GO Blog | EF Blog Indonesia
Berita terbaru tentang perjalanan, bahasa dan budaya oleh EF Education First
Menu

Tantangan ketika menjadi host siswa internasional dan cara mengatasinya

Tantangan ketika menjadi host siswa internasional dan cara mengatasinya

Menjadi host siswa internasional bermanfaat di berbagai bidang – mulai dari kesempatan untuk bertukar budaya hingga kesempatan untuk mengubah kehidupan seorang muda – tetapi Anda mungkin akan menghadapi beberapa tantangan. Kami ada untuk membantu Anda melakukannya.

Siswa Anda merasa homesick

Pertama, ingatlah bahwa merupakan hal yang normal untuk siswa merasa homesick dan pastikan Anda tidak tersinggung! Jika mereka merasa sangat homesick dan sedih, ingatkan mereka bahwa merupakan hal yang wajar untuk merasakannya dan bahwa mereka boleh merasa sedih untuk sementara. Cobalah untuk duduk bersama dan tanyakan apa yang mereka sukai dari rumah mereka. Biarkan mereka berbicara tentang rumah dan keluarga, dan pastikan mereka menghubungi rumah secara teratur.

Selanjutnya, sarankan sesuatu yang menyenangkan dan baru yang dapat mereka lakukan, baik bersama atau sendiri, yang dapat mengingatkan mereka tentang hal menyenangkan dan menakjubkan tentang berada di tempat yang begitu jauh dari rumah: perjalanan sehari ke landmark lokal, berjalan-jalan di pedesaan, atau menyarankan mereka mengundang teman sekolah.

Dan ingatkan mereka untuk mengambil banyak foto untuk dibagikan dengan keluarga dan teman – ini akan membantu mengembalikan fokus mereka pada hal-hal baru yang mereka alami, bukan hal-hal yang mereka rindukan di rumah.

Siswa Anda tidak menyukai hidangan yang Anda masak

Terkadang salah satu gegar budaya dapat berasal dari makan di negara lain yang terlalu berbeda dengan yang biasanya Anda konsumsi di rumah. Jika mereka tidak menyukai hidangan yang Anda masak, jangan tersinggung – ini hanyalah sesuatu yang harus mereka biasakan.

Bagaimana cara Anda membantu mereka agar terbiasa dengan masakan yang ada? Pertama, akan membantu jika Anda memasak hidangan yang sama untuk mereka dan untuk mereka sendiri. Makan bersama, jika memungkinkan, juga membantu karena akan menunjukkan bahwa makan bersama merupakan hal yang normal di budaya dan tradisi keluarga Anda. Anda dapat melihat post kami mengenai hidangan simpel untuk keluarga host untuk lebih banyak ide dan tips.

Jika mereka menyisakan banyak makanan di piring mereka, tanyakan apakah ukuran porsinya terlalu besar. Jika Anda berpikir mereka mungkin terlalu sopan untuk mengatakan bahwa mereka tidak menyukainya, mulai percakapan dengan bertanya tentang makanan favorit mereka di rumah dan bagaimana mereka membandingkannya dengan makanan di negara Anda.

Jika Anda masih tidak yakin, ajak mereka membantu Anda di dapur saat memasak agar mereka dapat mengetahui apa yang sebenarnya Anda masak, dan juga agar mereka bisa menambahkan selera kuliner mereka sendiri. Anda dapat memasak makanan favorit mereka di negara asal bersama-sama, misalnya. Ini juga merupakan cara yang baik untuk mengenal satu sama lain dengan lebih baik dan juga Anda tidak perlu memasak sendirian!

Ingat, alergi makanan ataupun diet tidaklah sama dengan siswa yang hanya tidak menyukai makanannya, dan harus dianggap serius. Pastikan Anda mengetahui hal ini di awal perjalanan hosting Anda.

Adanya hambatan bahasa

Jika tidak ada hambatan bahasa, mereka tidak akan mengikuti kursus bahasa, jadi jangan heran jika pada awalnya akan ada sedikit kesulitan dalam berkomunikasi!

Jika siswa Anda pemalu/pendiam ketika mereka pertama kali datang, bukan berarti mereka tidak memahami Anda, namun mereka mungkin tidak memiliki cukup kepercayaan diri untuk berbicara dalam bahasa lain. Biasanya, host menemukan bahwa semakin banyak host dan siswa mengobrol, semakin banyak percaya diri yang dibangun dan mereka akan lebih nyaman bergabung dalam percakapan. Ingatlah untuk selalu terbuka dan menyambut mereka dengan segala cara yang tidak memerlukan terjemahan: tersenyum, menunjuk kamar dan kamar mandi mereka dengan jelas, menunjukkan mereka foto/buku panduan, dll.

