Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Vocabulary yang Biasa Digunakan untuk Melamar Kerja
Karir & Bisnis

4 Vocabulary yang Biasa Digunakan untuk Melamar Kerja

2023.03.14

Dalam dunia kerja, penggunaan bahasa Inggris sudah menjadi salah satu kewajiban. Tak sedikit pekerja yang mulai lebih nyaman dan sering berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris daripada bahasa Indonesia. Apalagi jika di perusahaan tempatnya bekerja terdapat expatriat atau pekerja yang berasal dari luar negeri. Oleh sebab itu, kamu harus menguasai bahasa Inggris jika ingin memasuki dunia kerja profesional. Nah, cara untuk menunjukkan kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki bisa dimulai dengan membuat surat lamaran pekerjaan menggunakan bahasa Inggris. Kamu bisa menggunakan kosa kata yang berkaitan dengan lamaran kerja dalam bahasa Inggris. Berikut ini adalah daftar kosa kata bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan saat hendak melamar atau interview kerja:

Eager

Salah satu kosa kata yang bisa kamu gunakan saat melamar kerja adalah “eager”. Kata kerja atau verb yang satu ini memiliki makna, “bersemangat” atau “berhasrat”. Nah, kata ini bisa kamu gunakan saat ingin menunjukkan bahwa kamu memiliki semangat tinggi dalam melakukan suatu hal yang berkaitan dengan posisi atau pekerjaan yang kamu lamar. Dengan menggunakan kata tersebut, kamu menunjukkan bahwa kamu memiliki keinginan atau tekad yang bulat untuk serius dalam melakukan pekerjaanmu nanti. Berikut ini adalah contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata “eager” dengan tepat:

●        I am eager to learn new things. (Saya bersemangat untuk mempelajari hal-hal baru.)

●        I am eager to apply for the open position at your company and bring my skills and passion to contribute to its success. (Saya bersemangat untuk melamar pekerjaan untuk posisi yang sedang dibuka pada perusahaan Anda dan menggunakan kemampuan saya dalam berkontribusi pada kesuksesan perusahaan.)

Multitask

Kosa kata dalam dunia kerja berikutnya adalah “multitask”. Kata kerja yang satu ini bermakna, “bisa mengerjakan lebih dari satu hal dalam satu waktu.” Kata ini bisa kamu gunakan sebagai salah satu kelebihan yang ingin kamu tonjolkan saat sedang melamar pekerjaan.

Dengan mengatakan bahwa kamu bisa melakukan “multitask” kamu sebenarnya sedang menunjukkan bahwa kamu cukup handal dan efektif dalam bekerja. Pasalnya, tidak semua orang bisa melakukan dua atau lebih pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. Berikut adalah contoh penggunaan kata “multitask” yang benar dalam bahasa Inggris:

●        Multitasking expertise makes me a strong fit for the job. (Keahlianku melakukan “multitask” membuatku orang yang tepat untuk pekerjaan ini.)

●        My ability to multitask boosts productivity. Ready to bring it to the team. (Kemampuanku untuk mengerjakan dua pekerjaan atau lebih dalam satu waktu dapat meningkatkan produktivtias. Saya siap untuk membawa produktivitas itu ke dalam tim.)

Result-oriented

Kata yang juga bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan adalah “result-oriented”. Kata yang satu ini termasuk ke dalam kata sifat atau adjective. Kamu bisa menggunakan kosa kata yang satu ini jika ingin menunjukkan bahwa kamu selalu melakukan yang terbaik untuk mencapai hasil maksimal dalam melakukan suatu pekerjaan.

Hal ini tentu bisa menjadi nilai tambah saat melamar pekerjaan, karena kamu akan dilihat sebagai seseorang yang rela melakukan segala hal yang positif untuk mencapai hasil yang diharapkan oleh atasan atau perusahaan tempat kamu bekerja.

Berikut ini contoh kalimat dalam bahasa Inggris yang menggunakan kata “result-oriented” dengan tepat:

●        Result-oriented approach drives my success in achieving goals. (Pendekatan yang berorientasi terhadap hasil membantu saya sukses dalam mencapai tujuan.)

●        I bring a result-oriented mindset to deliver measurable outcomes. (Saya membawa pola pikir yang berorientasi terhadap hasil untuk memberikan hasil yang terukur.)

Team player

Kosa kata yang satu ini juga termasuk kata yang cukup sering digunakan untuk melamar kerja dalam bahasa Inggris. Meski sudah cukup sering digunakan, tetapi kata ini penting untuk menunjukkan bahwa kamu bisa bekerja dengan tim. Pasalnya, dalam bekerja, kamu tidak bekerja seorang diri, melainkan akan bekerja sama atau berkolaborasi dengan orang lain.

Oleh sebab itu, memiliki kemampuan untuk bekerja dalam tim adalah hal yang sangat penting. Justru, tidak bisa bekerja dengan orang lain bisa menjadi nilai kurang untuk dirimu sendiri. Oleh sebab itu, kosa kata yang satu ini juga bisa kamu gunakan jika ingin mendapatkan nilai tambah saat hendak melamar sebuah pekerjaan.

Ini contoh kalimat yang menggunakan kata “team player” dengan benar:

●        Team player mindset essential for success in a collaborative work environment. (Pola pikir untuk bekerjasama dengan tim sangat penting untuk kesuksesan dalam lingkungan kerja yang kolaboratif.)

●        Proven track record as a team player, ready to contribute to your team’s success. (Terbukti sebagai orang yang bisa bekerja dalam tim, saya siap untuk berkontribusi dalam kesuksesan tim.)

Nah, itu adalah beberapa kosakata bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan untuk melamar kerja. Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

4 Vocabulary yang Biasa Digunakan untuk Melamar Kerja