Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Gangguan Kesehatan Jika Menatap Layar Laptop Terlalu Lama
Karir & Bisnis

4 Gangguan Kesehatan Jika Menatap Layar Laptop Terlalu Lama

2020.03.13

Selain handphone, penggunaan laptop kini juga semakin luas. Bagi kaum milenial, laptop bukan hanya sekedar perangkat elektronik saja, melainkan bagian dari kebutuhan sehari-hari yang dimilikinya. Apalagi jika kamu adalah salah satu pegawai kantoran di Ibukota. Namun sayang, terlalu lama menghadap layar laptop ternyata berbahaya untuk kesehatanmu. Apa saja? Silakan simak penjelasan di bawah ini.

Obesitas

Percaya atau tidak, duduk terlalu lama di depan layar komputer bisa menyebabkan kamu mengalami obesitas. Bagaimana bisa? Tentu saja hal ini disebabkan karena kamu kurang gerak. Bahkan, karena terlalu sibuk bekerja atau melakukan kegiatan apapun yang kamu sukai di depan layar komputer, kamu akan membutuhkan snack.

Gangguan kesehatan seperti obesitas terjadi karena kamu justru memilih untuk menambah asupan makanan untuk menemanimu bekerja dibanding berolahraga atau bergerak pada titik yang sesuai. Sementara itu, setelah lelah bekerja, kamu mungkin ingin rebahan sembari menonton serial atau film di Netflix.

Dengan kebiasaan yang kamu terapkan baik di kantor maupun di rumah, tentu kamu tahu jika mendiamkan hal ini, kamu bisa saja benar-benar mengalami obesitas.

Nyeri punggung, leher, dan pundak

Terlalu lama duduk di depan layar komputer atau laptop mau tidak mau akan membuatmu kerap berganti posisi. Biasanya, hal ini terjadi jika kamu sudah tidak nyaman dengan posisi duduk sebelumnya, lalu menggantinya dengan berbagai posisi yang berbeda.

Rasa nyeri yang dirasakan di area punggung, leher, dan pundak terjadi sebab kamu melakukan postur duduk yang salah. Tidak duduk dengan postur yang baik dapat membuatmu merasakan ini. Ditambah lagi, saat duduk terlalu lama, juga memengaruhi aliran darah di dalam tubuh, sehingga pada saat tertentu kamu akan merasa tubuhmu kaku.

Untuk menyiasatinya, cobalah untuk berdiri atau berjalan sejenak setiap 30 menit sekali. Setidaknya, regangkan tangan dan pundak setiap 30 menit agar tubuh tidak terlalu kaku.

Sakit mata

Meski belum tentu terjadi, salah satu hal yang mungkin terjadi saat duduk menatap layar laptop terlaliu lama adalah kesehatan mata terganggu. Pasalnya, kedua bola mata yang kamu miliki tidak didesain untuk menatap cahaya biru dari komputer atau layar gadget hingga berjam-jam lamanya.

Jika mata kamu harus terpapar dengan cahaya biru dari layar komputer selama berjam-jam setiap harinya, percayalah bahwa sebenarnya kamu sedang membiarkan matamu mengalami berbagai masalah kesehatan.

Hal ini bisa membuat mata kering hingga iritasi. Biasanya, hal ini ditandai dengan sakit kepala atau pandangan menjadi kabur. Kondisi ini sangat mungkin terjadi jika kamu tidak mengistirahatkan mata, apalagi jika selama memandang layar komputer, kamu tidak mengatur jarak pandang yang aman, sehingga mata harus bekerja terlalu keras menatap layar.

Masalah perubahan suasana hati

Tidak hanya mengganggu kesehatan fisik, terlalu lama duduk di depan layar juga bisa mengganggu kesehatan mental. Kamu mungkin merasa lebih produktif dalam bekerja saat menghabiskan waktu untuk mengerjakan suatu proyek di laptopmu.

Tapi, tahukah kamu bahwa terlalu lama duduk di depan layar dapat membuatmu mudah mengalami perubahan mood, hingga stres dan depresi? Maka itu, hindari duduk terus-menerus dan cobalah berjalan-jalan sejenak ke luar ruangan agar tidak stres.

Mencoba produktif dengan duduk berlama-lama di depan layar laptop mungkin sudah menjadi bagian dari gaya hidup, tapi pastikan bahwa kamu tahu cara mengimbanginya dan tahu kapan harus berhenti dan beristirahat.

Daftar Konsultasi Gratis

4 Gangguan Kesehatan Jika Menatap Layar Laptop Terlalu Lama