Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Kata Benda yang Juga Kata Kerja dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

5 Kata Benda yang Juga Kata Kerja dalam Bahasa Inggris

2022.11.17

Saat belajar bahasa Inggris, kamu pasti sudah pernah ‘berkenalan’ dengan noun dan verb. Noun adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti kata benda. Kata yang termasuk ke dalam noun meliputi nama orang, nama tempat, nama benda, ide, gagasan, dan masih banyak lagi. Sementara itu, verb atau kata kerja adalah kelompok kata yang menunjukkan aksi atau tindakan yang dilakukan oleh subjek dalam kalimat. Akan tetapi, ada pula kata benda yang juga bisa digunakan sebagai kata kerja. Ini artinya, ada kata-kata tertentu yang memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai kata benda dan kata kerja. Lalu, apa saja kata-kata tersebut? Nah, simak beberapa contohnya berikut ini.

Air

Contoh pertama dari kata benda yang dapat berfungsi sebagai kata kerja adalah “air”. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, kata benda atau noun yang satu ini memiliki makna, “udara”. Akan tetapi, penggunaan kata “air” tak hanya sebatas kata benda, tetapi kamu juga bisa menggunakannnya sebagai kata kerja. Sebagai verb, kata air memiliki makna, “mengeringkan pakaian dengan cara meletakkan pakaian tersebut di luar rumah agar terkena udara hingga pakaian kering.” Nah, agar tidak bingung, simak beberapa contoh penggunaan kata “air” baik sebagai kata benda maupun kata kerja berikut.

Sebagai kata benda:

●        Let’s go out to get some fresh air. (Ayo pergi keluar untuk mendapatkan udara segar.)

●        She stood outside, breathing the night air. (Dia berdiri di luar, menghirup udara malam.)

Sebagai kata kerja:

●        Please air the sheets well. (Tolong, keringkan seprainya dengan benar.)

●        Leave the clothes out to air. (Biarkan pakaian itu di luar hingga benar-benar kering.)

Phone

Kata benda berikutnya yang juga memiliki fungsi ganda adalah “phone”. Ya, kata yang satu ini bisa kamu gunakan sebagai kata benda sekaligus kata kerja. “Phone” sebagai kata benda berarti “sebuah alat yang digunakan untuk berbicara dengan orang lain yang berada di tempat berbeda denganmu.” Dalam arti lain, “phone” sebagai kata benda adalah “benda yang bernama telepon”. Sementara itu, “phone” sebagai kata kerja adalah “aktivitas atau kegiatan menghubungi orang lain yang berada di tempat lain menggunakan benda bernama telepon”. Berikut adalah contoh-contoh kalimat dalam bahasa Inggris yang menunjukkan kata “phone” baik sebagai kata benda maupun kata kerja.

Sebagai kata benda:

●        I heard the phone rang yesterday, but it was too late to answer. (Aku mendengar telepon itu berdering kemarin, tetapi sudah terlalu terlambat untuk mengangkatnya.)

●        I forgot to take my phone with me. (Aku lupa untuk membawa teleponku bersamaku.)

Sebagai kata kerja:

●        She phoned to invite me out for lunch. (Dia meneleponku untuk mengajakku makan siang.)

●        Could you phone back later? (Bisakah kamu menelepon kembali nanti?)

Care

Contoh kata benda yang juga bisa berfungsi sebagai kata kerja berikutnya adalah “care”. Sebagai kata benda, kata yang satu ini bermakna, “sebuah proses dalam merawat seseorang atau sesuatu dan menyediakan kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan atau perlindungan.”

Di sisi lain, kata “care” juga berfungsi sebagai kata kerja. Ya, jika digunakan sebagai kata kerja, “care” berarti, “merasa bahwa sesuatu atau seseorang adalah hal penting yang patut mendapatkan perhatian.” Berikut contoh kalimat yang menggunakan kata “care” dalam bahasa Inggris baik sebagai kata kerja maupun kata benda.

Sebagai kata benda:

●        I was there when the incident happened and I saw some people needed a medical care. (Aku sedang berada di sana saat insiden terjadi dan aku melihat beberapa orang membutuhkan perawatan medis.)

●        Don’t worry, I’ll look after him with care when you are gone. (Jangan khawatir, aku akan menjaganya dengan penuh perhatian saat kamu pergi.)

Sebagai kata kerja:

●        I don’t care with the fact that I won’t see him again. (Aku tidak peduli dengan fakta bahwa aku tidak akan pernah bertemu dengannya lagi.)

●        I care about her, but it doesn’t mean I love her. (Aku peduli terhadapnya, tetapi bukan berarti aku mencintainya.)

House

Kata lain yang juga bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja adalah “house”. Kata “house” sebagai kata benda atau noun bermakna “bangunan yang disebut sebagai rumah atau tempat tinggal.” Sementara itu, jika kamu menggunakan kata tersebut sebagai verb atau kata kerja, “house” memiliki makna yang berbeda.

“House” sebagai verb bermakna, “aktivitas menyediakan tempat tinggal untuk orang atau hewan.” Nah, agar tidak tertukar dan lebih memahami kedua fungsi dari kata “house”, simak contoh kalimat-kalimat berikut ini.

Sebagai kata benda:

●        I went to her house earlier this morning, but she was already went to school. (Aku pergi ke rumahnya pagi ini, tetapi dia sudah berangkat ke sekolah.)

●         You need to get out of my house! (Kau harus keluar dari rumahku!)

Sebagai kata kerja:

●        The government is committed to house the refugees. (Pemerintah sudah berkomitmen untuk merumahkan atau memberi tempat tinggal kepada pengungsi.

●        Since the flood, people whose house were flooded were temporarily housed in community center. (Sejak banjir, para korban yang rumahnya kebanjiran untuk sementara tinggal di balai permasyarakatan.)

Question

Contoh kata lain yang juga memiliki dua fungsi, yaitu sebagai kata benda sekaligus kata kerja, adalah “question”. Kata yang satu ini, sebagai kata benda, memiliki makna, “pertanyaan”. Akan tetapi, dalam bahasa Inggris, kata tersebut juga memiliki fungsi lain sebagai kata kerja dengan makna yang berbeda.

Sebagai verb, kata “question” berubah makna menjadi “mempertanyakan”. Nah, berikut ini adalah contoh-contoh kalimat untuk masing-masing fungsi dari kata “question” dalam bahasa Inggris.

Sebagai kata benda:

●        I need you to answer all of my questions. (Aku membutuhkanmu untuk menjawab semua pertanyaanku.)  

●        That’s actually a very interesting question. (Itu sebenarnya adalah sebuah pertanyaan yang sangat menarik.)

Sebagai kata kerja:

●        You need to question his intention, since he’s not usually like that. (Kamu harus mempertanyakan tujuannya, karena dia tidak biasanya seperti itu.)

●        He was questioned about the burglary. (Dia sedang ditanyai berkaitan dengan perampokan.)

Nah, dari beberapa contoh di atas, kini kamu tahu kan bagaimana perbedaan penggunaan dari kata-kata yang memiliki dua fungsi yang berbeda? Masih banyak kosakata lain yang bisa kamu pelajari lebih lanjut. Yuk perbanyak kosa kata kamu dengan klik di sini. Selamat membaca!

Daftar Konsultasi Gratis

5 Kata Benda yang Juga Kata Kerja dalam Bahasa Inggris