Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Cara Menambah Berat Badan yang Sehat Tanpa Obat
Gaya Hidup

5 Cara Menambah Berat Badan yang Sehat Tanpa Obat

2021.07.23

Jika ada yang ingin menurunkan berat badan, ada pula orang yang justru ingin meningkatkan berat badan, karena tubuhnya tergolong terlalu kurus dan berat badannya masih di bawah angka normal. Akan tetapi, tak banyak pula orang yang tahu cara sehat meningkatkan berat badan tanpa obat. Nah, untuk itu, kamu bisa simak tips menambah berat badan yang benar dan sehat berikut ini:

Meningkatkan asupan kalori

Salah satu cara sehat yang bisa kamu lakukan adalah meningkatkan asupan kalori. Caranya, cobalah dengan menambah asupan kalori sebanyak 300-500 per hari dari jumlah asupan kalori harian kamu yang biasanya. Cara ini terbilang cukup efektif jika kamu ingin menambah berat badan secara perlahan. Selain itu, pastikan pula bahwa asupan kalori yang masuk ke tubuh setiap hari lebih banyak daripada kalori yang kamu bakar. Oleh sebab itu, jika hari tersebut kamu berolahraga atau melakukan banyak aktivitas fisik, cobalah untuk makan lebih banyak dari biasanya.

Meningkatkan asupan protein

Alih-alih meningkatkan asupan lemak, kamu bisa meningkatkan asupan nutrisi lain yang lebih sehat sekaligus dapat membantu meningkatkan berat badan, yaitu protein. Ya, nutrisi tunggal ini dapat membantu membentuk otot dan mengubah kalori dalam tubuh agar tidak berakhir menjadi lemak. Namun, kamu tetap harus mengonsumsi protein dengan bijak. Pasalnya, protein yang sehat ini juga dapat membuat kamu lebih cepat kenyang. Alhasil, nafsu makan dapat berkurang secara signifikan dan membuat tubuh lebih sulit mendapatkan kalori. Jika sudah demikian, ada kemungkinan berat badanmu sulit untuk meningkat.

Mengonsumsi karbohidrat dan lemak

Tidak sedikit orang yang sengaja mengurangi atau membatasi asupan karbohidrat dan lemak demi menurunkan berat badan. Namun, hal tersebut akan menjadi langkah yang salah jika kamu ingin meningkatkan berat badan. Pasalnya, mengurangi kedua asupan nutrisi tersebut dapat membuat tubuh menjadi lebih sulit mendapatkan kalori sesuai kebutuhan. Oleh sebab itu, pilih makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak demi menambah berat badan. Akan tetapi, jangan lupa untuk memilih sumber karbohidrat dan lemak yang sehat. Hal ini disebabkan, karbohidrat dan lemak yang terlalu banyak dalam tubuh juga dapat membahayakan kesehatan tubuhmu dalam jangka panjang.

Menambah waktu makan

Jika umumnya kamu makan tiga kali dalam sehari, tak ada salahnya untuk menambah waktu makan, hingga empat kali dalam sehari. Akan tetapi, kamu tetap harus memperhatikan waktu makan yang baik dan sehat. Contohnya, jangan makan menjelang tidur. Jika lapar pada saat itu, minumlah susu atau makan makanan ringan. Pasalnya, jika kamu makan berat tepat sebelum tidur, tubuh akan kesulitan mencerna makanan. Tubuhmu mungkin akan bertambah berat, tetapi kondisi tubuhmu juga bisa memburuk karena hal tersebut. Oleh sebab itu, jika ingin menambah waktu makan, tetap lakukan pada jam-jam yang aman.

Memilih olahraga yang tepat

Percaya atau tidak, saat ingin menambah berat badan, ada beberapa jenis olahraga yang dapat membantu kamu meningkatkan berat badan, tetapi dengan cara yang sehat. Salah satu jenis olahraga yang baik untuk menambah berat badan adalah angkat beban.

Jenis olahraga yang satu ini dapat membantu kamu menambah massa otot dan meningkatkan nafsu makan. Jika kamu belum pernah melakukannya, cobalah untuk meminta bantuan orang lain, misalnya pelatih khusus yang ada di gym agar kamu tidak salah dalam melakukan olahraga tersebut. Pasalnya, salah dalam melakukan olahraga ini bisa menyebabkan cedera yang dapat membahayakan tubuh.

Kini, kamu tidak perlu lagi mencoba berbagai obat penggemuk badan yang belum tentu sehat untuk tubuh. Praktekkan berbagai tips di atas dan lihat hasilnya dalam waktu beberapa bulan ke depan.

Daftar Konsultasi Gratis

5 Cara Menambah Berat Badan yang Sehat Tanpa Obat