Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Pentingnya Bahasa Inggris Di Era Digital
Karir & Bisnis

Pentingnya Bahasa Inggris Di Era Digital

2023.05.16

Bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia memang bukan Bahasa Inggris, tapi Bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan untuk komunikasi internasional. Dalam pariwisata, saat Anda mengunjungi negara yang bahasanya tidak kamu pahami, kemungkinan besar kamu bisa berkomunikasi dengan masyarakat di negara tersebut dengan Bahasa Inggris.

Bahkan untuk penerbangan internasional, bahasa standar yang digunakan adalah Bahasa Inggris. Itulah sebabnya Bahasa Inggris disebut sebagai bahasa internasional yang digunakan oleh lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia.

Di era digital ini, Bahasa Inggris menjadi semakin penting. Internet telah menjadi bagian keseharian kita, di mana kita menggunakan internet untuk bekerja, belajar, dan bersosialisasi. Semua orang berkomunikasi di internet dengan berbagai bahasa, tapi bisa dibilang sebagian besar konten online menggunakan Bahasa Inggris, karena diperkirakan 52% dari website yang paling banyak dikunjungi di internet menggunakan Bahasa Inggris.

Bila kamu tidak fasih berbahasa Inggris, tentu kamu kehilangan banyak kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri dengan internet, karena kamu kehilangan akses ke lebih dari separuh konten internet! Sebaliknya, fasih berbahasa Inggris akan membuka pintu dunia bagi kamu untuk belajar tentang banyak hal melalui internet.

Selain itu, saat ini kita sudah memasuki era industri 4.0, di mana teknologi digital menjadi kunci utama perkembangan industri. Di era ini, gaya hidup dan cara kita berinteraksi dan bekerja tentu akan semakin berubah, karena teknologi digital memungkinkan otomatisasi dalam berbagai sektor, termasuk kesehatan, pendidikan, transportasi, dll.

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional juga merupakan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara global dalam teknologi digital, misalnya dalam pengembangan perangkat lunak dan dalam jaringan global yang terhubung dalam proyek teknologi.

Sumber informasi tentang teknologi terbaru juga umumnya tersedia dalam Bahasa Inggris. Bahasa Inggris juga digunakan dalam platform dan aplikasi teknologi yang mendorong terwujudnya kerja sama global.

Di era 4.0, ketika teknologi digital terus berkembang dengan pesat, dunia global semakin terhubung satu sama lain. Karena itulah, Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional menjadi keterampilan yang sangat dibutuhkan. Apalagi era 4.0 ini juga merupakan era kecerdasan buatan (AI/artificial intelligence) yang mengancam penghidupan banyak orang, karena adanya potensi AI untuk menggantikan pekerjaan manusia.

Peningkatan kemampuan kamu dalam Bahasa Inggris tentu penting bagi karir kamu, karena memberikan nilai lebih bagi diri kamu sebagai seorang pekerja. Apalagi saat ini banyak lowongan pekerjaan yang mewajibkan kemampuan Bahasa Inggris, terutama lowongan di perusahaan multinasional, di bidang teknologi informasi, perhotelan, dll.

Orang yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris tak hanya memiliki nilai tambah, tapi juga memiliki peluang untuk terus mengembangkan keahliannya. Kemampuan Bahasa Inggris bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan keahlian di profesi kamu melalui platform e-learning, yang tentunya sebagian besar menggunakan Bahasa Inggris. Tanpa Bahasa Inggris, sumber informasi untuk pengembangan keahlian ini akan lebih terbatas.

Teknologi digital dan internet memang membuka peluang kamu. Dengan kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni, kamu bisa memaksimalkan berbagai sumber informasi yang tersedia untuk pengembangan diri. Itulah sebabnya, Bahasa Inggris sangat penting di era digital.

Sebaliknya, belajar Bahasa Inggris di era digital ini jadi semakin mudah, karena banyak sumber informasi tentang Bahasa Inggris yang bisa kamu dapatkan di internet. Jadi, dengan belajar Bahasa Inggris, kamu tidak akan ketinggalan informasi dan teknologi digital terbaru. Tapi kamu juga bisa memanfaatkan teknologi digital untuk belajar Bahasa Inggris.

Daftar Konsultasi Gratis

Pentingnya Bahasa Inggris Di Era Digital