Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Tips Lancar Berbicara Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Ikuti
Karir & Bisnis

4 Tips Lancar Berbicara Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Ikuti

2020.03.16

Dalam mempelajari semua bahasa, kamu harus bersedia mempelajarinya dari berbagai aspek, termasuk mendengar, menulis, membaca, dan berbicara. Sayangnya, ada saja orang yang tidak percaya diri dengan kemampuan berbicara bahasa Inggris yang dimilikinya. Bahkan, tidak sedikit yang lebih memilih diam saat terpaksa harus berbicara bahasa Inggris, atau setidaknya hanya berbicara seminim mungkin. Lalu, bagaimana sih tips yang baik agar lebih percaya diri dalam memulai percakapan berbahasa Inggris?

Lebih percaya diri

Jika kamu ingin lancar conversation dalam bahasa Inggris, salah satu hal yang mungkin ingin kamu tingkatkan adalah rasa percaya diri. Apalagi saat melakukannya. Jangan pernah takut melakukan kesalahan, apalagi takut merasa malu.

Sedikit berbeda dengan aspek writing di mana kamu harus teliti terhadap penulisan tata bahasa maupun penulisan, speaking bukan hal yang akan membuatmu merasa ‘ribet’. Hal ini disebabkan aturan berbicara dalam bahasa Inggris adalah mengerti yang dimaksud satu sama lain.

Artinya, kamu tidak perlu menggunakan tata bahasa yang sempurna, atau harus mengeluhkan pelafalan yang kurang pas jika ingin berhasil memulai pembicaraan dalam bahasa Inggris dengan orang lain.

Cari teman belajar bahasa Inggris

Jika kamu ingin berhasil lancar dalam berbahasa Inggris, kamu harus mencari seorang teman yang juga sedang belajar berbicara dalam bahasa Inggris. Selain membuatmu menjadi lebih bersemangat, kamu juga akan lebih cepat lancar conversation. Pasalnya, kamu memiliki lawan bicara saat latihan.

Adanya lawan bicara dapat membuatmu lebih terlatih karena kamu dan lawan bicara tidak akan saling tahu apa yang hendak diucapkan satu sama lain. Dengan begitu, mau tak mau kamu harus siap menjawab setiap ujaran yang diucapkan lawan bicara. Hal ini tentu akan membuatmu lebih kreatif menanggapinya. Harapannya, semakin sering kamu berbicara dengan lawan bicara yang seimbang, kamu akan lebih lancar memulai percakapan dalam bahasa Inggris.

Berpikir dalam bahasa Inggris

Untuk membiasakan kamu dengan konsep bahasa Inggris, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah membiasakan diri untuk berpikir dalam bahasa Inggris. Jika kamu ingin lancar dan terbiasa dengan bahasa Inggris itu sendiri, cobalah untuk berpikir dalam bahasa Inggris.

Tentu kamu suka berpikir atau berbicara pada diri sendiri, kan? Nah, kali ini cobalah untuk terus menggunakan bahasa Inggris saat melakukannya. Ini adalah salah satu hal yang mengawali berbagai cara bicara bahasa Inggris dengan lancar.

Jangan terlalu fokus pada tata bahasa (grammar)

Belajar tata bahasa mungkin akan sangat berguna untuk aspek menulis atau writing, tapi tidak dengan speaking. Bahkan, native tidak terlalu memusingkan tata bahasa saat berbicara. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, selama lawan bicara memahami apa yang kamu maksud, maka percakapan dianggap berhasil terjadi.

Sementara, akansangat percuma jika kamu bisa mengucapkan sesuatu dengan grammar yang baik, tapi kamu seolah mati kutu saat diminta untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Maka itu, cobalah untuk mengesampingkan grammar terlebih dahulu saat melakukan latihan mudah lancar berbahasa Inggris.

Belajar bahasa Inggris memang memiliki pendekatan yang berbeda-beda. Maka itu, pastikan kamu paham apa yang harus kamu lakukan saat mempelajari masing-masing aspek dalam penggunaan bahasa Inggris. Tips di atas mungkin bisa menjadi pedomanmu saat ingin lancar berbicara bahasa Inggris. Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

4 Tips Lancar Berbicara Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Ikuti