Tentang EF EPI

Metodologi

EF EPI edisi kesepuluh ini berdasarkan pada data uji dari lebih dari 2.200.000 peserta tes di seluruh dunia yang mengikuti Tes Bahasa Inggris Standar EF (EF SET) atau salah satu tes penempatan bahasa Inggris kami pada tahun 2019.

Tes Bahasa Inggris Standar EF (EF SET)

EF SET adalah tes online kemampuan membaca dan mendengar bahasa Inggris yang adaptif. Tes ini merupakan tes standar yang dinilai secara objektif dan dirancang untuk menggolongkan kemampuan bahasa para peserta tes ke dalam satu dari enam tingkat yang ditetapkan oleh assetscdn/WIBIwq6RdJvcD9bc8RMd/legacy/Common European Framework of Reference (CEFR). EF SET tersedia bagi semua pengguna Internet secara gratis. Untuk informasi lebih lanjut tentang penelitian dan pengembangan EF SET, kunjungi www.efset.org/research/.

Diketahui bahwa skor EF EPI 2020 berkorelasi kuat dengan skor TOEFL iBT 2018 (r=0,79) dan skor IELTS Academic Test 2018 (r=0,68). Korelasi ini menunjukkan bahwa meskipun tes ini memiliki rancangan dan profil peserta tes yang berbeda, namun keduanya menunjukkan tren serupa dalam kecakapan bahasa Inggris nasional.

Peserta Tes

Walaupun sampel dari peserta tes EF EPI memiliki kecondongan pada responden yang tertarik untuk mempelajari bahasa dan dewasa muda, tetapi sampel tersebut seimbang antara responden pria dan wanita, serta mewakili orang dewasa yang mempelajari bahasa dari berbagai usia.

  • Sebanyak 54% dari keseluruhan sampel adalah peserta wanita.
  • Usia median dari responden dewasa adalah 26 tahun.
  • 79% dari semua responden berusia di bawah 35 tahun, dan 94% di antaranya berusia di bawah 60 tahun.
  • Usia median dari responden pria adalah 27 tahun, sedikit lebih tinggi daripada usia median responden wanita, yaitu 25 tahun.

Hanya kota, wilayah, dan negara dengan minimal 400 orang peserta tes yang disertakan ke dalam indeks ini, namun pada umumnya, jumlah peserta tes jauh lebih banyak. Maladewa dan Libya dimasukkan ke dalam edisi EF EPI sebelumnya, tetapi tidak mendapatkan cukup peserta tes untuk dimasukkan ke dalam edisi kali ini.

Bias Sampling

Populasi peserta tes yang disajikan dalam indeks ini dipilih sendiri dan tidak dijamin representatif. Hanya orang yang ingin belajar bahasa Inggris atau ingin tahu tentang kemampuan bahasa Inggris mereka yang akan berpartisipasi dalam salah satu dari tes ini. Hal ini dapat menggeser skor menjadi lebih rendah atau lebih tinggi daripada populasi umum. Meski begitu, tidak ada manfaat bagi peserta tes untuk memaksakan memperbesar skor mereka dalam tes ini dengan melakukan kecurangan karena hasil tes ini hanya untuk penggunaan pribadi.

EF SET gratis dan dilakukan secara online, jadi setiap orang yang memiliki koneksi Internet dapat mengikutinya. Hampir semua peserta tes kami adalah dewasa pekerja atau dewasa muda yang sedang menyelesaikan studi mereka. Orang-orang yang tidak memiliki akses Internet secara otomatis dikecualikan, meskipun situs EF SET sepenuhnya adaptif dan 30% peserta tes menyelesaikan ujian ini dengan peranti seluler.

Di beberapa lokasi di dunia dengan penggunaan Internet yang rendah, kami memperkirakan dampak dari format online yang kuat. Bias sampling ini akan cenderung menaikkan skor lebih tinggi dengan mengecualikan masyarakat yang lebih miskin dan berpendidikan rendah. Meski begitu, tes online dengan akses terbuka terbukti efektif dalam mengumpulkan data dalam jumlah sangat besar tentang beragam indikator, dan kami meyakini bahwa data ini memberikan informasi berharga tentang tingkat kecakapan bahasa Inggris global.

Perhitungan Skor

Untuk menghitung skor EF EPI, kami menggunakan komponen tertimbang yang mencakup tes bahasa Inggris dan indeks EF EPI dari tahun 2019. Penyertaan Indeks tahun sebelumnya membantu menstabilkan skor tahun per tahun, tetapi peserta tes dari tahun sebelumnya tidak dihitung dalam jumlah total peserta tes tahun ini. Rata-rata wilayah biasanya ditimbang berdasarkan jumlah populasi.

