Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Apa Itu DITTO dalam Bahasa Inggris?
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Apa Itu DITTO dalam Bahasa Inggris?

2023.09.18

Dalam belajar bahasa Inggris, mempelajari berbagai kata dan frasa adalah salah satu hal yang penting. Pasalnya, mempelajari suatu bahasa tidak hanya mempelajari mengenai tata bahasa atau strukturnya saja, tetapi juga harus disertai kemampuan mengetahui dan menghafalkan berbagai kosakata yang terdapat dalam bahasa tersebut. Saat ini, salah satu kata bahasa Inggris yang banyak digunakan adalah “Ditto”. Kamu mungkin sudah pernah mendengar kata yang satu ini baik membacanya atau mendengarnya saat digunakan oleh orang lain dalam percakapan. Meski sudah banyak digunakan, masih banyak juga orang yang tidak tahu arti dibalik kata Ditto. Nah, berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai kata “Ditto”, artinya, dan berbagai penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris:

Definisi dan asal kata

Kata “Ditto” memang memiliki asal usul yang menarik. Berakar dari bahasa Italia, kata ini berasal dari kata “Detto”, yang memiliki arti “sebutkan” atau “katakan”. Pada awalnya, kata “Detto” digunakan dalam konteks menyebutkan atau mengulang kembali sesuatu yang telah diucapkan sebelumnya.

Akan tetapi, setelah masuk ke dalam bahasa Inggris, kata ini bertransformasi menjadi “Ditto” dan memiliki makna yang lebih luas lagi. Dalam bahasa Inggris, kata ini digunakan untuk menyampaikan gagasan yang sederhana yaitu “sama” atau “demikian juga”, atau sekadar ingin mengucapkan “saya juga”.

Fungsi dari penggunaan kata ini adalah untuk mengekspresikan persetujuan atau mengindikasikan bahwa perasaan atau informasi yang sama juga berlaku bagi pembicara. Ini merupakan cara cepat untuk menunjukkan persetujuan atau kesamaan pandangan tanpa perlu menjelaskannya panjang lebar.

Penggunaannya dalam percakapan sehari-hari

Setelah memahami definisi dan asal usul kata “Ditto”, kini saatnya kamu memahami penggunaannya dalam percakapan sehari-hari. Biasanya, dalam percakapan, kata “Ditto” sering digunakan untuk menghindari pengulangan kata yang tidak perlu.

Hal Ini terutama berguna ketika kamu ingin menyatakan persetujuan atau kesamaan pandangan tanpa harus mengulang kalimat atau informasi yang telah disampaikan sebelumnya.

Sebagai contoh, jika seseorang mengatakan “I really like pizza,” kamu bisa menjawabnya dengan “Ditto” untuk menunjukkan bahwa kamu juga sangat suka pizza tanpa harus mengulangi seluruh kalimat yang sudah diucapkan oleh lawan bicara.

Penggunaannya dalam tulisan

Selain penggunaannya dalam percakapan lisan, kata "Ditto" juga memiliki peran yang penting ketika digunakan dalam penulisan bahasa Inggris, terutama dalam daftar suatu hal. Biasanya, kata ini diterapkan dengan tujuan untuk mengindikasikan pengulangan dari item atau informasi yang telah disebutkan sebelumnya. Tujuan penggunaan kata “Ditto” adalah untuk mengindikasikan pengulangan dari item atau informasi sebelumnya.

Contohnya, dalam sebuah daftar nama orang yang menghadiri suatu acara, kata “Ditto” digunakan saat ada beberapa orang yang berasal dari kota yang sama. Nah, penggunaan kata “Ditto” bisa digunakan untuk menghindari penulisan berulang-ulang dari nama kota tersebut.

Penggunaan dalam budaya pop

Kata “Ditto” saat ini sering digunakan dalam film atau serial televisi. Akan tetapi, ini sebenarnya bukan hal baru lagi karena penggunaan kata “Ditto” sudah ada sejak tahun 1990 lalu. Ya, kata ini muncul dalam film berjudul Ghost yang diperankan oleh Patrick Swayze dan Demi Moore.

Dalam film tersebut, karakter Patrick Swayze mengatakan “I love you” kepada karakter yang diperankan oleh Demi Moore. Lalu, karakter Demi Moore menjawabnya dengan mengucapkan “Ditto” yang mengindikasikan bahwa ia juga merasakan hal yang sama kepada lawan bicaranya.

Nah, kini kamu sudah paham kan makna dan penggunaan kata “Ditto” dalam berbagai konteks?

Daftar Konsultasi Gratis

Apa Itu DITTO dalam Bahasa Inggris?