Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
6 Pilihan Makanan Sehat untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh
Gaya Hidup

6 Pilihan Makanan Sehat untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

2021.10.12

Memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting agar kamu tidak mudah terserang berbagai virus penyakit. Untuk mewujudkannya, salah satu yang bisa kamu lakukan adalah menerapkan pola makan sehat. Ini tandanya, kamu harus mengonsumsi berbagai makanan sehat sebagai menu makan sehari-hari. Berikut daftar makanan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh:

Buah-buahan sitrus

Buah-buahan sitrus seperti jeruk, jeruk nipis, dan lemon, kaya akan kandungan vitamin C. Nah, vitamin C merupakan jenis vitamin yang membantu meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Alhasil, tubuh menjadi lebih kuat dan dapat mencegah terjadinya infeksi. Mengingat tubuh tidak menyimpan atau memproduksi vitamin C secara alami, kamu perlu meningkatkan asupan vitamin C untuk mencukupi kebutuhan harian. Kebutuhan tubuh akan vitamin C antara laki-laki dan perempuan tak sama.

Setidaknya, laki-laki membutuhkan 90 miligram (mg) asupan vitamin C per hari. Sementara itu, wanita hanya membutuhkan 75 mg untuk memenuhi kebutuhannya.

Brokoli

Makanan kedua yang terdapat dalam daftar makanan sehat untuk menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh adalah brokoli. Sayuran ini ternyata kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang melimpah. Tak hanya itu, brokoli juga memiliki kandungan serat dan antioksidan yang sangat menyehatkan. Namun, untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari sayuran ini, kamu harus berhati-hati dalam memasaknya. Satu-satunya cara memasak brokoli yang tidak mengurangi nutrisi di dalamnya adalah dengan dikukus.

Jika perlu, kamu bisa langsung memakannya dalam keadaan mentah tanpa dimasak terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu akan tetap mendapatkan manfaatnya secara utuh.

Jahe

Tidak semua orang senang mengonsumsi jahe. Namun, kamu beruntung jika termasuk orang yang bisa menikmatinya. Jahe adalah bahan masak yang biasanya menjadi bumbu dari suatu masakan atau bahan dasar minuman. Bahkan, jahe juga sering digunakan dalam bahan dasar kue. Menariknya, jahe adalah salah satu bahan masak yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Ya, selain dapat mengurangi peradangan, jahe juga dapat mengatasi rasa mual dan sakit kronis. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk memasukkannya ke dalam berbagai masakan atau minuman.

Yoghurt

Contoh makanan sehat yang dapat membantu kamu mempertahankan daya tahan tubuh adalah yoghurt. Nah, salah satu produk olahan susu ini dapat menstimulasi sistem imun tubuh dalam melawan berbagai penyakit. Tak hanya itu, yoghurt juga salah satu sumber dari vitamin D, yaitu vitamin yang dapat membantu imun tubuh dalam mencegah terjadinya penyakit. Jika kamu ingin membeli yoghurt, pilihlah yang plain yoghurt, karena yang disertai dengan varian rasa biasanya cenderung memiliki kandungan gula yang cukup banyak.

Pepaya

Sama halnya dengan buah-buahan sitrus, buah pepaya juga kaya akan vitamin C. Bahkan, buah pepaya berukuran sedang sudah berhasil mencukupi dua kali lipat dari kebutuhan harian kamu akan vitamin tersebut. Sama halnya dengan buah-buahan sitrus, buah pepaya juga kaya akan vitamin C. Bahkan, buah pepaya berukuran sedang sudah berhasil mencukupi dua kali lipat dari kebutuhan harian kamu akan vitamin tersebut.

Kacang almond

Apakah kamu salah satu penggemar kacang almond? Nah, jika ya, kamu pasti senang jika mengetahui kacang ini memiliki kandungan antioksidan berupa vitamin E yang baik dalam mempertahankan ketahanan tubuh.

Nah, selain vitamin E, kacang ini juga mengandung lemak sehat, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan lemak harian tanpa perlu khawatir, karena tetap menyehatkan. Dengan mengonsumsi setengah cangkir kacang almond, kamu sudah memenuhi kebutuhan harian akan vitamin E yang terdapat di dalam kacang ini.

Dari berbagai pilihan makanan sehat di atas, kamu bisa mengonsumsinya secara bergantian agar tidak bosan. Dengan begitu, tubuh tetap sehat dan kuat!

Daftar Konsultasi Gratis

6 Pilihan Makanan Sehat untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh