Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Permainan Jadul Anak-anak di Seluruh Dunia
Gaya Hidup

5 Permainan Jadul Anak-anak di Seluruh Dunia

2023.01.11

Anak-anak sangat identik dengan bermain, karena hampir setiap anak pasti gemar bermain. Ada banyak sekali jenis permainan yang digemari oleh anak-anak, salah satunya permainan yang bisa dilakukan di halaman rumah. Permainan seperti ini cukup identik dengan permainan jadul, karena banyak melibatkan aktivitas motorik yang membuat anak menjadi lincah dan aktif bergerak. Nah, permainan seperti ini tidak hanya ada di Indonesia, tetapi hampir di setiap negara seluruh dunia memiliki jenis permainan yang bisa dilakukan di halaman rumah. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

Petak umpet

Petak umpet adalah game anak-anak yang bisa kamu lakukan di halaman rumah. Di dalam bahasa Inggris, petak umpet disebut dengan hide and seek. Permainan ini sangat sederhana dan bisa dilakukan bersama dengan lebih dari dua orang. Mengapa sederhana? Pasalnya, untuk melakukan permainan ini, kamu tidak membutuhkan alat tertentu khusus untuk memainkannya. Cara melakukan permainan petak umpet pun mudah. Salah satu pemain harus menjadi penjaga, yaitu orang yang menutup mata sambil menghitung dan menunggu pemain lain bersembunyi. Setelah hitungan selesai, penjaga bisa membuka mata dan mulai mencari pemain lain yang sedang bersembunyi.

Red light, green light

Permainan yang satu ini berasal dari Amerika. Kamu juga bisa memainkannya di halaman rumah bersama dengan anggota keluarga atau teman-teman. Nah, permainan anak-anak jadul yang satu ini membutuhkan tiga atau lebih pemain, dan semakin banyak yang ikut bermain tentu akan semakin seru.

Cara bermainnya pun tidak terlalu susah. Salah seorang pemain harus bermain menjadi pelari untuk menangkap seorang pemain lain yang memiliki posisi sebagai “stop light”. Orang yang menjadi “stop light” adalah pemain yang belum mengatakan “red light” saat pemain lainnya sudah mematung dan menjadi “red light”.

Jika dalam permainan ini kamu tidak ingin menjadi “stop light” kamu harus segera mengatakan “red light” sesegera mungkin setelah permainan dimulai. Apabila kamu sudah terlanjur menjadi “stop light” dan ingin menjadi “red light”, kamu harus menunjuk seseorang yang sudah menjadi “red light” untuk menjadi stop light” dengan mengatakan “green light” kepadanya.

Hal tersebut tentu harus segera kamu lakukan sebelum pelari berhasil menangkapmu. Ini artinya, seseorang yang sudah “red light” hanya akan aman jika ia tidak ditunjuk oleh “stop light” dan menggantikan posisinya.

Pilolo

Permainan yang satu ini berasal dari Ghana dan bisa dimainkan di halaman rumah bersama dengan teman atau keluarga. Untuk melakukan permainan Pilolo, butuh setidaknya enam orang atau lebih. Tujuan dari permainan ini adalah memenangkan pertandingan berupa pencarian harta karun. Nah, harta karun yang dimaksud di sini adalah benda tersembunyi yang harus ditemukan dan dibawa ke garis akhir.

Sebelum memulai permainan, kamu harus menunjuk salah satu pemain sebagai pemimpin dan satu pemain lainnya sebagai pencatat waktu. Tugas dari pemimpin adalah menentukan benda apa yang ingin disembunyikan sebagai harta karun. Bisa berupa batu, batang kayu, atau benda apa saja, asalkan benda yang disembunyikan semuanya sama.

Jika sudah, para pencari harta karun harus segera berhasil menemukan benda yang tersembunyi tersebut dan membawanya ke garis akhir. Sang pencatat waktu harus memperhatikan dan mencatat siapa yang paling cepat sampai di garis finish untuk menentukan siapa pemenangnya.

Stretch

Permainan jadul anak-anak lain yang bisa dimainkan di halaman rumah adalah stretch. Permainan ini berasal dari Afrika Selatan dan bisa dimainkan lebih dari dua orang. Semakin banyak tentu permainan ini akan semakin menyenangkan.

Tujuan dari permainan ini adalah menjadi pemain yang melakukan lompatan terjauh. Hal yang pertama dilakukan adalah menentukan titik awal sebelum melompat. Kemudian para pemain bergantian lompat dari titik start yang sama. Pemain pertama harus melompat terlebih dahulu untuk menentukan titik finish.

Kemudian, pemain kedua harus melompat lebih jauh dari pemain pertama. Jika tidak berhasil, maka pemain tersebut harus keluar dari permainan. Begitu pula dengan pemain selanjutnya, harus bisa melebihi titik finish pemain sebelumnya dengan konsekuensi serupa.

Escargot

Permainan anak-anak jadul yang satu ini berasal dari Perancis. Permainan yang satu ini hanya membutuhkan kapur saja sebagai alat untuk bermain. Nah, sebelum permainan dimulai, anak-anak harus menggambar papan yang berbentuk seperti siput berukuran besar menggunakan kapur.

Kemudian, di dalam papan berbentuk siput itu dibentuk kotak-kotak bernomor yang kemudian menjadi tempat bermain escargot. Aturan permainannya pun sederhana; pemain hanya perlu melompat melewati kotak bernomor hingga nomor terakhir sambil mengangkat satu kaki.

Jika kamu berhasil sampai di kotak bernomor terakhir, kamu berhak mendapatkan satu kotak. Namun, jika kamu tidak berhasil melakukannya, kamu akan kehilangan kesempatan bermain dan tidak akan mendapatkan kotak. Oleh sebab itu, pemenang dari permainan ini ditentukan dari banyaknya jumlah kotak yang didapatkan.

Nah, dari berbagai tipe permainan yang ada di dalam daftar, mana yang kira-kira kamu suka?

Daftar Konsultasi Gratis

5 Permainan Jadul Anak-anak di Seluruh Dunia