Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Kata Bahasa Inggris yang Tidak Memiliki Kata Jamak
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

5 Kata Bahasa Inggris yang Tidak Memiliki Kata Jamak

2023.03.28

Dalam bahasa Inggris ada begitu banyak kosa kata yang bisa kamu pelajari. Masing-masing kosa kata memiliki keunikannya masing-masing. Contohnya, ada kata benda atau noun dalam bahasa Inggris yang hanya memiliki bentuk tunggalnya saja. Ya, ini artinya, kosa kata bahasa Inggris tersebut tidak memiliki bentuk jamak (plural). Alasannya pun bisa berbeda dari tiap-tiap kata tersebut. Untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kamu akan penggunaan bahasa Inggris, simak beberapa contoh kata berikut ini.

Luggage

“Luggage” adalah kata bahasa Inggris yang memiliki makna, “bagasi” atau barang bawaan saat bepergian. Kata benda ini tidak memiliki bentuk plural karena termasuk sebagai mass noun atau kata benda yang tidak bisa dihitung, layaknya air, udara, dan masih banyak lagi. Nah, kata “luggage” sendiri tidak memiliki bentuk plural karena dianggap sebagai barang yang tidak bisa dibagi atau dibentuk menjadi bentuk jamak. Oleh karena itu, jika kamu ingin menunjukkan jumlah dari luggage atau barang bawaan yang kamu bawa, kamu bisa menggunakan angka sebagai gambaran atau kata lain seperti, “two sets of luggage”.

Berikut ini adalah contoh kalimat yang menggunakan kata “luggage” dengan tepat:

●        I need to buy a new luggage for my upcoming trip. (Aku butuh membeli koper baru untuk perjalananku mendatang.)

●        The airline has lost my luggage and I need to file a claim. (Maskapai itu telah menghilangkan bagasiku dan aku perlu melaporkan kehilangan.)

Rice

Kata benda berikutnya yang tidak memiliki bentuk jamak dalam bahasa Inggris adalah “rice”. Kata yang satu ini memiliki makna “nasi”. Tentu kamu tidak bisa menghitung berapa butir nasi yang kamu makan, bukan? Oleh sebab itu, kata ini tidak memiliki bentuk jamaknya. Selain itu, kata yang satu ini juga dianggap sebagai “mass noun” karena tidak bisa dihitung atau dipisah-pisahkan. Nah, jika kamu ingin mengungkapkan berapa banyak nasi yang kamu makan, kamu bisa menggunakan “a bowl of rice” sebagai acuan jumlahnya.

Berikut contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata “rice” dengan tepat:

●        She bought a bag of rice from the grocery store. (Dia membeli sekarung beras dari swalayan.)

●        We had rice with chicken and vegetables for lunch. (Kami makan nasi dengan ayam dan sayuran saat makan siang tadi.)

Information

Kata benda atau noun berikutnya yang tidak memiliki bentuk jamaknya adalah information. Pasalnya, kata ini tidak bisa didefinisikan jumlahnya, sehingga baik satu atau banyak informasi yang kamu rujuk, kata yang tepat untuk digunakan adalah “information”.

Namun, kamu tetap bisa menggunakan frasa tertentu untuk menjelaskan jumlah informasi yang kamu dapatkan. Contohnya, “pieces of information” atau “bits of information”. Berikut ini contoh penggunaan kata “information” yang tepat dalam kalimat bahasa Inggris:

●        Can you give me some information about the museum? (Bisakah kamu memberikan aku sedikit informasi tentang museum ini?)

●        I found a lot of valuable information on the internet. (Aku menemukan banyak informasi penting di internet.)

Money

Kata benda dalam bahasa Inggris yang satu ini juga tidak memiliki bentuk jamak. Ya, money tidak memiliki bentuk plural karena merujuk pada uang tunai atau mata uang. Hal ini pun berlaku pada istilah bahasa Inggris lain yang mengacu pada uang, seperti “cash” dan “currency”.

Tentu kamu tidak bisa menghitung ada berapa jumlah uang yang ada, meski kamu bisa menghitung nominal dari uang tersebut. Oleh sebab itu, kata money dianggap memiliki karakteristik abstrak yang tidak bisa didefinisikan jumlahnya menggunakan angka.

Berikut adalah contoh penggunaan kata “money” dalam kalimat yang tepat:

●        I need to save more money for my future. (Aku harus menabung lebih banyak uang untuk masa depanku.)

●        He spends too much money on unnecessary things. (Dia menghabiskan terlalu banyak uang untuk hal-hal yang tidak penting.)

Equipment

Dalam bahasa Indonesia, kata “equipment” bermakna, “perlengkapan”. Kata benda yang satu ini tidak memiliki bentuk plural karena dianggap tergolong kata yang memiliki konsep abstrak sehingga tidak bisa dibagi ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil.

Alhasil, kata ini hanya memiliki bentuk singular atau tunggal saja secara bahasa. Nah, berikut ini adalah beberapa kalimat yang menggunakan kata “equipment” dengan tepat:

●        The gym has a lot of high-quality equipment for its members to use. (Gym itu memiliki banyak perlengkapan dengan kualitas tinggi untuk digunakan oleh para membernya.)

●        She checked the equipment before starting the experiment. (Dia memeriksa perlengkapannya sebelum memulai eksperimennya.)

Sebenarnya, masih ada banyak lagi kosa kata bahasa Inggris lain yang tidak memiliki bentuk jamak atau plural. Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan kamu dalam menggunakan bahasa Inggris, kamu bisa mencari tahu lebih lanjut untuk mempelajarinya.

Daftar Konsultasi Gratis

5 Kata Bahasa Inggris yang Tidak Memiliki Kata Jamak