Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Manfaat Bahasa Inggris di Era Digital Bagi Mahasiswa
Gaya Hidup

4 Manfaat Bahasa Inggris di Era Digital Bagi Mahasiswa

2021.01.15

Pernahkah terbesit di dalam pikiran bahwa di era digital seperti saat ini, para mahasiswa mendapatkan banyak sekali kemudahan? Tidak hanya untuk belajar tapi juga untuk perkembangan dirinya. Nah, tapi kemudahan itu harus diraih dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik. Bahkan, mahasiswa juga bisa mendapatkan manfaat dari belajar bahasa Inggris pada era digital seperti saat ini. Apa saja ya manfaat yang bisa didapat jika mahir berbahasa Inggris bagi mahasiswa?

Memudahkan mencari materi belajar di Internet

Salah satu kemudahan yang bisa didapatkan oleh mahasiswa di era digital seperti saat ini jika bisa berbahasa Inggris dengan baik adalah kemudahan mendapatkan materi belajar di Internet. Melalui internet, mahasiswa bisa mendapatkan berbagai materi dari berbagai sumber yang berbeda.

Hal ini tentu saja menguntungkan bagi mahasiswa, karena tidak semua materi bisa didapatkannya melalui buku yang dibeli di toko buku atau dari pengajar di dalam kelas. Untuk meluaskan sudut pandang dan mengetahui lebih dalam lagi mengenai materi yang dipelajari, tentu menggunakan internet bisa sangat bermanfaat. Sayangnya, mungkin materi yang bisa didapatkan akan sangat terbatas jika tidak bisa menggunakan bahasa Inggris. Kebalikannya, saat kamu bisa berbahasa Inggris, sumber yang kamu miliki akan sangat beragam.

Meningkatkan kemampuan diri

Bahasa Inggris merupakan salah satu kemampuan yang saat ini sangat dibutuhkan, khususnya anak muda yang hendak memasuki dunia profesional. Pasalnya, memiliki kemampuan bahasa Inggris sering kali menjadi persyaratan untuk mencari pekerjaan. Jika seseorang sudah bisa menguasai bahasa Inggris sejak masih mahasiswa, tentu akan lebih mudah untuknya meningkatkan kemampuan diri, memperluas networking, dan meningkatkan kualitas dan nilai jual, sehingga kamu tentu akan lebih “dilirik” oleh perusahaan-perusahaan bergengsi karena nilai tambah yang kamu miliki.

Memberi kesempatan untuk ikut kelas online dari luar negeri

Sebagai seorang mahasiswa, kesempatan untuk mengikuti seminar internasional, perlombaan internasional, hingga pertukaran mahasiswa tentu sebuah kesempatan emas yang tidak semua orang bisa mendapatkannya. Begitu pula dengan melanjutkan pendidikan master di luar negeri.

Meski begitu, ada sebagian mahasiswa yang lebih tinggi potensinya mendapatkan kesempatan tersebut dibanding mahasiswa lainnya. Ya, mahasiswa yang bisa berbahasa Inggris dengan lancar tentu memiliki kesempatan yang lebih besar dibanding mahasiswa yang tidak lancar menggunakan bahasa Inggris. Apalagi, di era globalisasi seperti saat ini, sudah banyak penawaran webinar, perlombaan, atau kelas online dari luar negeri yang bisa diikuti oleh semua mahasiswa dari berbagai penjuru dunia. Maka itu, sangat disayangkan jika mahasiswa melewatkan berbagai kesempatan yang dapat meningkatkan kompetensi dirinya seperti ini.  

Membuka kesempatan menambah wawasan

Tugas utama dari pelajar dan mahasiswa adalah belajar dan menuntut ilmu. Hal ini termasuk menambah berbagai wawasan yang bermanfaat untuk dirinya. Dengan menguasai bahasa Inggris, para mahasiswa dapat mendapatkan wawasan dari berbagai sumber, termasuk internet, e-book, film, dan berbagai sumber lainnya. Ya, wawasan itu tidak hanya didapat dari surfing internet atau membaca buku. Kamu juga bisa mendapatkan tambahan wawasan dari menonton film, mendengarkan podcast, dan masih banyak lagi. Maka itu, memiliki kemampuan bahasa Inggris bisa membuat kesempatan seseorang mendapatkan wawasan menjadi lebih luas.

Nah, sekarang sudah tahu kan bahwa belajar bahasa Inggris itu penting?

Daftar Konsultasi Gratis

4 Manfaat Bahasa Inggris di Era Digital Bagi Mahasiswa