Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Perbedaan Penggunaan Kata "Already" dan "Yet"
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Perbedaan Penggunaan Kata "Already" dan "Yet"

2021.08.25

Tahukah kamu bahwa “already” dan “yet” adalah dua kata dengan makna yang berseberangan? Ya, kedua kosakata tersebut memang berfungsi untuk menunjukkan keterangan waktu terjadinya suatu peristiwa. Akan tetapi, karena maknanya yang saling bertentangan, keduanya tak bisa digunakan dalam kalimat yang sama. Nah, simak penjelasannya berikut ini:

Pengertian kata “already”

Menurut Oxford Learners’ Dictionary, kata “already” bermakna “before now or before particular time in the past”. Ini artinya, kata “already” juga bisa dimaknai sebagai keterangan waktu yang berarti “sudah terjadi” atau “sudah pernah terjadi sebelumnya.”

Biasanya, kata “already” digunakan pada kalimat present perfect tense dengan struktur kalimat yang terdiri dari subject + have/has + already + past participle. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh kalimat present perfect tense yang menggunakan kosakata “already”:

She has already eaten.

The bus has already left.

I have already bought the coffee.

Meski demikian, terkadang kata “already” masih digunakan dalam kalimat berbentuk “past tense”, seperti berikut:

Tina already spent the night here.

He already informed the police about the accident.

The train already took off.

Di sisi lain, penggunaan kata “already” ini masih sering tertukar dengan penggunaan kata “just”. Ya, kata “just” juga bisa menjadi keterangan waktu yang menandakan bahwa sesuatu baru saja terjadi. Ini artinya, kata “just” dan “already” memiliki makna yang berbeda. Berikut contoh perbedaan antara makna dari “just” dan “already”.

She has just finished her dinner.

She has already finished her dinner.

Pada contoh kalimat di atas, kalimat pertama, yaitu “She has just finished her dinner” menandakan bahwa “she” baru saja menyelesaikan makan malamnya. Sementara itu, pada contoh kalimat kedua, “she” sudah menyelesaikan makan malamnya, tetapi mungkin sudah terjadi sejak tadi.

Pengertian kata “yet”

Memiliki fungsi yang sama dengan kata “already” tak membuat kata “yet” bermakna sama. Berdasarkan Oxford Learners’ Dictionary, kata “yet” memiliki makna, “used in negative sentences and questions to talk about something that has not happened but that you expect to happen”.

Oleh sebab itu, dalam Bahasa Indonesia, kata “yet” berarti “belum terjadi”. Ini artinya, ada harapan dari pengguna kata “yet” bahwa sesuatu yang belum terjadi ini akan terjadi di kemudian hari atau di masa depan nanti. Biasanya, kata “yet” digunakan dalam kalimat tanya atau kalimat negatif dari present perfect tense. Tak heran jika kata “yet” disebut sebagai kata yang berlawanan dengan kata “already”.

Contoh penggunaan kata “yet” dalam kalimat tanya adalah:

Have you eaten yet?

Have you gone home yet?

Has he contacted you yet?

Penggunaan kata “yet” sering tertukar dengan penggunaan kata “still”. Padahal, keduanya memiliki makna yang berbeda. Jika seseorang menggunakan kata “still” dalam kalimatnya, orang tersebut berharap bahwa hal yang sedang dibicarakan akan selesai atau terjadi dalam waktu dekat.

Sementara itu, berbeda dengan “still”, penggunaan “yet” dalam kalimat menandakan tidak adanya rasa terburu-buru dari pembicara agar hal yang sedang dibicarakan segera terjadi. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata “yet” dengan tepat:

Karina has not finished her homework yet.

Dio has not eaten his breakfast yet.

Natalie has not gotten married yet.

Nah, dari penjelasan di atas, kini kamu sudah bisa lebih memahami kan perbedaan kata “already” dan “yet”?

Daftar Konsultasi Gratis

Perbedaan Penggunaan Kata "Already" dan "Yet"