Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Tips Belajar Bahasa Inggris di Usia Dewasa
Gaya Hidup

6 Tips Belajar Bahasa Inggris di Usia Dewasa

2022.07.25

Kemampuan bahasa adalah kemampuan yang selalu dicari, termasuk untuk meningkatkan potensi karir dan pendidikan. Karena itu, tidak pernah terlambat untuk belajar bahasa, terutama Bahasa Inggris. Belajar bahasa akan memperluas cakrawala kamu dan membantu kamu berkomunikasi dengan banyak orang. Tapi seperti kata peribahasa, “Belajar di masa kecil bagai mengukir di atas batu, belajar sesudah dewasa bagai mengukir di atas air”, nyatanya belajar di masa dewasa memang tidak mudah. Tapi bukan berarti kamu harus mundur dari belajar Bahasa Inggris, bukan? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk membantu kamu belajar Bahasa Inggris:

Belajar melalui musik

Musik memang membuat banyak hal jadi lebih menyenangkan, termasuk belajar bahasa. Kalau kamu perhatikan, anak kecil juga belajar bahasa melalui lagu anak-anak, bukan? Untuk kamu yang sudah dewasa, kamu bisa belajar Bahasa Inggris melalui lirik dari lagu kesukaan kamu. Tuliskan lirik yang kamu dengar lalu coba artikan lirik tersebut. Kalau kamu mengalami kesulitan, kamu bisa mencari artinya di internet.

Baca buku dan artikel berbahasa Inggris

Buku dan artikel adalah cara terbaik untuk mempelajari Bahasa Inggris dalam tata bahasa yang tepat. Kalau kamu baru mau belajar bahasa Inggris, kamu bisa mulai dari membaca buku anak-anak yang umumnya menggunakan struktur kalimat serta kosa kata yang lebih sederhana. Setelah lebih fasih, kamu bisa mulai mencoba membaca buku yang lebih kompleks seperti novel fiksi, biografi, dll. Bila kamu menemukan kosa kata baru yang tidak kamu pahami artinya, jangan ragu untuk mencari artinya di kamus.

Menonton film dalam Bahasa Inggris

Menonton film dalam Bahasa Inggris tanpa subtitle akan melatih kemampuan kamu dalam mendengarkan percakapan Bahasa Inggris, sehingga akan membantu melatih kamu dalam berbahasa Inggris secara lisan.

Mendengarkan podcast berbahasa Inggris

Perkembangan teknologi digital membuat podcast jadi semakin populer dan mudah dicari.  Podcast tidak hanya membantu kamu memperluas pengetahuan, tapi juga membantu kamu belajar Bahasa Inggris. Agar kamu semakin bersemangat mendengarkan podcast berbahasa Inggris, kamu bisa mencari podcast yang sesuai dengan minat kamu. Misalnya, kalau kamu menyukai cerita misteri, kamu bisa mendengarkan podcast misteri.

Siapkan waktu khusus

Kesibukan sehari-hari bisa membuat waktu berlalu begitu cepat, sehingga kamu kesulitan mencari waktu luang untuk belajar Bahasa Inggris. Jadi, pastikan kamu menentukan jadwal khusus untuk belajar Bahasa Inggris, baik dengan cara membaca buku, mendengarkan podcast, atau dengan cara lain. Tentu lebih baik lagi kalau kamu mengikuti les Bahasa Inggris, sehingga kamu sudah menentukan waktu khusus untuk belajar Bahasa Inggris secara efektif.

Banyak berlatih

Semakin sering kamu berlatih, maka akan semakin cepat pula kemampuan kamu bertambah. Practice makes perfect! Apalagi untuk fasih berbahasa, kamu tidak hanya memerlukan kemampuan listening dan reading, tapi juga kemampuan speaking. Jadi, jangan ragu untuk melakukan percakapan dalam Bahasa Inggris. Bila kamu memiliki rekan atau keluarga yang fasih berbahasa Inggris, kamu bisa berlatih bersama mereka. Kamu juga bisa meminta bantuan mereka untuk mengoreksi kamu kalau kamu melakukan kesalahan. Kalau kamu mengikuti les Bahasa Inggris, kamu tentu bisa berlatih bersama peserta les dan guru les kamu secara rutin.

Buat EFellas yang ingin tanya-tanya mengenai kursus di EF Adults, bisa langsung ngobrol sama tim kami lewat Live Chat dengan klik di sini ya.

Daftar Konsultasi Gratis

6 Tips Belajar Bahasa Inggris di Usia Dewasa – EF Adults