Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Cara Cepat Lancar Speaking Bahasa Inggris
Gaya Hidup

5 Cara Cepat Lancar Speaking Bahasa Inggris

2023.02.09

Kemampuan bahasa Inggris tidak hanya dinilai dari kemampuan membaca, mendengarkan, dan menulis. Akan tetapi kamu juga perlu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris jika ingin fasih menggunakan bahasa asing tersebut. Apalagi kemampuan bahasa Inggris saat ini menjadi faktor sangat penting dalam mencari pekerjaan. Nah, ada beberapa cara cepat agar kamu bisa lancar berbicara bahasa Inggris yang bisa kamu coba. Berikut ini rahasia lancar berbahasa Inggris yang bisa kamu ikuti:

Percaya diri, tidak memperhatikan grammar

Tata bahasa atau grammar dalam bahasa Inggris memang penting. Namun, grammar for speaking bukan hal yang perlu kamu khawatirkan. Hal yang perlu kamu utamakan saat melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris adalah rasa percaya diri. Pasalnya, jika kamu tidak memiliki rasa percaya diri, justru kamu akan segan atau takut salah saat hendak berbicara. Alhasil, kemampuan kamu akan semakin terhambat. Apalagi, hal yang terpenting saat speaking adalah orang lain memahami dengan baik apa yang kamu sampaikan meski grammar yang kamu gunakan masih kurang tepat.

Berpikir menggunakan bahasa Inggris

Salah satu rahasia lancar berbahasa Inggris yang lainnya adalah berpikir menggunakan bahasa tersebut. Pasalnya, salah satu hal yang sering membuatmu kesulitan untuk berbicara dalam bahasa tersebut adalah saat memikirkannya. Jika kamu berpikir dalam bahasa Indonesia kemudian menerjemahkan terlebih dahulu dalam bahasa Inggris sebelum mengucapkannya, proses itu akan membuatmu kesulitan. Cobalah bandingkan dengan membiasakan diri berpikir dalam bahasa Inggris. Saat mengutarakannya, akan terasa lebih mudah karena kamu hanya perlu mengeluarkan apa yang sudah ada di dalam pikiranmu. Dengan melakukan kebiasaan ini, lama-kelamaan kamu akan semakin mudah dan lebih lancar saat berbicara menggunakan bahasa tersebut.

Ikut kursus bahasa Inggris

Cara cepat lain yang bisa membantu kamu lancar dalam speaking adalah mengikuti kursus bahasa Inggris. Kamu bisa memilih program kursus yang benar-benar fokus dalam melatih kemampuan kamu berbicara. Dalam kursus, kamu akan berlatih secara intensif untuk berbicara dalam bahasa Inggris.

Tak hanya itu, dalam kursus kamu akan bertemu dengan orang-orang yang juga memiliki semangat belajar berbicara. Ini artinya, kamu juga akan memiliki kawan lawan bicara untuk melatih kemampuan speaking. Hal ini tentu saja dapat membantu kamu lebih cepat untuk fasih berbicara dalam bahasa Inggris.

Menonton acara TV atau film berbahasa Inggris

Jika kamu seseorang yang gemar menonton TV atau film, cobalah untuk sesering mungkin menonton film dan acara TV berbahasa Inggris. Hal ini akan sangat menguntungkan, khususnya jika kamu menonton acara TV dan film dengan topik yang beraneka ragamnya. Hal ini akan memudahkan kamu memahami banyak kosakata menarik yang dapat memperkaya vocabulary. Kumpulan kosakata tersebut bisa kamu gunakan saat speaking.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui pronunciation yang tepat dari banyak kosakata karena pada TV atau film, bahasa Inggris diucapkan langsung oleh native speaker. Maka dari itu, menonton acara TV atau film juga menjadi salah satu cara cepat untuk meningkatkan kemampuan bicara dalam bahasa Inggris.

Konsisten berlatih

Cara cepat untuk meningkatkan kemampuan speaking adalah konsisten. Semakin kamu disiplin dalam berlatih dan melakukannya secara rutin, kemampuan kamu sudah pasti akan meningkat. Cara-cara di atas bisa kamu kombinasikan dan lakukan untuk belajar agar tidak bosan.

Nah, dari beberapa tips di atas, mana yang paling sesuai dengan cara belajarmu? EFellas, cek artikel yang lain yuk dengan klik link ini, semangat terus ya memperdalam kemampuan bahasa Inggris kamu.

Daftar Konsultasi Gratis

5 Cara Cepat Lancar Speaking Bahasa Inggris