Tahun ini, untuk pertama kalinya kami beralih ke skala 800 poin yang diselaraskan secara ketat dengan CEFR. Tujuan dari skala baru ini adalah menghilangkan kebingungan antara EF EPI dan EF SET. Keduanya memang dua hal yang berbeda, tetapi sebelum tahun ini, skor keduanya sama-sama 100. Selain itu, EF EPI juga sering disalahartikan sebagai persentase. Skala yang baru akan menghentikan salah penafsiran tersebut.

Berdasarkan ambang batas skor, kami mengelompokkan kecakapan berdasarkan negara, wilayah, dan kota. Hal ini mempermudah pengenalan kelompok dengan tingkat kemampuan bahasa Inggris yang setara serta perbandingan di dalam dan antardaerah.

  • Kelompok kecakapan Sangat Tinggi sesuai dengan CEFR tingkat C1 dan C2.
  • Kelompok Kecakapan Tinggi dan Menengah sesuai dengan CEFR tingkat B2, dengan masing-masing kelompok EF EPI sesuai dengan separuh dari tingkat CEFR.
  • Kelompok Kecakapan Rendah sesuai dengan separuh atas CEFR tingkat B1.
  • Kelompok Kecakapan Sangat Rendah sesuai dengan separuh bawah CEFR tingkat B1 dan A2.

Sumber Data Lain

EF EPI tidak bertujuan untuk bersaing dengan atau menyanggah hasil tes nasional, data jajak pendapat bahasa, atau kumpulan data mana pun. Sebaliknya, kumpulan data ini dapat saling melengkapi. Beberapa di antaranya diuraikan secara terperinci, namun terbatas dalam lingkup satu kelompok usia, negara, wilayah, atau profil peserta tes. EF EPI bersifat luas, meneliti orang dewasa usia kerja di seluruh dunia menggunakan metode penilaian umum. Tidak ada kumpulan data lain dengan ukuran dan lingkup yang sebanding, dan, terlepas dari keterbatasannya, kami bersama para pembuat kebijakan, akademisi, dan analis, percaya bahwa EF EPI merupakan rujukan berharga dalam pembahasan global tentang pendidikan bahasa Inggris.

EF EPI disusun melalui proses yang berbeda dari yang dilakukan oleh organisasi penelitian opini publik, seperti Euromonitor dan Gallup, atau oleh OECD dalam survei keterampilan, seperti PISA dan PIAAC. Studi tersebut memilih peserta survei menggunakan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pendapatan, dan berbagai faktor lainnya. Panel survei mereka cenderung kecil, dengan paling banyak beberapa ribu peserta. Karena studi ini disusun menggunakan metode sampling yang rumit, maka dianggap mewakili seluruh populasi. Sayangnya, belum ada survei keterampilan bahasa Inggris seperti ini yang dilakukan di tingkat internasional.

Sumber data lain tentang kecakapan bahasa Inggris berasal dari sistem pendidikan nasional. Banyak sekolah menguji keterampilan bahasa Inggris siswa sekolah menengah atas atau calon mahasiswa menggunakan penilaian nasional standar. Hasil ini bisa dipublikasikan atau pun tidak, namun para pendidik dan pejabat pemerintah menggunakan data tersebut untuk menilai keberhasilan reformasi pendidikan dan menemukan hal-hal yang perlu ditingkatkan.

Sayangnya, penilaian nasional tersebut tidak dapat dibandingkan dengan satu sama lain dan tidak diterapkan pada orang dewasa, sehingga meskipun memberikan indikasi yang baik tentang kecakapan bahasa Inggris di kalangan siswa sekolah menengah atas di satu lokasi di dunia, hasil tersebut tidak bisa digunakan untuk perbandingan secara internasional, juga tidak menggambarkan tingkat kecakapan bahasa Inggris orang dewasa.

Seri penelitian EF EPI memiliki dua laporan terpisah: laporan EF EPI utama yang dipublikasikan setiap tahun dan meninjau kecakapan bahasa Inggris orang dewasa; serta EF EPI for Schools (EF EPI-s) yang dipublikasikan setiap dua tahun dan meninjau kecakapan bahasa Inggris di antara siswa sekolah menengah dan mahasiswa. Tahun ini, kami menerbitkan EF EPI edisi kesepuluh. Semua laporan EF EPI dapat diunduh di www.ef.com/epi/.

EF Education First

EF Education First (www.ef.com/) adalah sebuah perusahaan pendidikan internasional yang berfokus pada pendidikan bahasa, akademisi, pertukaran budaya, dan perjalanan pendidikan. Didirikan pada tahun 1965, misi EF adalah “membuka dunia melalui pendidikan.” EF menjadi Mitra Resmi Pelatihan Bahasa untuk Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. Indeks Kecakapan Bahasa Inggris EF dipublikasikan oleh Signum International AG.

EF EPI Tentang EF EPI