Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Perbedaan Make Sure dan Ensure Serta Contoh Penggunaannya dalam Kalimat
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Perbedaan Make Sure dan Ensure Serta Contoh Penggunaannya dalam Kalimat

2023.06.13

Dalam bahasa Inggris, ada beberapa kata kerja yang serupa tetapi ternyata berbeda. Dengan kata lain, terdapat persamaan dari dua kata atau lebih tersebut, tetapi ada pula hal yang membedakan keduanya. Hal ini bisa kamu lihat pada kata “make sure” dan “ensure”. Keduanya memiliki makna yang serupa yaitu, “memastikan”. Akan tetapi, terdapat hal yang menjadi pembeda antara kedua kata tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Make sure

Frasa “make sure” biasanya digunakan ketika seseorang ingin memastikan bahwa sesuatu terjadi atau tidak terjadi. “Make sure” mengandung arti untuk mengambil tindakan yang diperlukan agar sesuatu dapat terjadi atau tidak terjadi.

Frasa ini biasanya mengindikasikan peran aktif dari seseorang dalam mengawasi atau memeriksa suatu hal untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam penggunaannya, kata “make sure” biasanya digunakan dalam situasi informal, kasual, dan santai. Alhasil, kata-kata ini lebih sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan frasa kata kerja “make sure” dalam kalimat bahasa Inggris.

●       Please make sure to lock the door before leaving the house. (Mohon pastikan untuk mengunci pintu sebelum meninggalkan rumah.)

●       I’ll make sure to double-check the report for any errors. (Aku akan memastikan untuk memeriksa kembali laporannya untuk mencari jika ada kesalahan.)

●       He always makes sure to arrive at the office on time. (Dia selalu memastikan untuk sampai di kantor tepat waktu.)

Ensure

Sementara itu, meski memiliki makna serupa dengan “make sure”, kata kerja “ensure” sedikit berbeda dengan kata sebelumnya. Kata kerja yang satu ini lebih menekankan pada tindakan yang diambil untuk memberikan jaminan atau kepastian terhadap suatu hal.

Kata “ensure” menunjukkan adanya tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa suatu hal terjadi atau tidak terjadi. Berbeda dengan kata “make sure”, kata “ensure”  lebih sering digunakan dalam konteks yang lebih resmi atau profesional.

Nah, berikut contoh penggunaan kata “ensure” dengan tepat dalam kalimat bahasa Inggris:

●       The company implemented strict security measures to ensure the safety of its employees. (Perusahaan ini menerapkan langkah-langkah keamanan yang ketat untuk memastikan keamanan dari karyawan-karyawannya.)

●       The supervisor will ensure that all project deadlines are met. (Supervisor akan memastikan semua batas waktu proyek terpenuhi.)

●       She bought insurance to ensure her car in case of an accident. (Dia membeli asuransi untuk menjamin mobilnya jika terjadi kecelakaan.)

Kini, kamu sudah memahami kan perbedaan dari kedua kata tersebut? Meski terdapat perbedaan dari keduanya, keduanya bisa digunakan secara bergantian selama masih sesuai dengan konteks penggunaan.

Daftar Konsultasi Gratis

Perbedaan Make Sure dan Ensure Serta Contoh Penggunaannya dalam Kalimat