Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Waktu Belajar Bahasa Inggris yang Efektif
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

4 Waktu Belajar Bahasa Inggris yang Efektif

2021.01.25

Memiliki target tertentu sering kali membuat kamu menjadi lebih semangat untuk belajar. Hal ini bisa saja membuatmu ingin belajar setiap waktu. Namun, apakah belajar terus-menerus termasuk cara yang efektif untuk mendapatkan hasil yang maksimal? Belum tentu! Yuk, simak kapan-kapan saja waktu yang tepat untuk belajar bahasa Inggris di bawah ini.

Pagi hari setelah bangun tidur

Pagi hari setelah kamu bangun tidur sebenarnya termasuk waktu belajar bahasa Inggris yang paling efektif. Mengapa? Pada saat itu, energi kamu kembali “penuh” setelah istirahat dengan tidur malam.

Pikiran tentu menjadi lebih fresh sehingga kamu bisa memahami materi yang dipelajari dengan lebih mudah. Tak hanya itu, di pagi hari, kamu bisa belajar dengan cahaya alami dari matahari yang tentunya lebih baik untuk kesehatan mata dibanding cahaya lampu yang kamu gunakan jika belajar di malam hari.

Belum lagi, di pagi hari, kamu mungkin bisa meminta bantuan kepada orang lain jika tidak mengerti, sehingga tidak mengganggu waktu istirahat mereka. Pasalnya, hal ini mungkin hampir tidak mungkin dilakukan jika kamu belajar bahasa Inggris tengah malam di saat sebagian besar orang sudah tidur.  

Meski belajar di pagi hari tidak bisa memberikan jaminan kamu mendapatkan hasil yang baik, tapi proses belajar bahasa Inggris yang dilakukan di pagi hari tentu lebih efektif dan produktif untuk kamu.

Siang hari setelah makan

Jika tidak sempat belajar bahasa Inggris di pagi hari, kamu bisa mencoba melakukannya pada siang hari. Setelah makan siang, cobalah melakukan latihan soal atau belajar kilat sejenak untuk mengingat materi yang sudah dipelajari sebelumnya. Biasanya, pada siang hari, kamu mungkin masih belum melakukan terlalu banyak kegiatan, sehingga kamu masih memiliki simpanan energi yang bisa digunakan untuk belajar. Selain itu, belajar pada siang hari diduga dapat membantu kamu bisa mengingat materi yang kamu pelajari dalam jangka waktu lebih lama.

Sore dan malam hari

Waktu berikutnya yang juga bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Inggris adalah sore dan malam hari. Jika kamu memiliki waktu berlebih, kamu bisa memilih salah satu dari kedua waktu tersebut sebagai tambahan belajar. Artinya, lebih baik gunakan kedua waktu ini untuk mempelajari materi yang tergolong ringan, atau melakukan review materi yang dipelajari di waktu belajar utama pada hari tersebut.

Tengah malam

Waktu lain yang dianggap menjadi waktu yang efektif untuk belajar bahasa Inggris adalah pada tengah malam. Kamu mungkin berpikir bahwa ini adalah waktu yang kurang tepat karena umumnya, saat tengah malam, semua orang sedang terlelap. Padahal, bisa jadi, tengah malam merupakan waktu belajar bahasa Inggris yang tepat untuk kamu. Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat belajar di tengah malam adalah minimnya distraksi atau gangguan yang mungkin dapat membuyarkan konsentrasi.

Tengah malam sangat cocok untuk kamu yang lebih nyaman belajar dalam suasana hening. Akan tetapi, agar tidak terlalu mengantuk, usahakan untuk tidur beberapa jam sebelumnya, misalnya mulai tidur jam tujuh atau delapan malam dan bangun dini hari.

Sehingga, meski kamu terbangun pada tengah malam, jam tidur pun tidak berkurang. Nah, apabila semua waktu tersebut masih tergolong kurang efektif untuk kamu, cobalah untuk mengeksplorasi waktu-waktu belajar yang mungkin lebih sesuai dengan kamu. Jangan menyerah, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

4 Waktu Belajar Bahasa Inggris yang Efektif