1500-003

Etika Dasar Berbisnis dari Penjuru Dunia yang Harus Kamu Tahu

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kamu tentu ingin melebarkan sayap hingga ke ranah internasional. Hal ini bisa tercapai jika kamu memiliki rekan bisnis atau klien yang berasal dari mancanegara. Sayangnya, mencapai kesepakatan bisnis dengan pebisnis mancanegara dari belahan dunia lainnya tidak selalu mudah. Selain mahir dalam melakukan percakapan bahasa Inggris, kamu juga diharapkan untuk mengetahui etika dasar berbisnis yang diterapkan di negara mereka demi meninggalkan kesan yang baik. Lalu, apa saja sih etika dasar berbisnis dari penjuru dunia yang harus kamu tahu?

Perancis

Jika kamu berbisnis dengan orang Perancis, hal yang perlu kamu lakukan adalah menjabat tangannya. Selain itu, mereka akan sangat senang jika kamu berdiskusi menggunakan bahasa mereka. Namun jika kamu belum lancar berbahasa Perancis, kamu bisa mempelajari beberapa ujaran dan sapaan dalam bahasa Perancis yang dapat memudahkanmu berkomunikasi. Saat berdiskusi, usahakan untuk tetap profesional dan hanya berbicara mengenai bisnis saja, serta cobalah untuk menyampaikan segalanya secara detil dan jelas.

Australia

Orang Australia terkenal ramah dan menyenangkan untuk diajak berbicara. Saat pertama kali jumpa, jabatlah tangan mereka dengan kuat. Meski begitu, saat berdiskusi, kamu diharapkan untuk berbicara secara terus terang karena seringkali setiap ucapanmu dianggap serius, jadi usahakan jangan berbasa-basi. Saat berbicara, orang Australia memiliki logat yang lebih kental dibandingkan orang Amerika atau orang Inggris, sehingga terkadang ucapan mereka lebih susah dimengerti. Jika kamu kurang percaya diri dengan kemampuanmu melakukan percakapan bahasa Inggris, jangan ragu untuk mengambil kursus bahasa Inggris untuk dewasa terlebih dahulu untuk melatihmu sebelum bertemu dengan mereka.

Britania Raya

Tidak berbeda jauh dengan orang Australia, kamu juga diharapkan tepat waktu saat menghadiri pertemuan dengan orang dari negara ini, dan jabatlah tangan mereka dengan kuat saat bertemu. Meski orang Inggris seringkali berkomunikasi melalui email dan telepon, mereka tidak keberatan untuk melakukan pertemuan langsung untuk urusan bisnis. Bahkan, sebelum masuk ke topik utama, yaitu bisnis, jangan ragu untuk melakukan small talk atau berbasa-basi terlebih dahulu. Namun, usahakan untuk tidak membicarakan atau bertanya mengenai sesuatu yang terlalu pribadi. Bahasa Inggris yang digunakan oleh orang Inggris sedikit lebih rumit dibandingkan yang digunakan oleh orang Amerika. Logat mereka yang terkenal lebih kental membuat orang awam atau yang tidak memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik akan sedikit kesulitan olehnya. Jika kamu tidak yakin dengan kemampuanmu berbicara dalam bahasa Inggris, kamu bisa mengambil kelas di tempat kursus bahasa Inggris di Jakarta, atau di berbagai kota lainnya.

China

Jika hendak menjalin kerjasama dengan orang China, kamu harus datang lebih awal atau tepat waktu karena hal ini sangat penting bagi mereka. Lalu, sapalah mereka dengan menjabat tangan dari yang paling tua hingga yang termuda. Namun tak jarang sapaan dilakukan dengan  membungkukkan badan atau sekedar menganggukkan kepala. Saat bertukar kartu nama, tunjukkan ketertarikanmu dengan memberikan komentar terhadap pekerjaan mereka. Dalam berdiskusi, usahakan untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang yang lebih tua dan orang yang memiliki posisi yang lebih tinggi daripadamu. 

Kanada

Tidak terlalu berbeda dengan pebisnis dari negara lain, pebisnis dari negara Kanada juga mengutakan ketepatan waktu saat menghadiri pertemuan dengan mereka. Oleh sebab itu, usahakan untuk tepat waktu atau datanglah lebih awal. Saat kamu sedang mempresentasikan idemu di hadapan rekan bisnis yang berasal dari Kanada, pastikan kamu telah melakukannya dengan tepat, karena sikap saat berpresentasi dianggap sangat penting bagi orang Kanada. Lebih baik, lakukan dengan percaya diri dan rileks, dan hindari melakukan presentasi dengan kaku atau berlebihan karena justru dapat mengalihkan perhatian mereka pada inti presentasimu dan itu bukan pertanda yang baik. Hindari rasa gugup dan sampaikan maksudmu dengan baik dan yakin. Meski berlokasi di benua Amerika, sebagian orang Kanada masih menggunakan logat British atau logat yang sama dengan yang digunakan warga Britania Raya. Oleh sebab itu, berlatihlah untuk mendengarkan dan mengucapkan bahasa Inggris dengan baik dan benar agar kegiatan bisnismu lancar. 

 

Berbisnis dengan orang dari berbagai negara memang harus penuh persiapan. Lancar berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa global menjadi salah satu kunci yang harus kamu miliki jika ingin melebarkan bisnismu ke mancanegara. Persiapkan dirimu karena memiliki kemampuan bahasa inggris untuk pemula belum tentu cukup untuk menghadapi klien dari berbagai negara. Saat ini juga sudah banyak tersedia kursus bahasa Inggris untuk dewasa yang bagus dan berkualitas. Selain itu, jangan lupa untuk mencari tahu dan mempelajari etika dasar berbisnis seperti yang sudah disebutkan di atas supaya proses kerjasama bisnis menjadi lebih lancar dan efektif. Selamat berbisnis! 

Coba kelas pertama gratis