GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Cara belajar di luar negeri like a boss: 7 tips

Cara belajar di luar negeri like a boss: 7 tips

Musim panas sudah dekat dan banyak dari Anda berencana melanjutkan perjalanan studi luar negeri pertama Anda. Kami yakin ini akan menjadi epik, dan merupakan hal yang wajar jika Anda sedikit cemas atau memiliki satu atau dua pertanyaan mengenai kepergian ke luar negeri dan hidup di negara baru. Untuk membantu Anda mempersiapkan diri (dan merasa lebih nyaman serta percaya diri), berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat:

1. Katakan ya!

Pertama – katakan ya pada pengalaman itu sendiri. Jika Anda bermimpi untuk belajar di luar negeri selama musim panas dan bertemu dengan orang-orang dengan pemikiran yang sama dari seluruh belahan dunia, pastikan hal ini yang akan terjadi. Ini merupakan langkah pertama. Setelah Anda berada di sana, setiap harinya akan penuh dengan pengalaman baru, namun semua ini terserah pada Anda bagaimana memaksimalkannya. Jadi, walaupun Anda tidak yakin suatu kegiatan cocok untuk Anda, tetap katakan ya. Lakukan dengan pikiran terbuka dan selesaikan tanpa penyesalan.

2. Rangkul perbedaan

Rutinitas baru. Makanan asing. Cuaca tak terduga. Banyak hal yang berbeda dari yang di rumah, namun yang terpenting adalah melihat semua perbedaan ini dengan pikiran ingin tahu dan positif – bagaimanapun, semua ini adalah bagian dari pengalaman belajar di luar negeri: Dengan merangkul “keanehan” dan “kebaruan” ini Anda akan menemukan apa yang membuat negara yang Anda kunjungi begitu istimewa. Anda bahkan mungkin akan mempelajari satu atau dua hal mengenai diri Anda dalam poses ini.

3. Atasi homesick like a boss

Wajar untuk merindukan kenyamanan rumah, dan merasa sedikit homesick terjadi pada hampir semua orang – bahkan wisatawan yang paling berpengalaman. Triknya adalah fokus pada masa kini: Berkumpul dengan teman, melakukan hal-hal yang Anda sukai, dan mengobrol dengan guru atau keluarga angkat Anda jika hal ini terasa berat. (Atau baca postingan blog ini – blog ini memberikan beberapa tips yang berharga.)

4. Ajukan pertanyaan

Jangan menahan diri. Setiap pertanyaan tentang kehidupan di destinasi yang Anda ajukan akana meningkatkan pemahaman Anda mengenai budaya. Mengapa orang-orang Inggris suka minum teh? Mengapa orang Italia tidak minum cappuccino setelah pukul 10 pagi? Sebenarnya apa itu Weisswurst?! Jangan pergi tanpa mencari tahu. Google dapat membantu, tetapi begitu juga dengan staf di sekolah Anda.

5. Bicara dengan bahasa setempat

Mengajukan pertanyaan merupakan langkah penting dalam mengenal negara yang sedang Anda tinggali, namun mengajukan pertanyaan dalam bahasa yang digunakan di negara tersebut akan membantu Anda terhubung dengan destinasi Anda pada tingkat yang lebih dalam – dan ini merupakan salah satu keuntungan terbesar dari belajar di luar negeri. Setiap interaksi yang Anda lakukan dengan bahasa yang sedang Anda pelajari akan meningkatkan kemampuan Anda dan membuat Anda merasa berada di rumah.

6. Pelajari kebiasaan setempat

Salam dan candaan setempat merupakan salah satu yang membedakan pengunjung dengan penduduk setempat. Pelajari cara menghindari penggunaan kalimat yang sering digunakan orang-orang dengan cara mengamati dan mengajukan pertanyaan saat Anda berada di luar negeri. Hal ini akan membuat Anda unggul dan sekali lagi, memberikan perasaan yang nyaman karena menemukan rumah lain ketika sedang berada jauh dari rumah.

7. Hadirlah (dan letakkan ponsel itu)

Memberitahu teman dan keluarga mengenai betapa serunya pengaman Anda merupakan hal yang penting dari perjalanan Anda. Namun menghabiskan terlalu banyak waktu dengan ponsel berarti kehilangan dunia nyata yang ada di hadapan Anda. Tinggalkan ponsel Anda dan berbicanglah dengan teman/keluarga

host/pengajar Anda sebanyak mungkin. Hadirlah untuk mereka dan untuk setiap situasi baru yang Anda temukan. Apa yang Anda alami di kehidupan nyata – khususnya ketika Anda berada di kota baru dan negara baru – jauh lebih berharga dan bermakna dari setiap guliran di Instagram atau Snapchat (hal-hal ini bisa menunggu!).

Apakah Anda siap untuk musim panas terbaik yang pernah ada?Pelajari Lebih Lanjut
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Cari tahu tingkat bahasa inggris kamu dalam hitungan menit

Selengkapnya