Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Tips Melakukan Persiapan Tes Bahasa Inggris untuk Kerja di Luar Negeri
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

5 Tips Melakukan Persiapan Tes Bahasa Inggris untuk Kerja di Luar Negeri

2021.02.01

Sebelum bekerja di luar negeri, salah satu yang harus kamu miliki, biasanya, adalah sertifikat kemampuan bahasa Inggris. Mengingat bahasa ini telah menjadi bahasa global, sertifikat ini menjadi salah satu aspek penting yang harus kamu punya. Agar mendapatkan score yang memuaskan dan sesuai harapan, ada beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan sebelum mengikuti tes bahasa Inggris, seperti:

Cari tahu tentang tes terlebih dahulu

Dari banyaknya pilihan tes bahasa Inggris yang bisa kamu ikuti, kamu hanya perlu mengikuti satu saja untuk mendapatkan sertifikat kemampuan ini sebelum kerja di luar negeri. Biasanya, tiap pekerjaan memiliki persyaratan yang berbeda untuk sertifikat bahasa Inggris yang perlu dimiliki. Lebih baik, cari tahu terlebih dahulu jenis tes yang dibutuhkan, karena masing-masing tes juga memiliki aspek penilaian yang berbeda. Hal ini penting, agar kamu tidak salah memilih jenis tes dan tidak salah pula melakukan persiapan sebelumnya.

Latih kemampuan yang hendak diuji

Jika sudah mengetahui jenis tes apa yang hendak kamu ikuti, kini saatnya untuk melatih masing-masing kemampuan yang akan diuji dalam tes tersebut. Persiapan tes bahasa Inggris TOEFL tentu berbeda dengan tes bahasa Inggris IELTS. Begitu pula persiapan untuk TOEIC. Sebagai contoh, aspek yang akan dinilai dalam tes IELTS adalah speaking, listening, writing, dan reading. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan dan meningkatkan kemampuan di masing-masing aspek untuk mendapatkan nilai baik secara keseluruhan.

Pelajari strategi yang dibutuhkan

Strategi belajar dan strategi mengerjakan tes bisa membantu kamu untuk mendapatkan score yang baik. Oleh sebab itu, mulailah mempelajari strategi yang bisa membantu memudahkan kamu menjalani tes bahasa Inggris untuk keperluan kerja di luar negeri ini. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, masing-masing tes memiliki aspek penilaian yang mungkin benar-benar berbeda. Maka itu, penting juga untuk kamu mencari tahu strategi yang sesuai dengan kebutuhan belajar dan tes yang hendak diikuti.

Lakukan simulasi tes

Untuk mengetahui seberapa siap kamu menghadapi tes, salah satu hal yang perlu kamu lakukan sebagai persiapan tes bahasa Inggris adalah melakukan simulasi. Lakukan seolah-olah kamu sedang melakukan tes yang sesungguhnya.

Pilih contoh soal real-test yang sudah pernah digunakan pada tes yang sesungguhnya di tahun-tahun yang telah lalu. Jangan lupa, set waktu yang sesuai dengan yang akan kamu gunakan saat menjalani real-test. Setelah selesai, kamu mungkin bisa memprediksi seberapa siap kamu menghadapi tes tersebut.

Ikuti kursus bahasa Inggris

Ini merupakan alternatif yang bisa kamu pertimbangkan. Apalagi, tidak sedikit lembaga kursus yang telah menyiapkan program khusus persiapan tes kemampuan bahasa Inggris. Pilihan ini tentu cocok bagi kamu yang merasa belum bisa menilai kemampuanmu sendiri. Di sisi lain, dengan mengikuti kursus bahasa Inggris, kamu bisa belajar bersama dengan orang yang sama-sama sedang mempersiapkan tes, sehingga bisa bertukar pikiran dan saling membantu dalam proses persiapan.

Ada pula tutor yang juga akan membantu kamu menemukan kelemahan saat belajar sekaligus membantu memperbaikinya. Hal ini bisa membantu memaksimalkan hasil dari belajar, sehingga mendapatkan score sesuai target pun tidak akan terasa menyulitkan. 

Selama kamu mempersiapkan tes bahasa Inggris untuk persiapan kerja ini dengan baik, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Lakukan yang terbaik dan selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

5 Tips Melakukan Persiapan Tes Bahasa Inggris untuk Kerja di Luar Negeri