Pentingnya Kemampuan Berbahasa Asing untuk Prospek Karirmu Ke Depan

 

 

Menguasai lebih dari satu bahasa saat ini telah menjadi kewajiban bagi kamu yang ingin menjadi masyarakat global. Jika saat ini kamu hanya mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia, sudah saatnya untuk menambah kemampuan bahasa Asing, khususnya bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Dengan mempelajarinya, kesempatanmu dalam berkarir juga bisa dipastikan menjadi lebih banyak dan lebih baik. Kok bisa?

 

Jumlah Lowongan Pekerjaan yang Lebih Banyak

Saat mencari pekerjaan, tentu terdapat berbagai persyaratan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu, sebelum kamu memutuskan untuk melamar atau tidak. Biasanya, kamu tidak akan melamar pekerjaan tersebut karena persyaratannya tidak sesuai dengan kualifikasi yang kamu miliki. Jika kamu memaksakan diri untuk melamar, besar kemungkinan berkasmu akan ditolak. Begitu pula yang terjadi jika kamu hanya bisa berbicara dalam bahasa Ibu. Saat ini, banyak perusahaan yang mencari seseorang dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik, atau yang setidaknya dapat melakukan percakapan bahasa Inggris dengan cukup baik. Tidak hanya perusahaan di dalam negeri, kamu juga bisa melamar pekerjaan di luar negeri dengan percaya diri jika kamu memiliki kemampuan berbahasa Asing. Setidaknya, kuasai dua atau lebih bahasa yang membuat harga jualmu menjadi lebih tinggi.  

 

Kesempatan Bekerja di Perusahaan Internasional

Saat ini, jumlah perusahaan Asing yang masuk ke Indonesia juga sudah semakin banyak. Tentunya, mereka lebih membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan bahasa Asing yang baik, atau setidaknya mampu menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar. Hal ini disebabkan perusahaan-perusahaan Asing memiliki jajaran yang berasal dari luar negeri pula sehingga kemungkinan besar mereka tidak akan mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan lancar. Dengan kemampuan berbahasa Asing, kamu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan ini. Jangan pernah takut terlambat untuk belajar, khususnya bagi kamu yang masih duduk di bangku kuliah. Kemampuan bahasa Inggris untuk mahasiswa tentu juga masih harus dipoles agar lebih baik lagi.

 

Kesempatan Berkembang di Dalam Perusahaan Tempatmu Bekerja

Jika kamu mahir berbahasa Asing, kesempatanmu untuk berkembang dalam perusahaan tempatmu bekerja akan lebih besar. Hal ini terjadi karena biasanya orang yang memiliki kapabilitas berbahasa Asing, khususnya bahasa Inggris, akan mendapatkan berbagai tawaran menarik; promosi karena kemampuan berbahasa yang baik, atau mengikuti kegiatan perusahaan yang diadakan di luar negeri dan kamu ditunjuk sebagai salah satu representatif yang mewakili perusahaanmu. Tentu perusahaan akan lebih senang menunjukmu sebagai salah satu delegasinya karena kamu dianggap nyaman dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Asing dan hal tersebut dapat meningkatkan kualitas perusahaan di mata dunia.

 

Menjalin Networking dengan Rekan Kerja di Kantor

Jika kamu bekerja di perusahaan multi nasional, kamu tidak akan heran jika rekan kerjamu berasal dari belahan dunia yang berbeda-beda. Bahkan, tidak sedikit ekspatriat yang kini bekerja di perusahaan-perusahaan swasta di dalam negeri. Jika kamu ingin berkomunikasi dan berhubungan baik dengan mereka, salah satu caranya adalah menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional yang paling banyak digunakan di dunia, karena tidak banyak dari mereka yang mau mempelajari bahasa Indonesia. Jika kamu masih belum fasih berbahasa Inggris, jangan ragu untuk mengikuti kursus, contohnya kursus bahasa Inggris untuk dewasa yang saat ini bukan hal yang awam lagi karena di luar sana banyak yang memiliki kondisi yang sama denganmu. Menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan mereka merupakan salah satu cara networking yang baik. Bisa saja kamu mendapatkan kesempatan berkarir yang lebih baik lagi setelahnya.

 

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Seseorang yang bisa berbicara menggunakan lebih dari satu bahasa adalah individu yang memiliki cara berpikir yang berbeda dengan yang lain. Seseorang yang bilingual memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menghafal, lebih peka terhadap sekitar, dan memiliki kemampuan yang lebih besar untuk fokus terhadap informasi-informasi penting. Hal-hal yang dihasilkan dari menjadi seorang bilingual, trilingual atau lebih, membuatmu menjadi seorang sumber daya yang memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan orang lain.

 

Demi berbagai prospek bagus untuk karirmu, jangan biarkan ketakutan menghambatmu. Lakukan yang terbaik dan jangan batasi dirimu untuk berkembang karena hanya dengan begitu kamu bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Jika kamu masih mahasiswa, mulailah untuk memperkaya dirimu dengan berbagai kemampuan dan keahlian, salah satunya adalah kemampuan berbahasa Asing yang bisa kamu lakukan dengan mulai mengikuti les bahasa Inggris untuk mahasiswa. Jangan menyerah untuk karir dan kehidupan yang lebih baik, ya. 

Rekomendasi Artikel

Beragam Hal yang Bisa Anda Lakukan Saat Mengunjungi Coffee Shop di Berbagai Penjuru Dunia

Saat traveling ke luar negeri, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang tidak bisa ditemui di Indonesia. Mulai dari arsitektur bangunan yang berbeda, tata kota yang khas sampai monumen-monumen bersejarah yang menjadi landmark negara tersebut. Namun, disamping itu semua jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi coffee shop khas negara tersebut. Karena, dengan mengunjungi coffee shop Anda dapat merasakan sensasi berbeda saat traveling sekaligus membuat Anda terlihat seperti warga lokal negara tersebut. Agar Anda tidak kebingungan saat berada di coffee shop, 4 hal berikut bisa Anda lakukan sambil menikmati kopi di tempat tersebut.

Baca Lebih Lanjut