Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Networking dalam Lingkungan Kerja
Karir & Bisnis

Networking dalam Lingkungan Kerja

2024.01.29

Pada era di mana kompetisi kerja semakin ketat, menguasai serta memahami seni networking menjadi salah satu kunci penting dalam meraih sukses berkarier. Pasalnya, networking bisa membantumu membangun jembatan profesional yang akan membawamu menuju peluang-peluang menarik yang baru. Namun, apa sih sebenarnya definisi networking, seberapa penting, dan bagaimana mempraktekkannya? Nah, simak penjelasan lengkap tentang networking berikut ini.

Definisi networking

Sebelum mempelajari bagaimana contoh dan cara membangun networking, tentu akan lebih baik jika kamu memahami terlebih dahulu definisi dari networking itu sendiri. Nah, dalam lingkungan kerja, networking merujuk pada proses membangun dan memelihara hubungan profesional yang saling menguntungkan.

Hubungan ini bisa terjadi dengan kolega, atasan, dan professional lain di berbagai industri, baik yang sama maupun berbeda. Dalam networking, sangat mungkin untuk melakukan pertukaran informasi, saran, dan dukungan yang dapat membantu pertumbuhan karir individu maupun organisasi.  

Pentingnya networking di tempat kerja

Lalu, mengapa networking itu penting, khususnya di tempat kerja? Pasalnya, networking bisa membantu saat berbagi pengetahuan, membuka peluang karir yang baru, hingga memperkuat hubungan, baik personal maupun professional, di lingkungan kerja.

Networking juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan wawasan tentang tren industri dan keahlian yang dibutuhkan untuk bisa meraih sukses, khususnya dalam karier yang sedang dijalani.  Oleh sebab itu, networking bukan hal yang bisa disepelekan.

Manfaat networking untuk karir individual

Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa networking juga bisa memberikan peluang-peluang yang orang lain, yang tidak memiliki networking, belum tentu bisa mendapatkannya.

Contohnya, networking bisa memberikan kamu akses ke peluang pekerjaan yang belum tentu bisa kamu temukan di job portal, rekomendasi untuk posisi atau proyek tertentu, hingga dukungan dari kolega yang berpengalaman. Networking juga dapat membantu dalam pengembangan keahlian profesional dan meningkatkan visibilitas seseorang di tempat kerja.

Cara membangun networking

Untuk membangun jaringan profesional yang efektif, mulailah dengan menghadiri acara seperti seminar dan konferensi yang berkaitan dengan industri yang sedang atau hendak kamu geluti. Tak hanya itu, aktif di media sosial profesional seperti LinkedIn juga penting untuk memperluas jaringan.

Selain itu, jangan lupa untuk menjalin hubungan dengan kolega di tempat kerja sendiri. Hal ini penting karena nantinya saat kamu tidak bekerja untuk perusahaan yang sama, kamu akan tetap bisa menjalin hubungan profesional dengan mantan rekan kerja tersebut dan mungkin akan membuka kesempatan-kesempatan baru yang tak terpikir sebelumnya.

Menjaga networking yang sudah ada

Nyatanya, bukan hanya membangun networking saja yang penting, tetapi menjaga hubungan baik secara professional yang sudah ada juga perlu kamu perhatikan. Apalagi, jika kamu sudah susah payah membangunnya.

Hal ini tentunya termasuk terus menjaga komunikasi dengan kontak profesional yang kamu miliki. Kamu bisa melakukannya dengan berbagi informasi atau artikel yang relevan, hingga menawarkan bantuan atau saran ketika dibutuhkan.

Networking dan inovasi

Jika kamu memiliki hubungan networking yang efektif, hubungan tersebut bisa mendorong terciptanya inovasi dan kreativitas. Bagaimana bisa? Dalam hubungan tersebut, terjalin komunikasi yang menciptakan diskusi-diskusi dengan berbagai profesional.

Dalam diskusi tersebut, kamu dan rekanmu bisa mendapatkan perspektif baru yang dapat menginspirasi ide-ide inovatif di tempat kerja.

Hambatan dalam networking dan cara mengatasinya

Bukan berarti, dalam menjalin hubungan profesional atau networking tidak ada hambatannya. Salah satu hal yang mungkin menghambat kamu dalam menjalin networking adalah kecanggungan dalam berinteraksi atau kurangnya waktu untuk membangun atau menjaga networking yang sudah ada.

Untuk mengatasi hal tersebut, mulailah dengan melakukan langkah kecil. Contohnya, berbicara dengan kolega baru atau menghadiri satu acara networking yang memungkinkan kamu untuk bisa bertemu dengan banyak orang baru.

Selain itu, mengelola waktu secara efisien juga penting untuk menyediakan ruang bagi kegiatan networking yang sangat bermanfaat untuk masa depan kariermu ini.

Nah, kini kamu sudah tahu kan bagaimana cara membangun dan menjaga networking? Selamat mencoba!

 

Daftar Konsultasi Gratis

Networking dalam Lingkungan Kerja