Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Vocab Bahasa Inggris Profesional Saat Bicara dengan Klien
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Vocab Bahasa Inggris Profesional Saat Bicara dengan Klien

2022.09.26

Saat berhadapan dengan klien bisnis, kamu tentu tidak ingin terlihat memiliki celah. Justru, kamu ingin terlihat bisa dipercaya dan sebagai sosok yang profesional. Nah, hal ini bisa kamu lakukan, salah satunya, dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Jika klien bisnis kamu terbiasa berbicara dalam bahasa Inggris, sebaiknya kamu juga menguasai kosa kata bisnis dalam bahasa Inggris. Hal ini dapat dipastikan akan meningkatkan sisi profesionalitas di mata klien. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh kosa kata bisnis dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan untuk berbicara dengan klien.

Approve

Kamu mungkin sudah terlalu familiar dengan kata “approve” hingga tidak menyadari bahwa kata yang satu ini termasuk sebagai kosa kata advanced dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan saat berhadapan dengan klien agar terlihat profesional.

Makna dari kata “approve” adalah “menerima” atau “menyetujui”. Namun, dalam dunia bisnis, kata approve memiliki makna yang lebih luas, yaitu “menyetujui sebuah rencana/ide”, atau, “sesuatu hal yang sudah cukup bagus untuk digunakan sehingga disetujui penggunaannya.”

Berikut contoh penggunaan kata “approve” dalam kalimat:

●        My company has approved the compensation package. (Perusahaanku sudah menyetujui paket kompensasinya.)

Ensure

Kata “ensure” sebenarnya tak jauh berbeda dengan “make sure.” Makna dari kata yang satu ini adalah, “untuk memastikan suatu hal”. Akan tetapi, “ensure” termasuk ke dalam advanced english atau kosa kata dalam bahasa Inggris yang sudah tergolong profesional. Alhasil, jika kamu hendak membandingkan make sure vs ensure, tentu akan lebih baik menggunakan ensure dalam situasi formal, termasuk saat berbicara dengan klien bisnis.

Nah, berikut ini contoh penggunaan kata “ensure” dalam kalimat bahasa Inggris:

●        We need to ensure that there is no issue regarding the project. (Kita harus memastikan bahwa tidak ada masalah yang berkaitan dengan proyeknya.)

Disclose

Kosa kata berikutnya yang bisa kamu gunakan saat berhadapan dengan klien bisnis adalah “disclose”. Kata yang satu ini tergolong bentuk advanced dari kata “explain” yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki makna, “menjelaskan”.

Namun, dalam lingkup bisnis, kata “disclose” memiliki makna, “memberikan informasi kepada orang lain yang sebelumnya adalah sebuah informasi rahasia.” Agar lebih jelas, berikut contoh penggunaan kata “disclose” dalam kalimat bahasa Inggris:

●        I could not disclose the information before we reach an agreement. (Aku tidak bisa memberikan informasinya jika kita belum mencapai kesepakatan.)

Manage

Kata kerja yang satu ini juga bisa kamu gunakan saat berkomunikasi dengan klien bisnis. Pasalnya, kata “manage” bermakna “mengatur atau menjadi orang yang memegang tanggung jawab pada sebuah bisnis, tim, atau organisasi.” Ya, kata ini adalah bentuk kata kerja dari “manager”.

Sementara itu, kata “manager” adalah kata benda yang berarti, “seseorang yang bertanggung jawab pada sebuah bisnis, tim, atau organisasi dan lain sebagainya.” Bisa dikatakan kata “manage” adalah penjelasan dari kegiatan yang dilakukan oleh seorang “manager”.

Berikut ini adalah contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata “manage” dengan tepat:

●        I manage business team in my company. (Aku mengatur tim bisnis di perusahaanku.)

Achieve

Kata “achieve” juga termasuk salah satu kosa kata profesional yang bisa kamu gunakan saat berbicara dengan klien bisnis. Kata yang satu ini termasuk sebagai kata kerja yang memiliki arti, “berhasil meraih tujuan, status, atau standar tertentu, khususnya jika sudah diusahakan dalam kurun waktu yang lama.”

Kosa kata ini bisa kamu gunakan jika sedang membicarakan target tertentu dengan lawan bicara yang seorang klien bisnis. Nah, berikut ini adalah contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata “achieve” dengan tepat:

●        I believe that our company can help your company to achieve 80% of the target. (Saya percaya bahwa perusahaan kami bisa membantu perusahaan Anda untuk mencapai hingga 80% dari target.)

Sebenarnya masih banyak lagi kosa kata dalam bahasa Inggris profesional yang bisa kamu gunakan untuk berbicara dengan rekan bisnis, kamu bisa cek dengan klik link di sini ya. Selamat membaca!

Daftar Konsultasi Gratis

Vocab Bahasa Inggris Profesional Saat Bicara dengan Klien