Tentang Indeks
EF SET adalah tes Bahasa Inggris daring yang adaptif dan mengukur kemampuan membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis. Tes ini dinilai secara objektif dan dirancang untuk mengelompokkan kemampuan peserta ke dalam enam tingkat yang ditetapkan oleh Common European Framework of Reference (CEFR). EF SET tersedia secara gratis untuk semua pengguna internet. Untuk informasi lebih lanjut mengenai riset dan pengembangan EF SET, kunjungi www.efset.org/about/.
Skor EF EPI 2025 telah terbukti berkorelasi secara kuat dengan skor TOEFL iBT 2023 (r=0.74) dan skor IELTS Academic 2024 (r=0.61). Korelasi-korelasi ini menunjukkan bahwa, walaupun tes-tes ini memiliki design dan profil peserta tes yang berbeda, hasilnya mengungkapkan trend yang serupa dalam profisiensi Bahasa Inggris nasional.
Walaupun sampel peserta tes EF EPI bersifat bias dalam hal responden yang tertarik dalam pembelajaran bahasa dan responden dengan usia dewasa muda, sampel ini secara keseluruhan bersifat seimbang antara responden pria dan wanita dan dapat mewakili pembelajar bahasa usia dewasa dari berbagai rentang usia dan kedua gender.
- Responden perempuan mencakup 46% dari keseluruhan sampel, responden laki-laki 40%, dan responden yang tidak memberikan informasi jenis kelamin sebesar 14%.
- Usia rata-rata responden yang memberikan informasi usia adalah 26 tahun, dengan 85% di antaranya berusia di bawah 35 tahun, dan 99,5% berusia di bawah 60 tahun. Sebanyak 10% responden tidak memberikan tahun lahir mereka.
- Usia rata-rata responden laki-laki adalah 27 tahun, sedikit lebih tinggi dibandingkan usia rata-rata responden perempuan, yaitu 26 tahun.
Hanya kota dan wilayah dengan minimal 100 peserta tes yang disertakan dalam Indeks, dan hanya negara dengan minimal 400 peserta tes, meskipun dalam sebagian besar kasus jumlah peserta tes jauh lebih besar.
Populasi peserta tes yang diwakili di indeks ini tidak dipilih oleh EF dan tidak menjamin bahwa sample ini cukup representatif. Hanya mereka yang ingin belajar bahasa Inggris dan ingin mengetahui kemampuan berbahasa Inggris mereka yang berpartisipasi di salah satu tes ini. Hal ini dapat menghasilkan nilai yang lebih tinggi atau lebih rendah daripada populasi pada umumnya.
EF SET adalah sebuah tes kemampuan bahasa Inggris yang tidak dipungut biaya dan dikerjakan secara daring, sehingga siapa pun yang memiliki koneksi internet dapat berpartisipasi. Hampir semua peserta tes kami adalah pekerja dewasa atau orang muda yang sedang menyelesaikan perkuliahan mereka. Orang-orang tanpa akses ke internet tidak akan diikutsertakan. EF SET merupakan tes yang adaptif secara keseluruhan, dan 37% dari peserta tes menyelesaikan tes mereka melalui ponsel mereka. Di wilayah-wilayah di dunia di mana penggunaan internet cukup rendah, kami mengharapkan tes daring ini cukup memberikan dampak kepada mereka. Hasil yang bias dari sample kami biasanya akan condong ke arah nilai yang lebih tinggi dikarenakan tidak diikutsertakannya orang-orang tidak mampu dan mereka yang berpendidikan lebih rendah, dan mereka yang tinggal di daerah tanpa koneksi internet. Walaupun demikian, akses terbuka unuk tes ini telah terbukti efektif dalam mengumpulkan data yang melingkupi berbagai indikator, dan kami percaya mereka memberikan informasi yang penting tentang tingkat kemampuan bahasa Inggris global.
Nilai EF EPI nasional dikalkulasi menggunakan nilai rata-rata 3 tahun bberjalan. Pertama, kami mengkalkulasi rata-rata nilai EF SET yang didapatkan oleh peserta tes yang tinggal di sebuah negara di tahun sebelumnya. Kemudian, kami meratakan nilai tersebut dengan nilai EF EPI yang kami terbitkan di Y-1 dan Y-2. Hal ini dapat mengstabilkan indeks itu sendiri dan mengurangi ketidakstabilan variabel sampe;dari tahun ke tahun. Kami mengkalkulasi nilai untuk berbagai industri, fungsi pekerjaan, dan tingkat senioritas dengan cara yang sama.
