Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Lomba 17 Agustus yang Bisa Dimainkan di Rumah
Gaya Hidup

Lomba 17 Agustus yang Bisa Dimainkan di Rumah

2020.08.11

Tahun ini, 17 Agustus mungkin tidak akan semeriah biasanya. Bahkan, bisa jadi, beberapa daerah tidak akan mengadakan lomba 17 Agustus seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, kamu tidak perlu bersedih karena meski hanya di rumah saja, ada kok lomba yang tetap bisa kamu adakan bersama anggota keluarga. Apa saja, ya?

Lomba menghias ruangan di rumah

Kamu dan seluruh anggota keluarga bisa mengadakan lomba menghias ruangan di dalam rumah. Masing-masing anggota keluarga wajib mendekorasi satu ruangan, misalnya kamar atau ruang keluarga, dan sebagainya.

Setelah menghias, kamu dan seluruh anggota keluarga yang ikut dalam perlombaan ini juga harus menjelaskan tema dekorasi dan alasan mengapa ruangan tersebut didekorasi sedemikian rupa.

Tunjuk satu anggota keluarga yang bisa menjadi juri secara adil untuk menentukan siapa pemenangnya.

Lomba menyanyi lagu kemerdekaan

Kalau keluarga kamu memiliki hobi menyanyi, lomba yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan. Jangan lupa, tentukan siapa anggota keluarga yang bersedia menjadi juri untuk menentukan siapa yang memiliki suara paling indah.

Juri akan menentukan lagu apa saja yang boleh dibawakan dalam perlombaan 17 Agustus kali ini. Kamu juga bisa menyiapkan kostum menarik agar tampil lebih percaya diri di depan peserta lomba dan juri. Meski hanya di rumah dan bersama anggota keluarga, buat perlombaan ini semenarik mungkin.

Lomba makan

Tidak harus kerupuk, kamu bisa memilih makanan apa saja yang tersedia di dalam rumah. Untuk melaksanakan lomba ini, kamu boleh meniru konsep lomba makan kerupuk, yaitu menggantung makanan dengan tali. Lalu, kamu harus memakannya tanpa menyentuh tali atau makanan itu sendiri.

Pastikan bahwa ruangan yang digunakan di rumah cukup luas untuk pelaksanaan lomba yang satu ini. Jangan lupa siapkan tali untuk menggantung makanan tersebut. Siapa yang lebih cepat habis, maka itulah pemenangnya.

Lomba tebak kata

Jika kamu memiliki anggota keluarga yang cukup banyak, lomba ini bisa menjadi alternatif sebagai lomba 17 Agustus. Bagi anggota keluarga kamu ke dalam beberapa kelompok, lalu siapkan berbagai kata benda yang berkaitan dengan kemerdekaan.

Kelompok yang sedang bermain harus menunjuk salah satu anggota untuk maju ke depan dan memeragakan kata tersebut hanya dengan gerakan tanpa suara. Anggota kelompok yang lain harus berhasil menebak dalam kurun waktu yang ditentukan. Pemenangnya bisa ditentukan dari yang paling banyak berhasil menebak kata.

Lomba kostum

Jika kamu dan anggota keluarga suka menggunakan kostum yang menarik, lomba yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa mengadakan lomba kostum yang diikuti oleh seluruh anggota keluarga.

Persyaratannya, tentu harus menggunakan pakaian yang bertemakan hari ulang tahun Indonesia. Selain menggunakan kostum yang menarik dan kreatif, peserta lomba bisa ‘memamerkan’ kostumnya seolah-olah sedang dalam acara fashion show.

Lalu, masing-masing peserta harus menceritakan alasan memilih kostum tersebut. Peserta dengan kostum dan alasan paling menarik bisa didaulat sebagai pemenangnya.

Lomba balap karung

Halaman rumah yang cukup luas bisa kamu manfaatkan untuk bermain lomba balap karung. Konsepnya tentu sama dengan lomba balap karung yang biasa diadakan saat perayaan 17 Agustus. Jangan lupa siapkan karung sejumlah anggota keluarga yang akan ikut bermain.

Tentukan garis start dan finish sebelum perlombaan dimulai. Anggota keluarga yang paling cepat sampai di garis finish tentu menjadi pemenangnya.

Nah, sebenarnya, masih banyak jenis lomba 17 Agustus lainnya yang masih bisa kamu lakukan meski di hanya di rumah saja. Kamu bisa memilih sesuai dengan kesukaan kamu dan anggota keluarga. Jadi, kamu mau mengadakan lomba yang mana?

Daftar Konsultasi Gratis

17agustus