Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Macam-macam Istilah Gaji dalam Bahasa Inggris
Karir & Bisnis

Macam-macam Istilah Gaji dalam Bahasa Inggris

2022.11.23

Dalam bahasa Indonesia, upah yang dibayarkan kepada para pekerja secara rutin baik oleh majikan, atasan, atau perusahaan disebut dengan gaji. Namun, “gaji” dalam bahasa Inggris memiliki banyak macam istilah yang berbeda. Biasanya, perbedaan dari satu kata dengan kata yang lain terdapat pada waktu penggunaan dari masing-masing kata. Lalu, apa saja kata dalam bahasa Inggris yang bermakna “gaji” dan bagaimana membedakannya? Berikut ini adalah beberapa kata bahasa Inggris yang berarti “gaji” dalam dunia kerja beserta penjelasannya.

Salary

Salah satu istilah dalam bahasa Inggris yang paling umum digunakan sebagai kata yang bermakna “gaji” adalah, “salary”. Kata yang satu ini biasanya digunakan untuk menjelaskan tentang gaji yang dibayarkan kepada pekerja atas pekerjaan yang dilakukannya secara profesional. Kata “salary” umumnya digunakan untuk menerangkan tentang gaji yang diterima oleh karyawan perusahaan dan dibayarkan secara rutin setiap bulan.  Nah, agar kamu lebih paham, berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata “salary” dengan tepat:

Contoh kalimat:

●        Her salary is Rp 30,000,000 per month. (Gajinya adalah tiga puluh juta rupiah setiap bulan.)

●        She received a salary of Rp 100,000,000. (Dia menerima gaji sebesar seratus juta rupiah.)

Fee

Pada dasarnya, istilah yang satu ini juga tidak berbeda jauh dengan kata “salary”. Hanya saja, “fee” biasanya digunakan untuk menjelaskan pembayaran yang dilakukan kepada tenaga profesional atau tenaga ahli atas jasa yang telah dilakukannya. Sebagai contoh, kepada penerjemah, dokter, konsultan, dan masih banyak lagi. Ini artinya, saat kamu membayarkan “fee” kepada tenaga ahli profesional tersebut, kamu tidak melakukannya secara rutin melainkan sesuai dengan jasa yang dilakukannya pada saat itu saja. Agar lebih jelas, simak penggunaan kata “gaji” dalam bahasa Inggris dengan tepat pada contoh kalimat berikut.

Contoh kalimat:

●        What is the fee for a freelance translator? (Berapa biaya yang perlu dibayarkan untuk seorang penerjemah lepas?)

●        I will give the fee to the doctor. (Aku akan membayarkan biayanya kepada dokter.)

Wage

Istilah berikutnya yang juga bermakna “gaji” dalam bahasa Inggris adalah “wage”. Kata yang satu ini digunakan untuk menjelaskan uang yang kamu dapatkan secara rutin pada jangka waktu tertentu. Misalnya, setiap minggu atau setiap bulan. Biasanya, “gaji” yang dijelaskan sebagai kata “wage” adalah upah yang dibayarkan karena suatu pekerjaan yang kamu lakukan.

Meski demikian, pemberi “gaji” di sini bukan perusahaan seperti makna kata “salary” tetapi perseorangan. Ini artinya, kamu memang dipekerjakan karena kemampuan yang kamu miliki, tetapi bukan pekerjaan kantoran seperti menjadi karyawan perusahaan dan sejenisnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata “wage” dengan tepat:

Contoh kalimat:

●        Workers in this store earn a good wage. (Pekerja di toko ini mendapatkan bayaran dalam jumlah yang baik.)

●        In this store, wages are paid every Friday. (Pada toko ini, gaji dibayarkan setiap hari Jum’at.)

Income

Sebenarnya, secara harfiah, kata income lebih sesuai jika diartikan sebagai “pemasukan” dibandingkan dengan kata “gaji”. Meski demikian, kata yang satu ini juga tak jarang dianggap sebagai bahasa Inggris dari kata “gaji”. Nah, income sendiri merupakan pemasukan yang biasanya didapatkan dari gaji.

Akan tetapi, tak menutup kemungkinan bahwa income kamu dapatkan dari jenis pemasukan lain. Contohnya, income bisa berasal dari bisnis yang kamu jalani, investasi yang kamu lakukan, dan masih banyak lagi. Berikut adalah contoh penggunaan kata “income” yang tepat dalam kalimat bahasa Inggris:

Contoh kalimat:

●        What’s your monthly income? (Berapa pemasukanmu setiap bulannya?)

●        Trying to earn an income as a novelist can be hard. (Mencoba untuk mendapatkan pemasukan sebagai seorang penulis novel terkadang memang berat.)

Nah, dari beberapa contoh di atas, kini kamu paham kan bagaimana perbedaan dari masing-masing contoh dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya? Kamu bisa simak artikel lain lagi untuk menambah pengetahuan kamu dengan klik di sini yuk. Selamat membaca!

Daftar Konsultasi Gratis

Macam-macam Istilah Gaji dalam Bahasa Inggris