Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Tips Meniti Karir di Luar Negeri
Gaya Hidup

Tips Meniti Karir di Luar Negeri

2022.10.25

Beberapa orang memang memiliki mimpi untuk bekerja dan meniti karir di luar negeri. Apakah kamu adalah salah satu orang yang punya mimpi seperti ini? Mewujudkan mimpi ini memang tidak mudah, tapi jelas tidak mustahil. Apalagi kemajuan teknologi internet bisa membantu kamu mempersiapkan diri dan mencari pekerjaan di luar negeri. Jadi, apa saja yang perlu kamu lakukan untuk mulai mewujudkan mimpi meniti karir di luar negeri? Beberapa langkah berikut ini bisa jadi pilihan kamu untuk mulai mencari pekerjaan di luar negeri:

Membangun jaringan

Membangun jaringan melalui kolega kerja, koneksi, dan relasi, akan mempermudah kamu mencari pekerjaan di luar negeri. Bergabunglah dengan grup di media sosial yang memiliki minat terhadap karir yang serupa dengan kamu. Buat profil yang menarik di media sosial seperti LinkedIn, dan bahas mengenai minat, pengalaman, dan target kamu. Kamu juga bisa mulai mencari pekerjaan di Linked In atau media sosial lainnya. Kamu bisa mulai dengan pekerjaan lepas/freelance untuk menambah pengalaman yang bisa meningkatkan nilai CV kamu. Klien yang puas akan pekerjaan kamu juga bisa jadi koneksi kamu untuk mencari pekerjaan di luar negeri. Kalau ada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidang kamu, tak ada salahnya juga untuk mulai melamar. Siapa tahu kamu berhasil!

Bergabung dengan perusahaan multinasional

Sebelum meniti karir di luar negeri, kamu bisa mulai dengan meniti karir di dalam negeri. Pengalaman di perusahaan multinasional tidak hanya akan meningkatkan nilai CV kamu, tapi juga membantu kamu memperluas koneksi. Selain itu, bukan tidak mungkin perusahaan tempat kamu bekerja memberikan kesempatan bagi kamu untuk bekerja di luar negeri.

Jadi Digital Nomad

Istilah ‘digital nomad’ alias pengembara digital jadi populer belakangan ini. Pekerjaan seperti penulis, blogger, fotografer, dan desainer yang bisa dikerjakan dari mana saja tanpa harus datang ke kantor biasanya jadi pilihan para digital nomad ini. Kamu pun bisa mencoba melakukan hal ini untuk mencapai mimpi kamu bekerja di luar negeri. Kamu bisa pindah ke luar negeri sebagai pengembara digital sambil mencari pekerjaan di negara yang kamu inginkan. Atau kalau kamu memang sudah merasa nyaman menjadi seorang digital nomad, kamu pun bebas bekerja dari mana saja.

Bergabung dengan agensi kerja

Agensi kerja di luar negeri atau PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia) membantu kamu mencari kerja sekaligus memberikan jaminan perlindungan dan bantuan hukum, sehingga kamu akan merasa lebih aman dan nyaman. Tapi tentunya kamu harus memilih agensi kerja yang tepat dan kredibel. Pastikan PJTKI yang kamu pilih telah terdaftar di Dinas Tenaga Kerja Pusat dan memiliki sertifikasi Depnaker. Selain itu, kamu harus cermat memperhatikan kontrak perjanjian penempatan yang kamu tandatangani.

Dari pilihan yang disebutkan di atas, langkah mana yang lebih menarik untuk kamu? Selain menentukan langkah untuk meniti karir di luar negeri, tentu saja kamu harus mempersiapkan diri untuk memahami hal yang kamu perlukan untuk bekerja di luar negeri. Pelajari syarat dan berkas-berkas yang kamu butuhkan untuk bekerja di negara yang kamu inginkan, seperti visa, paspor, dll. Jangan sampai mimpi kamu buyar hanya karena masalah visa saja! Selain itu, kemampuan berbahasa asing adalah salah satu keahlian yang harus kamu miliki. Misalnya, kalau kamu ingin bekerja di Jerman, tentu kemampuan berbahasa Jerman adalah nilai tambah yang penting. Kemampuan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional juga tak boleh terlupakan. Nilai TOEFL atau IELTS yang baik akan sangat menguntungkan bagi kamu.

Bekerja di luar negeri adalah mimpi yang tidak mustahil terwujud. Asalkan kamu siap dan mengambil langkah yang tepat, kamu pasti bisa mewujudkan mimpi kamu ini. Yuk EFellas, cek artikel selanjutnya untuk memantapkan keinginan kamu dengan klik di sini ya.

Daftar Konsultasi Gratis

Tips Meniti Karir di Luar Negeri – EF Adults