Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Fluency dan Accuracy, Teknik Paham Bahasa Inggris
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Fluency dan Accuracy, Teknik Paham Bahasa Inggris

2023.07.04

Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni menjadi salah satu keharusan di dunia professional maupun akademis. Jika kamu tidak menguasainya, sudah bisa dipastikan kamu cepat atau lambat akan tertinggal dengan mereka yang memiliki kemampuan tersebut. Oleh sebab itu, jangan malas untuk mempelajari bahasa asing yang sudah menjadi bahasa global satu ini. Agar kamu bisa cepat dan tepat memahami bahasa Inggris, ada satu teknik yang bisa kamu pelajari. Teknik tersebut adalah fluency dan accuracy. Lalu bagaimana menerapkan teknik ini saat belajar bahasa Inggris? Nah, simak beberapa langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin belajar bahasa Inggris dengan teknik memperhatikan fluency dan accuracy berikut ini.

Latihan speaking secara rutin

Salah satu cara untuk bisa meningkatkan fluency dalam berbahasa Inggris adalah latihan speaking secara rutin, jika perlu setiap hari. Jangan lewatkan kesempatan untuk melatih kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Jika kesempatan itu tidak kunjung datang, kamu bisa menciptakan kesempatan tersebut. Ini tandanya, kamu harus memiliki komitmen dan keinginan yang besar agar bisa melakukannya secara rutin.

Kamu bisa melakukan cara ini dengan berkomunikasi dengan native speaker bahasa Inggris. Jika tidak ada native di lingkunganmu, kamu bisa mencari lawan bicara secara online. Contohnya melalui aplikasi atau platform yang saat ini sudah banyak tersedia dan mudah digunakan. Semakin sering kamu berlatih, semakin cepat pula kamu akan lancar berbicara dalam bahasa Inggris.

Mendengarkan bahasa Inggris dari penurut aslinya

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk melatih fluency dan accuracy dalam belajar bahasa Inggris adalah mendengarkan bahasa Inggris langsung dari penutur aslinya. Cara ini adalah kunci untuk mengembangkan intuisi tentang grammar, vocabulary, serta pronunciation yang tepat. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan bahasa Inggris tepat seperti native speaker.

Kamu bisa mendengarkan penutur asli atau native speaker dari berbagai media. Contohnya musik, podcast, atau film dan acara televisi yang saat ini sudah bisa dengan mudahnya kamu temukan di berbagai platform. Kamu perlu melakukannya secara rutin untuk membantu memperluas kosakata dan memahami berbagai aksen serta variasi bahasa yang digunakan oleh native.

Membaca dan menulis dalam bahasa Inggris secara rutin

Kegiatan membaca dan menulis ternyata juga bisa membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Pasalnya, banyak membaca tulisan dalam bahasa Inggris akan memperluas wawasan serta meningkatkan pemahaman tata bahasa Inggris. Tak hanya itu, kamu akan semakin mudah memahami konteks jika berhadapan dengan ucapan atau tulisan berbahasa Inggris, karena kamu sudah terbiasa.

Selain membaca, menulis juga menjadi kegiatan yang bisa membantu kamu meningkatkan pemahaman kamu akan konteks yang berkaitan dengan penggunaan bahasa Inggris. Cobalah memulai dengan menulis sesuatu yang ringan. Contohnya, catatan harian atau blog dalam bahasa Inggris. Jika dilakukan secara rutin, kemampuan dan keterampilan dalam menulis bahasa Inggris akan semakin meningkat. Dengan begitu, fluency dan accuracy dalam bahasa Inggris pun akan semakin baik.

Memperhatikan pengucapan dan intonasi bahasa Inggris

Jika kamu ingin fokus meningkatkan fluency dan accuracy cara yang bisa kamu lakukan adalah memperhatikan pengucapan dan intonasi dari bahasa Inggris. Hal ini bisa kamu awali dengan memperhatikan cara native speaker melafalkan kata-kata dan frasa bahasa Inggris. Kemudian, cobalah untuk meniru mereka.

Salah satu cara yang paling jitu adalah menggunakan kamus online atau aplikasi yang dilengkapi fitur audio pelafalan kata demi kata oleh native speaker. Jika kamu bisa menggunakan fitur ini dengan baik, kamu akan semakin cepat dan tepat memahami dan menggunakan bahasa Inggris dengan baik.

Mengikuti kursus bahasa Inggris

Cara lain yang bisa kamu coba adalah mengikuti kursus bahasa Inggris. Saat ini, sudah banyak jenis kursus bahasa Inggris, baik offline maupun online yang bisa dengan mudah kamu ikuti sesuai dengan kebutuhan.

Kursus bahasa Inggris bisa memberikan panduan yang terstruktur dalam mempelajari bahasa Inggris. Apalagi, kelas bahasa Inggris umumnya dibimbing oleh seorang instruktur yang berpengalaman dan tentu saja dapat memberikan feedback langsung dan saran yang berguna untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam menggunakan bahasa Inggris.

Nah, cara-cara yang sudah disebutkan tadi adalah cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan teknik memperhatikan fluency dan accuracy.

Daftar Konsultasi Gratis

Fluency dan Accuracy, Teknik Paham Bahasa Inggris