Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Kata Bahasa Inggris yang Memiliki Banyak Makna
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

5 Kata Bahasa Inggris yang Memiliki Banyak Makna

2021.03.26

Pernahkah kamu salah memahami makna dari sebuah kata? Hal tersebut terjadi karena kata tersebut termasuk ke dalam homonim. Homonim adalah kosakata yang memiliki makna lebih dari satu. Oleh sebab itu, kamu perlu memahami konteks kalimat demi memahami makna seutuhnya dari kalimat tersebut. Berikut adalah beberapa kosakata bahasa Inggris yang termasuk ke dalam homonim:

Second

Kata second termasuk ke dalam homonim karena memiliki beberapa makna. Bahkan, kata ini tergolong ke dalam dua kelas kata yang berbeda. Kata second yang berarti “detik” termasuk ke dalam kelas kata nomina atau kata kerja. Dalam kalimat bahasa Inggris, contoh penggunaannya adalah, “She can run 100 metres in just 10 seconds.” Sementara itu, kata second yang berarti “posisi kedua” termasuk ke dalam kelas kata adverb atau keterangan. Kamu bisa menggunakan kosakata ini dalam kalimat seperti, “The men’s team came in forth and the women finished second.” Artinya, kelompok laki-laki berada pada urutan keempat, sedangkan kelompok wanita selesai pada urutan kedua.

Lie

Kata bahasa Inggris yang sama tetapi beda arti berikutnya adalah “lie”. Sama halnya dengan kata second, kata ini juga tidak hanya memiliki makna yang berbeda, tetapi kelas kata yang juga tak sama. Kata “lie” yang termasuk ke dalam kelas kata kerja atau verb memiliki dua makna, yaitu untuk berbohong dan untuk memposisikan tubuh dalam kondisi tidur, bukan duduk atau berdiri. Sebagai contoh, “She likes to lie in bed all day long.” Kalimat tersebut berarti, “Dia suka berbaring di atas tempat tidurnya sepanjang hari.”

Sementara, kata “lie” yang termasuk ke dalam kelas kata benda atau noun artinya sebuah kebohongan. Contohnya, “I knew she was telling a total lie,” yang berarti, “Aku tahu bahwa dia jelas-jelas  memberi tahu sebuah kebohongan.”

Mine

Dalam bahasa Inggris, kata mine tidak hanya berarti “kepunyaanku”. Ya, ternyata, kata ini termasuk ke dalam homonim, yang berarti memiliki lebih dari satu makna. Kata “mine” juga ada yang termasuk ke dalam kelas kata noun atau kata benda dalam bahasa Inggris. Sebagai kata benda, kata bahasa Inggris yang sama dengan “kepunyaanku” ini memiliki arti yang jauh berbeda. “Mine” yang termasuk dalam noun memiliki arti “tambang”.

Dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, kata “mine” bisa digunakan seperti, “She works as a mine workers all this time.” Artinya, “Dia bekerja sebagai pekerja tambang selama ini.”

Novel

Mungkin masih belum banyak yang tahu jika kata novel juga termasuk sebagai homonim, yang berarti kosakata bahasa Inggris yang sama tetapi beda arti. Kata novel bisa tergolong ke dalam dua kelas kata berbeda. Jika pada kelas kata noun atau kata kerja, novel berarti buku bacaan. Kamu bisa menggunakan kata ini seperti dalam kalimat berikut, “I was reading a novel when he came unexpectedly.” Artinya, “Aku sedang membaca buku saat dia tiba-tiba datang di luar dugaan.”

Di sisi lain, kata novel juga bisa termasuk ke dalam kelas kata adjective atau kata sifat, yang berarti “baru”, “berbeda”, atau “tidak biasa”. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah, “It’s a novel approach to fix the problem.” Kalimat tersebut berarti, “Itu adalah pendekatan yang berbeda untuk menyelesaikan masalah.”

Season

Kata yang satu ini juga memiliki dua makna yang jauh berbeda. Kedua makna tersebut membuat kata ini bisa masuk ke dalam dua kelas kata yang juga tak sama. Sebagai contoh, kata “season” yang berarti “musim” termasuk ke dalam kelas kata nomina. Sementara itu, kata “season” yang berarti “memberi bumbu pada makanan” termasuk ke dalam kelas kata kerja. Dalam kalimat bahasa Inggris keduanya bisa memberikan arti yang berbeda.

Sebenarnya, masih banyak kosakata lain yang termasuk ke dalam homonim. Kamu bisa mencoba mencari daftar lainnya dalam kamus untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

5 Kata Bahasa Inggris yang Memiliki Banyak Makna