Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Pentingnya Self Reward Bagi Kesehatan Mental
Gaya Hidup

Pentingnya Self Reward Bagi Kesehatan Mental

2024.01.09

Di era yang serba cepat dan penuh tekanan ini, penting bagi kita untuk memahami dan menerapkan konsep self-reward dalam kehidupan sehari-hari. Konsep self-reward atau penghargaan diri merupakan cara efektif untuk meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan kita. Apa itu self reward, dan apa pentingnya bagi kesehatan mental? Simak penjelasannya berikut in!

Apa itu self-reward?

Self-reward adalah tindakan memberikan penghargaan kepada diri sendiri atas pencapaian atau kemajuan yang telah dibuat. Ini bisa berupa perbuatan, waktu istirahat, atau hadiah fisik yang diberikan kepada diri sendiri sebagai bentuk pengakuan atas kerja keras dan upaya yang telah dilakukan. Tujuannya adalah untuk memotivasi, meningkatkan rasa percaya diri, dan mendukung kesehatan mental yang positif.

Pentingnya self-reward

Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa melakukan self-reward itu penting.

Meningkatkan motivasi

Dengan memberikan reward kepada diri sendiri, reward itu bisa menjadi motivasi yang kuat untuk terus berusaha dan berhasil mencapai tujuan. Pasalnya, saat kita tahu ada sesuatu hal yang menyenangkan di akhir usaha dan pencapaian kita, kita lebih termotivasi untuk menyelesaikan tugas atau mencapai target yang sudah kita susun.

Pengakuan atas usaha sendiri

Dalam dunia yang sering tidak mengakui usaha kamu saat menjadi seorang individu, memberi penghargaan kepada diri sendiri membantu mengakui usaha dan pencapaian pribadi. Artinya, saat kamu memberikan self-reward, kamu sebenarnya sedang mengakui usaha yang telah kamu lakukan hingga berhak mendapatkan penghargaan tersebut. Hal Ini meningkatkan rasa harga diri dan kepuasan diri.

Mencegah burnout

Dengan rutin memberikan reward kepada diri sendiri, kita mengizinkan diri untuk beristirahat sejenak dan merayakan keberhasilan. Berusaha keras memang penting, tetapi kamu perlu juga menyisipkan sedikit waktu untuk mengapresiasi atas usaha dan jerih payah serta kerja kerasmu selama ini. Hal ini membantu mencegah kelelahan atau burnout.

Meningkatkan kesehatan mental

Self-reward berkontribusi pada kesehatan mental yang lebih baik. Hal ini dapat mengurangi stres dan meningkatkan perasaan bahagian dan puas. Nah, kedua hal tersebut penting untuk keseimbangan emosional seseorang.

Membangun kebiasaan positif

Self-reward memang berkaitan erat dengan pencapaian atau kebiasaan positif. Pasalnya, self-reward biasanya baru akan dilakukan jika kamu baru saja berhasil mencapai sesuatu secara positif. Nah, oleh sebab itu, kebiasaan self-reward itu akan memperkuat kebiasaan kamu melakukan atau mengusahakan untuk melakukan hal positif. Ini juga bisa menjadi alat yang ampuh dalam membangun rutinitas sehat dan produktif.

Contoh self-reward

Pada prinsipnya, self-reward bisa berupa apa saja yang dapat menyenangkan hatimu. Justru, kamu yang paling tahu apa yang kamu inginkan, bukan? Nah, berikut ini adalah beberapa contoh self-reward yang paling umum dilakukan oleh banyak orang:

●      Mendedikasikan waktu untuk bersantai

Biasanya, saat berkegiatan, kamu sama sekali tidak memiliki waktu untuk bersantai. Oleh sebab itu, saat berhasil melakukan atau mencapai suatu hal, kamu mendedikasikan waktu yang kamu miliki untuk bersantai. Waktu santai itu bisa kamu isi dengan hal yang kamu sukai. Contohnya, mendengarkan musik, bermain game, membaca buku, atau sekadar mandi dengan air hangat.

●      Melakukan perjalanan

Hal berikutnya yang bisa kamu lakukan sebagai self-reward adalah berlibur dan melakukan perjalanan singkat ke tempat yang ingin kamu kunjungi. Perjalanan ini tidak harus selalu ke lokasi wisata tertentu, tetapi cenderung mengarah pada kegiatan perjalanan yang kamu lakukan untuk bersenang-senang.

●      Melakukan hobi dan kegiatan favorit

Sebagian besar tentu memiliki hobi. Oleh sebab itu, salah satu self-reward yang bisa kamu lakukan adalah meluangkan waktu untuk melakukan hobi yang kamu sukai atau kegiatan favoritmu.

●      Mengonsumsi makanan favorit

Contoh berikutnya adalah mengonsumsi makanan favorit. Hal ini akan sangat cocok jika pencapaian yang kamu berhasil lakukan adalah berkaitan dengan berat badan atau kebiasaan baru dalam mengatur pola makan. Dengan mengonsumsi makanan favorit sebagai self-reward, kamu bisa jadi lebih menghargai makanan yang kamu makan.

●      Membeli barang yang sudah diincar sejak lama

Ini adalah salah satu self-reward yang paling sering dilakukan oleh khalayak ramai, yaitu membeli barang yang kamu inginkan. Kamu bisa membeli benda apa saja yang kamu ingin beli sejak lama sebagai bentuk menghargai diri sendiri. Dengan begitu, kamu bisa lebih semangat lagi mencapai sesuatu agar merasa berhak membeli barang-barang tertentu.

Nah, menarik bukan melakukan self-reward?

Daftar Konsultasi Gratis

Pentingnya Self Reward Bagi Kesehatan Mental