GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

5 alasan untuk memberikan anak Anda kesempatan yang tidak pernah Anda dapatkan

5 alasan untuk memberikan anak Anda kesempatan yang tidak pernah Anda dapatkan

Kami tahu seberapa besar Anda ingin menyaksikan anak Anda tumbuh, belajar dan mengembangkan pendapat mereka sendiri. Namun Anda mungkin juga merasa sedikit gugup melihat mereka berlari menuju kedewasaan, berharap Anda dapat menjaga mereka di bawah sayap Anda selama hidup mereka. Tidak mudah menyaksikan anak Anda menjadi dewasa. Tapi tahukah Anda apa yang lebih sulit? Tidak membiarkan mereka menjadi versi terbaik dari diri mereka. Sejalan dengan hal-hal penting lainnya seperti pendidikan, nutrisi dan cinta, waktu yang dihabiskan di luar negeri merupakan investasi yang sangat berharga bagi masa depan anak Anda, khususnya di dunia global yang semakin kompleks ini.

Bahkan jika Anda tidak mendapatkan kesempatan untuk pergi, belajar dan tinggal di luar negeri saat Anda masih muda dulu, berikut merupakan lima alasan untuk memberikan kesempatan ini pada generasi berikutnya:

  1. BIARKAN MEREKA BERTEMU DENGAN SESAMA

Betapa nyamannya rumah, jalan, kota, dan kehidupan, dunia ini jauh lebih luas dari kehidupan dan interaksi langsung kita. Penelitian menunjukkan lagi dan lagi bahwa hubungan, bukannya kekayaan maupun kedudukan sosial, berperan penting dalam meningkatkan kebahagiaan kita. Untuk anak muda, pencarian untuk menemukan “sesama” mereka muncul di permukaan setiap saat. Kelompok sosial merupakan segalanya ketika seorang yang muda bertumbuh dan dukungan (atau kurangnya dukungan) yang diperoleh mempengaruhi pemahaman tentang diri mereka sendiri dan posisi mereka di dunia. Sungguh luar biasa bahwa anak Anda memiliki orang-orang penting di rumah, yang terdiri dari orang tua, keluarga dan teman, namun ada perbedaan antara “sesama” kita dengan orang-orang di sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari. Memiliki “sesama” yang memiliki minat serta tujuan sama akan meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Melalui perjalanan dan pembelajaran di luar negeri, anak-anak muda akan secara alami didorong untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman sebaya yang memiliki nilai dan minat yang sama. Periode dalam kehidupan anak muda ini dapat menjadi intens dan menantang, dan “sesama” mereka akan tetap dekat dengan mereka di sepanjang hidup mereka.

  1. BANTU MEREKA MERASA BERADA DI RUMAH DI MANA SAJA, DENGAN SIAPA SAJA

Jika ada satu hal yang disepakati pelajar yang mengikuti pertukaran, ekspatriat dan turis jangka panjang, itu adalah kesadaran yang mengejutkan bahwa terlepas dari perbedaan budaya dan bahasa, kita sesama manusia adalah sama. Kini, versi remaja Anda mungkin tidak setuju. Di permukaan, dari kejauhan, atau melalui sorotan berita maupun sinar biru dari ponsel pintar, terlihat hanya sedikit kesamaan dari diri sendiri dan remaja dari China, Singapura, Australia, Amerika Serikat, Prancis, Argentina atau Afrika Selatan. Namun jika Anda membiarkan anak Anda mengelami sendiri kehidupan, pembelajaran, maupun berteman dengan seseorang dari negara ini (ataupun negara lainnya!), duduk manis dan jadi saksi ketika dunia mereka meluas dan empati untuk orang lain berlipat ganda.

  1. BANTU MEREKA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA

Tidak ada cara yang lebih baik untuk belajar bahasa baru dan menjadi lebih percaya diri sebagai komunikator selain dengan menghabiskan waktu di luar negeri. Pelajaran hidup dan bahasa yang dipelajari sangatlah berharga, dan di dunia masa kini dan pasar kerja hari ini, menjadi bilingual – dan bikultural – benar-benar lebih baik. Ini berarti orang-orang muda yang tidak memiliki kemampuan tingkat kerja setidaknya dalam satu bahasa – dan pemahaman budaya untuk melengkapinya – memiliki resiko tertinggal jika mereka memiliki keinginan untuk bekerja dan tinggal secara internasional. Manfaat belajar bahasa tidak terbatas: Dari meningkatkan kekuatan otak, mengurangi resiko demensia, dan kesempatan untuk memiliki masa depan internasional.

  1. BUAT PLANET TERASA LEBIH KECIL DAN BAWA PELUANG LEBIH DEKAT

Setelah lompatan pertama ke kehidupan internasional, kesempatan yang lebih jauh menjadi lebih mudah untuk dibayangkan. Percayalah: Perasaan gugup yang dialami putra atau putri Anda akan hilang setelah mereka menghabiskan waktu mereka di luar negeri – selanjutnya, merekalah yang akan menyatakan minat untuk melakukan hal baru. Kepercayaan ini datang dari kesadaran bahwa kita tidak memiliki perbedaan lihat poin 2) dan semangat serta motivasi meningkatkan kepercayaan diri setelah berhasil dalam menghadapi tantangan.

  1. BERI MEREKA KEMAMPUAN MEMIMPIN YANG MEREKA BUTUHKAN

Kini, lebih dari sebelumnya dalam masa hidup anak Anda, orang-orang terpecah secara politik dan sosial. Di seluruh penjuru dunia, emosi dan kecemasan terus meningkat. Putra atau putri Anda merupakan bagian dari generasi pemikir, politisi, orang tua, pemimpin, dan agen perubahan di masa yang akan datang yang kontribusinya akan memberi perubahan dalam sisa abad ini. Orang-orang muda perlu dilengkapi dengan keterampilan untuk mampu berkontribusi secara efektif dan membentuk dunia yang akan mereka warisi; waktu di luar negeri merupakan cara yang baik untuk membantu mereka mengembangkan kemampuan ini.

Perjalanan, pendalaman budaya dan pembelajaran bahasa mendorong kemandirian, kreativitas dan pemikiran kreatif, pikiran terbuka, penyelesaian masalah, interaksi sosial dan keterampilan berbahasa – yang semuanya berkontribusi untuk membentuk para pemimpin, pemikir dan warga negara mampu berpikir kritis dan berkontribusi secara positif.

Cari tahu lebih lanjut tentang pembelajaran bahasa untuk Anak AndaKlik disini
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Belajar salah satu dari 12 bahasa di 50 puluh pilihan kota terbaik

Selengkapnya