Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Contoh Ungkapan Meminta Perhatian dalam Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

4 Contoh Ungkapan Meminta Perhatian dalam Bahasa Inggris

2022.03.09

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan menggunakan bahasa Inggris adalah dengan mempelajari tata bahasa tersebut dengan baik. Tak hanya itu, kamu juga perlu meningkatkan pengetahuan dalam hal vocabulary atau kosakata, hingga berbagai istilah maupun ungkapan bahasa Inggris. Nah, salah satu jenis ungkapan yang perlu kamu ketahui adalah ungkapan meminta perhatian. Untuk mengetahui apa saja ungkapan tersebut dan kapan kamu bisa menggunakan ungkapan-ungkapan ini, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Saat meminta perhatian kepada banyak orang

Salah satu kondisi yang mengharuskan kamu untuk meminta perhatian kepada banyak orang adalah di depan kelas atau kondisi sejenis. Pada saat itu, kamu membutuhkan para audience atau orang yang berada di dalam ruangan untuk mendengarkan apa yang hendak kamu sampaikan.

Namun, itu tentu bukan hal yang bisa selalu dengan mudah dilakukan. Umumnya, para hadirin masih saling berbicara satu dengan lainnya, bahkan bisa saja mereka tidak menyadari kehadiranmu. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk mendapatkan perhatian mereka semua dalam waktu serentak adalah mengungkapkannya. Berikut ini adalah beberapa contoh ungkapan meminta perhatian kepada banyak orang dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan:

●        Attention, please!

●        Can I get your attention?

●        May I have your attention, please?

●        Your attention, please!

Beberapa contoh di atas memiliki makna yang tak jauh berbeda, yaitu, “Mohon perhatiannya!” atau, “Bisakah saya mendapatkan perhatian dari Anda?” Ungkapan-ungkapan ini paling sesuai dan tergolong sopan untuk digunakan pada situasi formal.

Saat meminta perhatian dalam sebuah diskusi

Saat berdiskusi, baik hanya dengan satu orang maupun dengan banyak orang, tak jarang terjadi pergesekan. Apalagi jika semuanya sudah mulai menggebu-gebu. Tentu saja, semua akan sibuk untuk menyuarakan pendapatnya masing-masing. Jika kamu sedang ingin didengarkan dan sudah merasa cukup mendengar dan mencerna ucapan atau opini dari orang lain, kamu bisa menggunakan ungkapan meminta perhatian. Penggunaan dari ungkapan ini diharapkan bisa membantu agar lawan bicara mau mendengarkan apa yang hendak kamu sampaikan.

Berikut ini adalah beberapa contoh ungkapan asking for understanding yang bisa kamu gunakan pada situasi tersebut:

●     Listen! (Dengar!)

●     Listen, please! (Tolong dengar!)

●     LIsten! I have something to tell you. (Dengar! Aku mau bilang sesuatu).

●     Listen to me, please! (Tolong dengarkan aku!)

Saat ingin menunjukkan sesuatu

Biasanya, saat kamu ingin menunjukkan sesuatu kepada orang lain, orang tersebut sedang tidak memperhatikan hal yang sama denganmu. Oleh sebab itu, ini adalah saat-saat di mana kamu biasanya akan menggunakan ungkapan untuk meminta perhatian.

Hal ini bertujuan agar perhatian lawan bicara yang saat itu sedang berada di hal lain bisa segera beralih hingga ia memperhatikan hal yang sama denganmu. Berikut ini adalah beberapa contoh ungkapan meminta perhatian yang bisa kamu gunakan pada situasi tersebut.

●     Look! (Lihat!)

●     Look here! (Lihat ke sini!)

●     Look there! (Lihat ke sana!)

●     Look at me! (Lihat aku!)

●     Look at this! (LIhat ini!)

●     Look what I’ve got here! (Lihat apa yang aku punya!)

Meminta perhatian dengan cara menyapa

Saat kamu sedang menyapa orang lain, sebenarnya kamu sedang ingin meminta perhatian dari orang yang kamu sapa. Salah satu tujuannya untuk memberi tahu bahwa kamu ada di tempat itu, saat itu. Nah, oleh sebab itu, kalimat sapaan juga bisa menjadi bagian dari ungkapan meminta perhatian.

Berikut ini adalah beberapa kalimat sapaan yang bisa kamu gunakan jika ingin meminta perhatian:

●        Hello!

●        Hey!

●        Hey! You!

Nah, kini kamu sudah tahu kan bagaimana cara untuk meminta perhatian? Masih ada banyak contoh lain dari ungkapan meminta perhatian. Pelajari lebih lanjut, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

Tahukah kamu apa saja ungkapan meminta perhatian dalam bahasa Inggris? Nah, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini, yuk!