Menu
EF English Centers

for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Belajar Speaking atau Grammar Terlebih Dahulu, Ya?
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Belajar Speaking atau Grammar Terlebih Dahulu, Ya?

2020.08.11

Hampir sebagian orang yang hendak belajar bahasa Inggris mungkin mengalami kebingungan yang sama: aspek mana yang harus dipelajari terlebih dahulu, grammar atau speaking? Meski keduanya bisa dipelajari secara bersamaan, memang ada beberapa kondisi yang membuat kamu harus memilih untuk mempelajari salah satu terlebih dahulu. Simak penjelasan mengenai beberapa kondisi tersebut, dan aspek mana yang harus kamu pilih pada tiap kondisi, berikut ini.

Belajar untuk memperlancar komunikasi dalam bahasa Inggris

Jika tujuan utama belajar bahasa Inggris adalah meningkatkan kemampuan komunikasi dalam lingkungan kerja atau lingkungan belajar, kamu mungkin lebih baik fokus belajar speaking terlebih dahulu.

Apalagi jika kamu baru mulai mempelajari bahasa Inggris dan butuh cepat dalam meningkatkan kemampuan komunikasi. Untuk lancar berbicara atau speaking dalam bahasa Inggris, kamu memang harus memahami tata bahasa paling dasar.

Namun, bukan berarti kamu harus memahami tata bahasa secara menyeluruh terlebih dahulu. Selain itu, hal yang terpenting dalam berkomunikasi verbal adalah setiap ucapan kamu dapat dipahami dengan baik oleh lawan bicara, dan begitu juga sebaliknya.

Artinya, sekalipun saat kamu berbicara bahasa Inggris masih terdapat kesalahan tata bahasa, selama lawan bicaramu paham apa yang kamu bicarakan, maka hal tersebut masih bisa ditoleransi.

Belajar untuk persiapan tes kemampuan bahasa Inggris

Jika tujuan belajar bahasa Inggris adalah untuk mendapatkan nilai yang baik dalam tes TOEFL atau IELTS, kamu mungkin ingin belajar grammar terlebih dahulu sebelum mendalami speaking. Mengapa?

Pasalnya, meski di dalam tes TOEFL atau IELTS terdapat tes speaking, tapi kemampuan tata bahasa menjadi sangat krusial untuk aspek-aspek lain yang ada di dalam tes, termasuk writing, listening, dan juga reading.

Jika kemampuan grammar atau tata bahasa belum mumpuni, kamu akan kesulitan membuat tulisan yang baik untuk tes writing. Kamu juga bisa saja tidak memahami apa yang kamu dengar saat tes listening, dan kesulitan menemukan jawaban yang tepat saat tes reading.

Oleh sebab itu, belajar grammar menjadi lebih krusial atau penting untuk mendapatkan nilai keseluruhan yang baik. Baru setelah itu, kamu bisa mempraktekkan kemampuan tata bahasa saat belajar speaking untuk persiapan tes tersebut.

Belajar sesuai kapasitas dan kemampuan

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk belajar speaking dan grammar secara bersamaan. Ada yang justru menjadi kesusahan saat melakukannya. Maka itu, tidak masalah jika harus memilih salah satu.

Dalam kondisi seperti ini, pilih yang menurutmu lebih mudah dipelajari. Pasalnya, semakin mudah kamu dalam mempelajari suatu aspek, semakin cepat pula kamu menguasainya. Dengan begitu, kamu juga bisa lebih banyak mencurahkan waktu untuk mempelajari aspek yang mungkin lebih susah bagimu.

Jika kamu merasa tidak mampu mempelajari keduanya secara bersamaan, tidak perlu memaksakan diri untuk melakukannya. Justru, hal ini dapat memperlambat proses belajar karena keduanya sama-sama akan terasa sulit untuk dipelajari.

Meski pada akhirnya kamu akan belajar grammar dan speaking agar menguasai bahasa Inggris, bukan berarti kamu harus memaksakan diri melakukan hal yang tidak sesuai dengan kemampuan dan kapasitas.

Nah, sekarang, sudah tidak pusing lagi kan memilih mana yang harus kamu pelajari terlebih dahulu? Atau mau coba kelas percakapan bersama native speaker? Klik link berikut ini.

Daftar Konsultasi Gratis