Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Alasan Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional
Gaya Hidup

4 Alasan Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional

2021.03.03

Kamu mungkin satu dari sekian banyak orang yang bertanya-tanya mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional. Bahkan, hampir seluruh masyarakat dunia menggunakannya, baik untuk kepentingan bisnis, pendidikan, hingga dalam percakapan sehari-hari. Tak jarang pula, bahasa Inggris disisipkan saat sedang berkomunikasi dalam bahasa lokal. Nah, begini sejarahnya:

Pengaruh kerajaan Inggris

Ratusan tahun yang lalu, kerajaan Inggris merupakan salah satu kerajaan yang paling berkuasa di dunia. Bahkan, lebih dari seperempat dunia berada di bawah kekuasaannya. Tak heran jika bahasa Inggris kemudian menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di daerah koloninya. Meski di Asia dan Afrika, pada saat itu, bahasa Inggris masih belum banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari, tapi bahasa tersebut digunakan saat melakukan perdagangan. Bahkan, kalangan elit di negara-negara tersebut juga sudah menggunakan bahasa Inggris.

Tak hanya itu, untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan peningkatan kemampuan lainnya, seseorang harus bisa berbahasa Inggris. Nah, itu adalah sejarah awal mengapa bahasa Inggris bisa dikenal secara luas di dunia dan menjadi bahasa Internasional.

Revolusi industri di Inggris

Pada abad ke-18 terjadi sebuah revolusi industri di Inggris. Saat itu, negara tersebut membuat berbagai mesin produksi, salah satunya adalah mesin untuk produksi tekstil yang tentu saja dibutuhkan oleh masyarakat dari berbagai penjuru dunia, karena semua orang mengenakan pakaian. Nah, pada saat itu, panduan penggunaan mesin ditulis dalam bahasa Inggris. Oleh sebab itu, jika ada yang ingin mengekspor mesin-mesin tersebut ke negaranya masing-masing, harus mempelajari bahasa Inggris untuk mengerti bagaimana tata cara penggunaan alat. Hal ini membuat penggunaan bahasa Inggris semakin luas.

Pengaruh Amerika setelah perang dunia usai

Setelah perang dunia berakhir, kondisi di dunia benar-benar berubah. Negara-negara yang sebelumnya berkuasa pada saat itu sangat terpuruk. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk negara Amerika. Justru, bisa dikatakan bahwa kondisi ekonomi Amerika saat itu sedang meroket. Nah, hal tersebut membuat orang-orang dari berbagai belahan dunia berlomba-lomba untuk bisa melakukan perdagangan dengan negara ini. Memang benar bahwa pada saat itu, atau mungkin hingga saat ini, Amerika memberikan pengaruh yang luar biasa besar terhadap masyarakat dunia.

Oleh sebab itu, banyak orang yang sengaja mempelajari bahasa Inggris agar bisa masuk ke dalam industri perdagangan atau bisnis di Amerika. Hal ini tentu memperkuat posisi bahasa Inggris di mata dunia, khususnya dibandingkan dengan bahasa-bahasa lainnya.

Perkembangan teknologi

Masih berkaitan dengan perkembangan ekonomi dan bisnis di Amerika Serikat yang kian melesat, di saat yang bersamaan, Internet diciptakan di negara tersebut. Hal ini membuat segala macam perangkat komputer beserta isinya dibuat dalam bahasa Inggris. Mulai dari perangkat lunak hingga perangkat keras dari komputer dibuat dalam bahasa Inggris. Bahkan, keyboard komputer pun menggunakan alfabet latin yang digunakan dalam bahasa tersebut.

Oleh sebab itu, saat negara lain ingin membeli produk komputer dari Amerika, mau tidak mau mereka harus beradaptasi dengan penggunaan bahasa Inggris dengan mempelajarinya. Dengan begitu, mereka bisa mengikuti perkembangan teknologi yang memang berkembang dari Amerika ini. Maka itu, penggunaan bahasa Inggris semakin besar dan luas secara global.

Nah, kini kamu sudah tahu kan mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional dan bertahan hingga saat ini? Oleh sebab itu, jangan mau ketinggalan dan pelajari bahasa Inggris sekarang juga!

Daftar Konsultasi Gratis

4 Alasan Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional