Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
5 Cara Cepat Memahami Percakapan dengan Native Speaker
Gaya Hidup

5 Cara Cepat Memahami Percakapan dengan Native Speaker

2022.02.25

Belajar bahasa Inggris tidak hanya terbatas pada kemampuan aktif seperti menulis dan berbicara saja. Kamu juga harus pandai menguasai kemampuan pasifnya, seperti mendengarkan dan membaca dalam bahasa Inggris. Hal ini sangat penting, khususnya jika kamu harus berkomunikasi dalam bahasa tersebut. Saat berbicara dengan lawan bicara, kamu juga harus memahami semua tuturan yang disampaikannya kepadamu. Pada saat itu, kemampuan listening atau mendengarkan dalam bahasa Inggris diuji. Oleh sebab itu, agar kamu bisa meningkatkan kemampuan listening dalam bahasa Inggris, lakukan beberapa hal berikut.

Mempelajari berbagai aksen

Ada begitu banyak aksen dalam bahasa Inggris, contohnya american english, british english, australian english dan masih banyak lagi. Masing-masing memiliki aksen yang berbeda, bahkan kata yang sama bisa saja dilafalkan dengan cara berbeda. Maka itu, kamu harus membiasakan telinga mendengar berbagai aksen bahasa Inggris. Hal ini bisa dimulai dengan menonton film dari berbagai negara. Cobalah menonton film dari Amerika, dari Inggris, dan Australia. Kamu tentu akan menyadari bahwa native speaker dari ketiga negara tersebut memiliki pelafalan yang berbeda-beda. Dengan sering mendengarkan native speaker dari negara-negara tersebut, kamu akan semakin terbiasa mendengarkan berbagai macam aksen. Hal ini tentu sangat membantu kamu dalam belajar meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris.

Mempelajari pelafalan dalam bahasa Inggris yang tepat

Meski sedang dalam proses belajar, sebaiknya hindari menggunakan pelafalan dalam bahasa Inggris yang salah. Hal ini sering kali menjadi boomerang untuk diri sendiri. Mengapa? Pasalnya, saat terbiasa mengucapkan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris dengan pelafalan yang salah, kamu akan semakin asing saat mendengarkan native speaker melafalkan kata-kata tersebut. Hal ini tentu membuatmu semakin sulit meningkatkan kemampuan listening dalam bahasa Inggris. Alangkah lebih baik jika kamu membiasakan diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris dengan pronunciation yang tepat. Dengan begitu, kamu terbiasa mendengarkan pelafalan yang benar sehingga saat lawan bicaramu melafalkan kata-kata atau kalimat tersebut, kamu mudah memahami apa yang disampaikannya.

Mempelajari aspek berbicara dalam bahasa Inggris

Saat berbicara, perhatikan secara keseluruhan, bukan hanya kata yang disampaikannya saja. Melainkan, perhatikan pula penekanan yang digunakan, intonasi, tingkat kecepatan berbicara, hingga suara konsonan dan suara vokal yang diucapkannya. Mengapa aspek-aspek tersebut penting?

Biasanya, dalam berbicara, intonasi, kecepatan berbicara, hingga penekanan yang digunakan mempengaruhi konteks dari ucapan yang disampaikan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui aspek-aspek tersebut untuk melengkapi informasi yang kamu butuhkan dalam melakukan percakapan bahasa Inggris dengan lawan bicara. Hal ini juga demi menghindari salah tafsir atau salah tangkap makna yang hendak disampaikannya.

Memahami reduced forms

Dalam bahasa Inggris, ada yang disebut dengan reduced forms. Biasanya, bentuk ini digunakan saat berbicara secara langsung dalam kondisi kasual atau informal. Bahkan, tidak hanya saat sedang berbicara saja, reduced forms terkadang juga digunakan dalam bentuk tulisan.

Reduced forms terbentuk saat native speaker berbicara dengan cepat sehingga agar menghemat waktu, sehingga menghilangkan sejumlah kata atau huruf yang terdapat pada ucapannya dan menggabungkan beberapa kata yang berdekatan menjadi satu. Hal ini membuat ucapannya menjadi lebih efisien dan lebih cepat dipahami.

Akan tetapi, kamu yang masih belum terbiasa dengan reduced forms mungkin akan kebingungan. Oleh sebab itu, kamu perlu mempelajarinya secara mandiri. Berikut ini adalah beberapa contoh dari reduced forms:

●        Probably = Prolly

●        Going to = Gonna

●        Don’t know = Dunno

●        Got to = Gotta

●        Want to = Wanna

Belajar menggunakan subtitle

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dalam memahami percakapan dengan native adalah dengan menonton film. Saat melakukannya, kamu bisa mencoba belajar menggunakan subtitle. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu dalam memahami pelafalan kata demi kata dalam bahasa Inggris yang baik dan benar.

Hal ini disebabkan sering kali kamu mengetahui kata-kata dalam bahasa asing tersebut tetapi masih luput dalam mengucapkannya secara tepat. Alhasil, kamu pun sulit memahami lawan bicara yang melafalkannya dengan tepat, karena kamu tidak tahu bahwa pelafalan yang kamu lakukan atas kata-kata tertentu masih belum benar.

Dengan menggunakan subtitle, kamu bisa mendengarkan tokoh-tokoh dalam film mengucapkan kata-kata sekaligus membaca subtitle dalam bahasa Inggris yang menunjukkan penulisan dari kata yang diucapkan oleh tokoh film.

Daftar Konsultasi Gratis

5 Cara Cepat Memahami Percakapan dengan Native Speaker