Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
 5 Posisi Pekerjaan yang Cocok untuk Fresh Graduate
Karir & Bisnis

5 Posisi Pekerjaan yang Cocok untuk Fresh Graduate

2023.07.10

Sangat wajar jika kamu sangat bangga telah berhasil lulus kuliah dan menjadi seorang fresh graduate. Akan tetapi, perjuangan kamu tidak hanya sampai di situ. Menjadi seorang fresh graduate tentu memberikanmu sebuah petualangan baru, yaitu petualangan mencari hingga berhasil mendapatkan pekerjaan. Saat ini sudah banyak sekali lowongan pekerjaan yang bisa kamu lamar. Akan tetapi, hal yang sering membuat seorang fresh grad ragu untuk melamar adalah posisi yang mungkin tidak sesuai dengan jurusan yang dipelajari saat kuliah. Padahal, hal itu tidak masalah selama kamu memiliki skillset yang sesuai dengan posisi tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa posisi pekerjaan yang bisa diikuti oleh fresh graduate dari berbagai jurusan, yaitu:

Bussiness Development

Sebagai fresh graduate, tentu pengalaman yang kamu miliki masih terhitung sedikit dengan orang yang sudah berpengalaman di dunia kerja. Nah, bagi fresh graduate, posisi pekerjaan seperti bussiness development dapat menjadi pilihan yang menarik untuk pekerjaan pertama.

Posisi ini biasanya berada di bawah departemen sales dan marketing, dan melibatkan pekerjaan seputar riset pasar, bagaimana menjangkau customer baru, menjaga hubungan antara customer dan client, serta memahami produk dari bisnis dan kompetitor.

Keuntungan dari posisi business development adalah terbukanya kesempatan bagi fresh graduate dari semua jurusan, sehingga ini dapat menjadi pengalaman yang baru dan menarik bagi mereka yang baru lulus.

Management Trainee

Jenis pekerjaan selanjutnya yang cocok untuk fresh graduate dari berbagai jurusan adalah Management Trainee atau yang sering juga disebut sebagai MT. Jenis pekerjaan yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin menempati posisi manajerial di masa mendatang.

Sebagian besar perusahaan ternama biasanya membuka program Management Trainee bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman. Pada proragm MT, kamu akan diberikan berbagai pelatihan di setiap departemen yang ada di tiap-tiap perusahaan. Nah, pelatihan ini akan diawasi dan dinilai langsung oleh manajer atau supervisor yang berwenang.

Setelah itu, kamu akan ditempatkan di departemen yang sesuai dengan hasil penilaian dari para manajer atau supervisor. Mengingat kamu akan mendapatkan pelatihan di tempat kerja, jurusan yang kamu pelajari tidak terlalu berpengaruh terhadap proses penerimaan kandidat yang akan mengikuti program tersebut. Itu sebabnya, program ini cocok untuk fresh graduate dari berbagai jurusan.

Pegawai bank

Mungkin kamu berpikir untuk menjadi seorang pegawai bank kamu perlu berkuliah di jurusan yang berhubungan dengan keuangan seperti akuntansi atau ekonomi. Padahal, pada dasarnya, persyaratan untuk menjadi seorang pegawai bank biasanya tidak ada kaitannya dengan jurusan yang kamu pelajari saat kuliah.

Ya, pegawai bank adalah salah satu jenis pekerjaan yang cocok untuk fresh graduate dari berbagai jurusan. Apalagi, stigma pegawai bank yang positif di beberapa kalangan membuat profesi ini menjadi incaran cukup banyak orang.

Nah, jika kamu tertarik menjadi pegawai bank, ada beberapa posisi yang bisa kamu lamar sebagai fresh graduate di setiap bank. Contohnya, development program uyntuk bidang tertentu, hingga melamar menjadi customer service dan teller yang berhadapan langsung dengan nasabah.

Account executive

Jenis pekerjaan berikutnya yang cocok sebagai salah satu pilihan bagi fresh graduate adalah account executive. Ini juga termasuk profesi yang tidak berkaitan dengan jurusan tertentu selama kamu memiliki skillset yang dibutuhkan. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang mencari account executive dari kalangan fresh graduate dan tidak meminta spesifik dari jurusan tertentu.

Account executive dalam sebuah perusahaan biasanya melakukan pendekatan kepada perusahaan lain dengan tujuan mendapatkan hubungan kerjasama. Salah satu contoh pekerjaan AE di dalam industri media biasanya adalah meyakinkan perusahaan lain atau brand untuk memasang iklan di media tempatnya bekerja.

Oleh sebab itu, kamu membutuhkan kemampuan untuk berkomunikasi dan negosiasi yang baik. Secara umum, AE termasuk bagian dari departemen sales dan marketing.

Social media officer

Jenis pekerjaan lain yang juga cocok untuk fresh graduate dari berbagai jurusan adalah social media officer. Pasalnya, skill yang penting untuk menjadi seorang social media officer adalah kemampuan dan pengetahuan yang baik dalam bermedia sosial. Oleh sebab itu, hal ini tentu tidak ada kaitannya dengan jurusan yang kamu geluti saat kuliah.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk para fresh graduate menjadi seorang social media officer. Jika kamu memiliki pengetahuan yang baik dalam menggunakan media sosial, tidak ada salahnya untuk melamar pekerjaan yang satu ini.

Nah, dari berbagai pekerjaan yang telah disebutkan di atas, mana yang paling menarik untukmu?

Daftar Konsultasi Gratis

 5 Posisi Pekerjaan yang Cocok untuk Fresh Graduate