Jika ada peraturan di rumah ataupun instruksi (seperti cara menggunakan mesin cuci/letak kotak P3K), cobalah untuk menuliskannya dan menempelkannya di suatu tempat yang mudah terlihat. Dengan begini, siswa dapat menerjemahkannya dengan lebih mudah dengan aplikasi, daripada harus mengingat dan memahai setiap aturan/petunjuk saat Anda berbicara pada mereka.

Jika siswa Anda mencoba untuk berbicara dengan Anda dan Anda kesulitan memahami – jangan panik. Tetap tenang dan yakinkan mereka serta sarankan mereka untuk berbicara dengan perlahan atau mencoba untuk menuliskannya.

Keluarga host selalu mengatakan pada kami bahwa mereka kagum dengan kemajuan yang dibuat siswa selama tinggal bersama mereka – mulai dari tiba dan tidak mengucapkan sepatah kata pun, hingga bercerita tanpa henti mengenai hari yang mereka lalui saat makan malam di akhir masa tinggal mereka. Jadi jangan biarkan diri Anda ataupun siwa Anda merasa tertekan, dan belajarlah untuk tertawa ketika ada kesulitan berkomunikasi – ini semua adalah bagian dari pengalaman.

Jika Anda dalam keadaan darurat atau ada sesuatu yang perlu dijelaskan dengan sangat jelas, aplikasi Google Translate App dapat mendeteksi kata-kata dan menerjemahkannya untuk Anda secara real time.

Mengenai aturan di rumah

Ini akan selalu menjadi sesuatu yang paling mengkhawatirkan bagi tuan rumah: bagaimana menjelaskan aturan tersebut ke siswa Anda. Dalam banyak kasus, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan, dan bersikap sopan serta saling menghargai ditambah beberapa aturan dasar akan memastikan segalanya berjalan dengan lancar.

Selain aturan dasar yang berlaku, hal-hal ini juga biasanya berguna: selalu mengunci pintu ketika meninggalkan rumah dan kembali ke rumah; meninggalkan ruang yang digunakan bersama dalam keadaan bersih dan rapi; tidak berisik saat malam hari; dan selalu memberitahu jika ada yang memiliki jadwal yang berbeda dari rutinitas (seperti pulang lebih larut dari biasanya atau pergi pada akhir pekan).

Biasanya, aturan yang tersulit adalah menentukan waktu terlarut di mana Anda mengharapkan mereka akan telah berada di rumah (tip: jangan gunakan kata “jam malam”!). Ini harus masuk akal dan mungkin akan bergantung pada usia siswa Anda. Bersiaplah untuk bernegosiasi dengan siswa Anda, dan bertanyalah pada host homestay lainnya di jaringan kami untuk mengetahui cara mereka memutuskan waktu tersebut.

Jika Anda menemukan mereka melanggar aturan, atau melakukan sesuatu yang beresiko terhadap keamanan atau keselamatan rumah, atau anggota keluarga yang lain, jelaskan mengapa hal itu tidak seharusnya dilakukan. Tulis dan pastikan mereka memahaminya, sehingga Anda berdua bisa merujuk kembali jika masalah ini berlanjut.

Amatlah jarang siswa tidak mengikuti aturan yang ditetapkan, atau mereka kurang menghargai, namun hal ini bisa saja terjadi. Pertama, cobalah untuk menyarankan tips untuk membantu mereka mengingat dan tulis di post-it notes yang ditempel di dalam rumah (misalnya. ‘jangan lupa mengunci pintu saat pergi’).

Jika menurut Anda siswa tersebut sama sekali tidak menghargai Anda maupun rumah Anda, Anda dapat menghubungi sekolah mereka sehingga kami dapat membantu menyelesaikan masalah ini. Dan ingatlah untuk menggunakan jaringan kami dalam mendapatkan tips dan dukungan dari keluarga host lainnya.

Cari tahu mengenai hosting dengan EFPelajari lebih lanjut
Dapatkan berita perjalanan, bahasa, dan budaya terbaru di buletin GODaftarkan saya

Cari tahu tingkat bahasa inggris kamu dalam hitungan menit

Selengkapnya