Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Memulai Langkah Menjadi Penerjemah Profesional
Karir & Bisnis

Memulai Langkah Menjadi Penerjemah Profesional

2022.11.03

Di zaman modern ini, dunia berubah menjadi desa global (global village) dimana semua orang menjadi bagian dari sebuah komunitas besar. Komunikasi tentu menjadi suatu hal yang dibutuhkan semua orang. Masalahnya, keberagaman bahasa di seluruh dunia bisa jadi hambatan komunikasi. Disinilah penerjemah berperan untuk membantu komunikasi berjalan dengan lebih baik.

Teknologi yang membantu menerjemahkan bahasa kini memang mudah didapat. Tapi menerjemahkan bahasa juga memerlukan pemahaman konteks yang merupakan kelebihan dari sentuhan manusia. Itu sebabnya penerjemah profesional masih banyak dicari saat ini.

Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang penerjemah profesional? Sebelumnya, kamu harus memahami dulu bahwa penerjemah (translator) itu berbeda dengan juru bahasa (interpreter). Penerjemah biasanya menerjemahkan bahasa dari teks media seperti teks takarir (subtitle), buku, artikel, dll. Sedangkan interpreter berperan menerjemahkan bahasa lisan secara langsung, misalnya pada pertemuan antar pemimpin negara, dll. Singkatnya, penerjemah bekerja secara tertulis, sedangkan juru bahasa bekerja secara lisan. Karena bahasa tertulis dan bahasa lisan memiliki keahlian yang berbeda, maka profesi penerjemah dan juru bahasa tidak sama.

Kalau kamu berminat memulai karir sebagai seorang penerjemah, beberapa tips berikut ini semoga bisa membantu kamu:

Kuasai bahasa asing yang kamu pilih.

Untuk bisa menerjemahkan bahasa asing, kamu tak hanya perlu memahami tata bahasa dan fasih melakukan percakapan. Kamu juga harus memahami bahasa slang/informal dan budaya dari negara asal bahasa tersebut, karena bahasa terus berkembang dan mendapat pengaruh dari budaya. Misalnya, bahasa Inggris yang digunakan di Inggris sedikit berbeda dengan bahasa Inggris yang digunakan di Amerika Serikat, karena adanya perbedaan budaya antara kedua negara tersebut. Hal ini juga berlaku pada bahasa lain seperti Jepang, Jerman, Perancis, dll. Untuk menjadi penerjemah profesional yang mampu menerjemahkan dengan akurat, kamu harus menguasai aspek-aspek dalam bahasa asing seperti ini.

Pilih media penerjemahan

Seorang penerjemah bisa menerjemahkan bahasa dari novel atau karya sastra, film, artikel, dll. Setiap jenis media ini memiliki gaya yang berbeda, sehingga penerjemah harus bisa menyesuaikan gaya penerjemahan dengan setiap media. Agar kamu bisa lebih fokus mengasah keterampilan kamu, pilih media penerjemahan yang lebih kamu sukai. Apakah kamu lebih menyukai penerjemahan untuk buku atau film? Kalau kamu ingin menerjemahkan buku, apakah kamu lebih suka buku fiksi atau non-fiksi? Menentukan pilihan berdasarkan apa yang kamu sukai tentu akan lebih memudahkan kamu.

Terus belajar

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahasa tidak berhenti berkembang. Jadi kamu harus terus mengasah kemampuan bahasa asing kamu. Misalnya, kamu bisa menonton film atau membaca buku dalam bahasa asing. Kamu juga bisa mengikuti kelas atau pelatihan untuk penerjemah. Bahkan ada pula kelas atau pelatihan bahasa asing yang spesifik mengajarkan gaya penerjemahan untuk media yang berbeda, seperti sastra, film, dll. Kalau kamu memilih untuk menerjemahkan buku-buku non-fiksi seperti buku hukum, medis, dll, kamu juga perlu mempelajari berbagai terminologi yang digunakan dalam industri tersebut.

Mendapatkan sertifikasi

Sertifikasi penerjemah akan memperkuat karir kamu sebagai penerjemah profesional sekaligus meningkatkan tarif yang bisa kamu pasang. Selain itu, penerjemah dengan bersertifikat lebih dicari oleh perusahaan hingga lembaga negara, karena mereka memiliki otoritas untuk menerjemahkan dokumen hukum seperti akta lahir, ijazah, dll.

Terus tambah pengalaman kerja

Meniti karir di bidang apapun membutuhkan pengalaman kerja. Memberikan jasa penerjemah lepas atau freelance adalah langkah awal untuk menambah pengalaman kerja dan memperkaya resume kamu. Ayo mulai dari langkah yang paling kecil!

Tentu saja, langkah pertama untuk menjadi penerjemah profesional adalah menguasai bahasa asing. Jadi, jangan ragu untuk mengikuti kursus bahasa tingkat profesional untuk benar-benar meningkatkan kemampuan bahasa asing kamu. Kalau kamu tidak berhenti belajar dan menambah pengalaman, prospek karir penerjemah yang cemerlang pun bisa kamu raih.

EFellas, cek artikel yang lain yuk biar pengetahuan bahasa Inggris makin kece dengan klik link di sini ya.

Daftar Konsultasi Gratis

Memulai Langkah Menjadi Penerjemah Profesional – EF Adults