Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Apa Itu Native Speaker? Ini Penjelasannya!
Gaya Hidup

Apa Itu Native Speaker? Ini Penjelasannya!

2023.01.03

Native speaker adalah istilah dalam bahasa Inggris yang sering disalahartikan sebagai “seseorang yang berbicara dalam bahasa Inggris”. Memang makna tersebut tidak sepenuhnya salah, hanya saja kurang tepat. Pasalnya, makna tersebut hanya berlaku untuk konteks tertentu saja. Ini artinya, makna dari native speaker harus disesuaikan dengan konteks yang digunakan. Nah, agar kamu tidak salah memahami makna dari istilah native speaker, coba pahami penjelasan mengenai makna dari kata tersebut berikut ini.

Pengertian native speaker

Pada dasarnya, native speaker adalah seseorang yang berbicara menggunakan bahasa tertentu sebagai bahasa ibu. Dengan kata lain native speaker artinya seorang penutur asli dari suatu bahasa. Ini tandanya, setiap bahasa memiliki native speakernya masing-masing. Jika kamu menggunakan bahasa Indonesia sejak lahir sebagai bahasa ibu, itu berarti kamu adalah seorang native speaker bahasa Indonesia.

Sementara itu, seseorang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu berarti disebut sebagai native speaker bahasa Inggris. Sayangnya, selama ini masih banyak yang menganggap bahwa seorang native speaker adalah seorang penutur bahasa Inggris saja. Padahal, makna dari istilah ini tidak sesederhana itu. Jika berbicara mengenai native speaker bahasa Inggris, biasanya mereka adalah orang yang sejak lahir sudah berbicara bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari. Umumnya, native speaker bahasa Inggris berasal dari negara-negara seperti Inggris, Amerika, Australia, Selandia Baru, dan negara-negara lain yang mayoritas penduduknya berbicara dengan bahasa tersebut.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika ada orang yang tinggal di Indonesia tetapi termasuk native speaker bahasa Inggris. Hal ini mungkin terjadi jika orang tersebut adalah imigran dari negara-negara yang sudah disebutkan sebelumnya. Bisa juga orang tersebut memang sudah dibiasakan hanya menggunakan bahasa Inggris sejak kecil dan berkomunikasi dengan orang-orang di lingkungannya juga dengan bahasa tersebut.

Biasanya, agar bisa meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris, kamu akan disarankan untuk belajar dengan seorang native speaker bahasa Inggris. Pasalnya, ada banyak hal yang berkaitan penggunaan bahasa Inggris yang masih belum dipahami dengan baik oleh pengajar bahasa Inggris biasa yang bukan seorang native speaker.

Sementara itu, native speaker bisa memberikan berbagai sudut pandang menarik yang berkaitan dengan penggunaan bahasa Inggris secara lebih mendetail dan biasanya hanya diketahui oleh penutur asli dari bahasa tersebut. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika belajar bahasa Inggris dengan penutur aslinya.

Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika belajar bahasa Inggris dengan native speaker:

Terpaksa berbicara bahasa Inggris

Saat berbicara dengan seorang native speaker bahasa Inggris, kamu tentu terpaksa berbicara dalam bahasa Inggris karena biasanya mereka tidak bisa berbicara dalam bahasa Indonesia. Hal ini justru bagus untuk membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, karena biasanya seseorang yang baru belajar bahasa Inggris akan malu-malu untuk berbicara dalam bahasa tersebut. Perasaan malu tersebut malah menghambat kamu untuk bisa segera fasih menggunakan bahasa tersebut.

Dikoreksi langsung jika salah

Jika kamu membuat kesalahan saat berbicara bahasa Inggris, seorang native speaker akan dengan senang hati mengoreksi langsung kesalahan yang kamu perbuat. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengingat kesalahan tersebut dan berusaha keras untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut di kemudian hari.

Mempelajari bahasa Inggris dengan pronunciation yang tepat

Saat belajar bahasa Inggris langsung dengan native speaker, kamu juga akan mendengarnya berbicara dalam bahasa Inggris. Hal ini membantu kamu untuk mendengarkan bagaimana pronunciation kata dalam bahasa Inggris yang benar. Dengan begitu, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan efektif.

Nah, kini kamu sudah paham kan pengertian yang tepat dari native speaker? Jangan sampai salah paham lagi, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

Apa Itu Native Speaker? Ini Penjelasannya!