Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Tips untuk Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus dari Sekolah
Karir & Bisnis

5 Tips untuk Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus dari Sekolah

2021.05.25

Meski sudah memasuki dunia kerja, bukan berarti kamu boleh berhenti belajar. Salah satu subjek yang mungkin harus terus kamu pelajari adalah bahasa Inggris. Apalagi, bahasa ini sudah menjadi bahasa global dan menjadi salah satu persyaratan wajib untuk seorang karyawan di berbagai perusahaan. Nah, kini kamu bisa belajar di tempat kursus bahasa Inggris khusus karyawan. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, seperti berikut:  

Mengikuti kursus keterampilan

Persiapan yang bisa kamu lakukan adalah mengambil kelas khusus untuk keterampilan tertentu. Contohnya, keterampilan komputer, marketing, hingga kemampuan bahasa Inggris. Sesuaikan pilihan kelas kursus yang hendak kamu ambil dengan kebutuhan.

Jika kamu ingin bekerja di perusahaan multinasional, kamu mungkin ingin memperdalam kemampuan berbahasa Inggris dengan mengambil kelas di tempat kursus bahasa Inggris. Akan tetapi, jika kamu ingin bekerja di bidang IT, mungkin kelas kemampuan komputer akan lebih sesuai.

Memperbanyak pengalaman

Salah satu tips mendapatkan pekerjaan saat baru lulus sekolah adalah memperbanyak pengalaman. Jika perlu, persiapkan ini sebelum kamu lulus. Ada banyak cara, misalnya mengikuti organisasi saat di sekolah, atau mengikuti kegiatan sukarelawan.

Saat kamu memiliki banyak pengalaman untuk terjun dalam masyarakat, kemampuanmu dalam berkomunikasi, bekerja sama dengan orang lain, hingga leadership pun sudah cukup teruji.

Alhasil, kamu akan menjadi kandidat menarik. Hal ini bisa menjadi nilai tambah daripada orang lain yang sama-sama baru lulus sekolah tetapi tidak memiliki pengalaman apapun.

Mau melakukan apa saja

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk dapat pekerjaan dengan mudah adalah mau melakukan apa saja. Dalam hal ini, bukan berarti kamu juga bersedia melakukan hal yang melanggar hukum atau moral. Akan tetapi, kamu harus siap dengan berbagai jenis pekerjaan.

Pasalnya, tidak ada yang mau mempekerjakan orang yang suka mengeluh atau banyak alasan hingga akhirnya menolak pekerjaan tertentu. Hal tersebut justru menunjukkan bahwa kamu tidak profesional.

Sebaliknya, mau mencoba segala tantangan dari pekerjaan yang diberikan menunjukkan bahwa kamu siap untuk mengerjakan apapun. Hal ini yang justru membuat kamu lebih profesional.  

Memperbanyak koneksi

Memiliki banyak teman dan kenalan mungkin bisa menjadi salah satu cara mudah dapat pekerjaan. Oleh sebab itu, cobalah untuk selalu menjaga hubungan yang baik dengan orang lain. Sebaliknya, jangan sampai bermusuhan dengan orang lain.

Pasalnya, bisa jadi orang lain tersebut memiliki pekerjaan yang cocok untukmu. Bahkan, mungkin saja orang tersebut adalah calon atasanmu di sebuah perusahaan.

Menjalin hubungan yang baik tidak akan merugikan, sementara memiliki masalah dengan orang lain mungkin akan membuat kamu sendiri merasa rugi di kemudian hari.

Membuat CV yang menarik

Salah satu yang penting tapi sering disepelekan adalah CV atau curriculum vitae. Saat hendak melamar pekerjaan, biasanya CV menjadi salah satu persyaratan utama yang perlu kamu miliki. Fungsinya, untuk membantu calon atasan memahami kualifikasi diri.

Nah, agar dilirik, kamu harus mampu membuat CV yang profesional. Hal ini erat kaitannya dengan kata-kata. Bukan berbohong, tetapi kamu perlu membuat CV tersebut terlihat meyakinkan agar kamu mendapatkan perhatian dan kesempatan untuk melangkah ke tahapan selanjutnya.

Semakin profesional CV yang kamu berikan, semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Akan sangat disayangkan jika kamu memiliki kemampuan yang mumpuni tetapi CV yang kamu berikan tidak bisa menunjukkan hal tersebut.

Nah, kini kamu sudah tidak ragu kan untuk melamar pekerjaan setelah lulus dari sekolah? Mau lebih siap lagi? Bisa klik link di sini karena ada tips lain dari EF Adults :)

Daftar Konsultasi Gratis

5 Tips untuk Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus dari Sekolah