Setelah skor EF EPI nasional dihitung, skor tersebut digunakan untuk menghitung skor gabungan untuk wilayah dunia (seperti Eropa, Asia, dll.) serta skor global. Skor ini diberi bobot berdasarkan jumlah populasi masing-masing negara, sehingga, misalnya, skor India memiliki bobot yang jauh lebih besar dibandingkan skor Vietnam dalam perhitungan skor Asia. Hal ini berlaku untuk semua skor yang dihitung di tingkat supranasional (skor dunia dan regional beserta rincian berdasarkan gender dan kelompok usia).
Nilai untuk sub-kelompok dalam sebuah negara tidak didasarkan kepada populasi. Kami mengkalkulasi nilai ini secara langsung berdasarkan data dari kalendar EF SET tahun sebelumnya, yang kemudian kami kalibrasi terhadap nilai nasional untuk koherensi.
Skor keterampilan, yang dipublikasikan untuk pertama kalinya tahun ini, dihitung sebagai rata-rata untuk keterampilan tersebut dalam suatu negara. Sebagai contoh, skor berbicara untuk Jerman merupakan rata-rata dari seluruh tes berbicara yang dilakukan di Jerman pada tahun 2024. Dalam sebagian besar kasus, skor keterampilan suatu negara tidak dirata-ratakan menjadi skor nasional. Kurang dari 20% peserta tes di sebagian besar negara memilih untuk menguji keterampilan berbicara dan menulis mereka.
Berdasarkan ambang batas skor, kami menetapkan negara, wilayah, dan kota ke berbagai kelompok kecakapan berbahasa. Hal ini memungkinkan pengenalan kelompok dengan tingkat keterampilan bahasa Inggris yang sama dan perbandingan di dalam dan antar wilayah.
| CEFR | Nilai EF EPI | Tingkat EF EPI | |
|---|---|---|---|
| C2 | 700-800 | Sangat tinggi | |
| C1 | 600-699 | Sangat tinggi | |
| B2 | 550-599 | Tinggi | |
| 500-549 | Menengah | ||
| B1 | 450-499 | Rendah | |
| 400-449 | Sangat rendah | ||
| A2 | 300-399 | Sangat rendah | |
| A1 | 200-299 | Sangat rendah | |
| Pre-A1 | 1-199 | Sangat rendah |
- Tingkat Kecakapan Sangat Tinggi sesuai dengan CEFR tingkat C1.
- Tingkat Kecakapan Tinggi dan Sedang sesuai dengan CEFR tingkat B2, di mana setiap tingkat EF EPI sesuai dengan separuh dari tingkatan CEFR.
- Tingkat Kecakapan Rendah sesuai dengan separuh atas CEFR tingkat B1.
- Tingkat Kecakapan Sangat Rendah termasuk ke dalam separuh bawah CEFR tingkat B1 dan A2.
EF EPI tidak bertujuan untuk bersaing dengan atau bertentangan dengan hasil tes nasional, data polling bahasa, atau kumpulan data lainnya. Sebaliknya, kumpulan data ini berfungsi saling melengkapi. Beberapa memang bersifat terperinci, tetapi cakupannya terbatas khusus pada satu kelompok usia, negara, wilayah, atau profil peserta tes. EF EPI bersifat luas, menguji orang dewasa usia kerja di seluruh dunia dengan menggunakan metode penilaian umum. Tidak ada kumpulan data lain dengan ukuran dan cakupan yang sebanding dengan hasil tes ini, terlepas dari keterbatasannya, kami bersama dengan banyak pembuat kebijakan, cendekiawan, dan analis, meyakininya sebagai sebuah referensi yang berharga dalam kondisi global tentang pendidikan bahasa Inggris.
EF EPI dibentuk melalui proses yang berbeda-beda, seperti misalnya dari penggunaan oleh organisasi publik seperti Euromonitor dan Gallup, atau oleh OECD melalui survey kemampuan mereka seperti PISA dan PIAAC. Penelitian ini memilih peserta berdasarkan umur, gender, tingkat pendidikan, pendapatan, dan faktor-faktor lain. Komite survey ini biasanya terdiri dari grup kecil - paling banyak hanya memuata beberapa ribu peserta. Karena organisasi ini telah menggunakan metode pengumpulan sample yang cukup kompleks, data yang didapatkan dapat dianggap cukup mewakili hampir keseluruhan populasi.
PISA akan menyertakan asesmen Bahasa Inggris sebagai bahasa asing untuk pertama kalinya pada tahun 2025, yang akan menyediakan himpunan data pembanding yang menarik bagi EF EPI karena mengukur tingkat keterampilan di kalangan remaja berusia 15 tahun.
