1500-003

6 Tips Jitu Jika Ingin Belajar Bahasa Inggris di Rumah

Siapa bilang kamu tidak bisa belajar bahasa Inggris di rumah? Tentu bisa! Jika harga kursus bahasa Inggris masih terlalu mahal, kamu bisa kok belajar secara mandiri di rumah. Kamu bisa melakukannya secara efektif asal kamu melakukan beberapa tips berikut ini. 

Buat dirimu ‘dikelilingi’ oleh bahasa Inggris

Karena kamu belajar sendiri di rumah, kamu harus melakukan berbagai cara agar kamu dikelilingi oleh bahasa Inggris. Misalnya, saat berada di dalam kamar, pasang musik berbahasa Inggris atau tulis semua catatan yang kamu punya dalam bahasa tersebut. Kamu juga bisa menulis istilah-istilah dalam bahasa Inggris dan menempelkannya di seluruh penjuru kamar sehingga mata dan telingamu terbiasa melihat dan mendengar bahasa Inggris. 

Manfaatkan internet

Jika orang yang kursus bahasa Inggris mendapatkan materi dari tempat kursus, kamu bisa mendapatkan materi belajar dari internet. Manfaatkan jaringan internet yang kamu miliki di rumah untuk mencari info atau sumber belajar. Tidak harus materi yang terlalu kaku, kamu bisa saja streaming video berbahasa Inggris dan cobalah untuk melatih kemampuanmu. Misalnya, kamu menantang dirimu untuk menulis transkrip sebuah video pendek berdurasi satu menit. Atau, kamu bisa menemukan guru atau teman belajar bahasa Inggris online secara gratis di internet. 

Carilah teman belajar

Meski belajar di rumah, kamu tidak perlu belajar sendiri, kan? Ajak kakak atau adikmu sebagai teman belajar bahasa Inggris. Jika kamu tidak punya saudara, kamu juga bisa mengajak tetangga atau teman sebayamu untuk belajar. Cobalah untuk menerapkan sistem mengumpulkan poin, kelompok belajar, atau cara apapun yang menurutmu menarik sehingga kamu dan partner belajar sama-sama tidak merasa bosan. 

Lakukan hal yang kamu suka

Karena kamu belajar di rumah, kamu boleh menentukan metode, materi, dan waktu belajar sesuai dengan kesukaanmu. Jika kamu suka belajar bahasa Inggris dengan cara menerjemahkan teks, kamu bisa mencari teks dari buku, surat kabar, atau media online untuk diterjemahkan. Kamu juga bisa belajar dari lagu atau menonton film.  

Jika kamu suka belajar dengan cara mengerjakan soal-soal, kamu juga bisa mencari kumpulan soal di internet atau dari buku latihan soal yang bisa kamu kerjakan. Belajar dengan senang hati akan memudahkan kamu memahami materi belajar yang kamu siapkan. 

Tentukan target belajar

Terkadang, karena kamu belajar sendiri di rumah, kamu lupa menentukan apa target belajarmu. Hal ini membuatmu tidak tahu bagaimana progres belajar yang sudah kamu lakukan. Target belajar membantumu menyusun rencana belajar agar lebih teratur dan ada bukti nyata dari progres belajar.

Misalnya, dalam seminggu kamu menentukan target untuk menguasai penggunaan tenses. Kalau perlu, buatlah catatan dan penilaian dari setiap target. Sehingga, setiap akhir dari waktu yang telah kamu tentukan, kamu mengetahui apakah kamu sudah berhasil mencapai target atau tidak. 

Atur waktu belajar

Jika kamu tidak punya banyak waktu, kamu tidak perlu memaksa diri untuk belajar banyak dalam satu hari. Akan lebih baik jika kamu belajar sedikit demi sedikit namun dilakukan setiap hari. Pasalnya, belajar setiap hari akan membuatmu lebih terbiasa dengan bahasa ini. 

Misalnya, sisihkan waktu selama tiga puluh menit dalam sehari untuk belajar. Kamu bisa melakukannya setiap pagi sebelum memulai aktivitas atau setiap malam setelah kamu selesai melakukan kesibukanmu.

Bagaimana, menarik kan? Oleh sebab itu, asalkan ada niatan dan komitmen, belajar bahasa Inggris bisa dilakukan di mana saja. Bahkan, kamu juga bisa melakukannya secara mandiri di rumah, lho. 

Coba Kelas Pertama Gratis