melakukan kesalahan saat sedang meeting dengan atasan, klien, yang mungkin bisa membuat kamu tampak tidak profesional. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi, kan?

Nah, kini kamu sudah paham kan tools apa saja yang penting untuk dipelajari sebelum memasuki dunia kerja? Jangan berhenti belajar, ya!

Mau lebih kenal tentang dunia pekerjaan? EF Adults udah siapin artikel yang pas untuk kamu di sini ya. Selamat membaca!

Daftar Konsultasi Gratis

Basic Tools yang Harus Dikuasai Freshgraduate di Dunia Kerja