Sumber data lain tentang kecakapan bahasa Inggris berasal dari sistem pendidikan nasional. Banyak sekolah menguji kemampuan bahasa Inggris setiap siswa sekolah menengah atau pelamar universitas menggunakan penilaian standar nasional. Hasilnya mungkin diumumkan secara publik atau tidak, tetapi para pendidik dan pejabat pemerintah menggunakan data tersebut untuk menilai capaian keberhasilan reformasi pendidikan dan pemetaan area yang perlu ditingkatkan. Sayangnya, hasil penilaian ujian nasional tersebut tidak dapat dibandingkan satu sama lain, dan tidak secara khusus ditujukan kepada orang dewasa. Sehingga, meskipun hasilnya dapat memberikan indikasi capaian tentang kecakapan bahasa Inggris di antara siswa sekolah menengah di satu bagian dunia, penilaian tersebut tidak dapat digunakan untuk perbandingan internasional, juga tidak dapat memberi banyak informasi tentang tingkat kecakapan bahasa Inggris orang dewasa.
Tentang Tingkat Kecakapan EF EPI
Tingkat kecakapan EF EPI mempermudah dalam mengidentifikasi negara-negara yang memiliki tingkat keterampilan yang sama serta untuk membuat perbandingan antara dan di dalam wilayah. Tugas yang tercantum untuk setiap kelompok kecakapan menunjukkan sebagian keterampilan yang seharusnya dicapai oleh individu di setiap tingkat. Negara yang tercantum adalah tiga negara teratas dari masing-masing kelompok. EF EPI hanya melakukan survey di negara dan wilayah yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.
Pada grafik di bawah ini, kami memberikan contoh tugas-tugas yang bisa dikerjakan oleh individu di setiap kelompok kecakapan. Pemilihan tugas ini memang tidak lengkap, namun bisa menjadi rujukan berguna untuk memahami bagaimana peningkatan keterampilan di seluruh kelompok.
Penting untuk diingat bahwa kelompok kecakapan suatu negara hanya menunjukkan tingkat "menengah" orang yang disurvei di negara tersebut. EF EPI berusaha membandingkan negara dan wilayah, sehingga mengabaikan kekuatan dan kelemahan individu.
Kemampuan sangat tinggi
Skor EF EPI 600+
- Menggunakan bahasa bernuansa dan tepat dalam situasi sosial
- Membaca teks tingkat lanjut dengan mudah
- Menegosiasikan kontrak dengan penutur asli bahasa Inggris
Kemampuan tinggi
Skor EF EPI 550 - 599
- Melakukan presentasi di tempat kerja
- Memahami acara TV
- Membaca koran
Kemampuan menengah
Skor EF EPI 500 - 549
- Berpartisipasi dalam pertemuan mengenai bidang keahlian yang dikuasai
- Memahami lirik lagu
- Menulis email profesional mengenai hal yang sudah dikenal
Kemampuan rendah
Skor EF EPI 450 - 499
- Bepergian di negara berbahasa Inggris sebagai wisatawan
- Melakukan obrolan ringan dengan rekan kerja
- Memahami email sederhana dari rekan kerja
Kemampuan sangat rendah
Skor EF EPI < 450
- Memperkenalkan diri secara singkat (nama, umur, negara asal)
- Memahami tanda-tanda sederhana
- Memberi petunjuk arah sederhana kepada turis asing
EF EPI - pertanyaan yang sering diajukan
EF EPI menghitung rata-rata tingkat keterampilan bahasa Inggris dewasa di suatu negara/wilayah menggunakan data dari tiga versi EF SET yang berbeda. Dua versi terbuka untuk semua pengguna Internet secara gratis. Yang ketiga adalah tes penempatan daring yang digunakan oleh EF selama proses pendaftaran untuk kursus bahasa Inggris.
Untuk menghitung skor EF EPI suatu negara, setiap skor tes dinormalisasi untuk mendapatkan persentase jawaban yang benar untuk tes tersebut. Semua skor untuk suatu negara/wilayah kemudian dirata-ratakan di ketiga tes, memberikan bobot yang sama untuk setiap tes. Rata-rata regional dan global ditimbang berdasarkan populasi masing-masing negara/wilayah di setiap wilayah.
Kami menyadari bahwa populasi peserta tes yang diwakili dalam indeks ini dipilih sendiri dan tidak dijamin mewakili negara/kawasan secara keseluruhan. Hanya orang-orang yang ingin belajar bahasa Inggris atau ingin tahu tentang kemampuan bahasa Inggris mereka yang akan berpartisipasi dalam salah satu tes ini. Ini bisa mencondongkan skor lebih rendah atau lebih tinggi daripada populasi umum.
Selain itu, karena tes dilakukan secara daring, orang yang tidak memiliki akses Internet atau kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi daring secara otomatis dikecualikan. Di negara/kawasan di mana penggunaan Internet rendah, kami memperkirakan dampak pengecualian ini akan menjadi yang terkuat.
