Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Langkah Cermat Negosiasi Gaji
Karir & Bisnis

Langkah Cermat Negosiasi Gaji

2023.01.25

Saat melakukan wawancara kerja, salah satu pertanyaan yang paling umum ditanyakan adalah perihal gaji yang kamu inginkan. Pertanyaan ini memang harus dijawab dengan hati-hati, karena kamu tentu tidak ingin memberikan penawaran gaji yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Tawaran yang terlalu tinggi bisa membuat calon pemberi kerja ragu, tapi penawaran yang terlalu rendah tentu akan merugikan kamu. Lalu bagaimana cara terbaik untuk menjawab pertanyaan tentang gaji? Sebelum memberikan jawaban, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, di antarany:

Lakukan riset tentang gaji yang sesuai

Saat ini banyak sumber yang bisa membantu kamu mengetahui gaji yang sesuai dengan posisi, keahlian, serta lokasi kerja kamu. Jadi, sebelum wawancara, persiapkan diri dengan melakukan riset tentang nilai gaji yang sesuai dengan pekerjaan kamu.

Pertimbangkan kebutuhan kamu

Selain nilai gaji secara umum, kamu juga perlu mempertimbangkan kebutuhan hidup kamu sehari-hari untuk menentukan gaji minimal yang bisa kamu terima. Kamu juga perlu mempertimbangkan bahwa kamu tidak hanya menegosiasikan gaji, tapi juga tunjangan lainnya seperti transportasi, tunjangan kesehatan, dll.

Bersiap untuk bernegosiasi

1.       Gaji saya cukup fleksibel, namun saya tentu ingin mendapatkan gaji yang sepadan dengan pengalaman dan keahlian saya. Tentunya saya terbuka untuk melakukan negosiasi gaji setelah membahas detail lebih lanjut tentang pekerjaan saya.

2.       Saya tidak keberatan melakukan negosiasi gaji yang sesuai dengan pengalaman saya di bidang ini. Setelah berdiskusi tentang detail tanggung jawab saya dalam pekerjaan ini, kita tentu bisa berdiskusi untuk menentukan gaji yang sesuai dengan posisi saya.

3.       Sebelum membahas tentang gaji, saya ingin membahas lebih lanjut tentang tanggung jawab saya di posisi ini secara spesifik. Tapi mengingat posisi serupa di wilayah ini biasanya mendapatkan gaji antara A Rupiah hingga C Rupiah, maka saya mengharapkan gaji sebesar sekitar B Rupiah. Menurut saya, jumlah tersebut sepadan dengan tanggung jawab saya.

4.       Saya ingin berdiskusi dengan Anda tentang gaji yang Anda anggap sepadan dengan keahlian dan kemampuan saya. Namun berdasarkan gaji saya sebelumnya dan pengetahuan saya di indutri ini, maka menurut saya gaji yang sesuai untuk saya adalah sekitar X Rupiah.

Dari keempat contoh di atas, ada beberapa poin yang perlu kamu perhatikan saat menjawab pertanyaan tentang ekspektasi gaji, yaitu:

1.       Ingatkan pewawancara bahwa kamu terbuka untuk menegosiasikan gaji kamu.

2.       Ingatkan pewawancara tentang keahlian dan kemampuan kamu yang akan membuat kamu menjadi aset bernilai untuk posisi tersebut.

3.       Pertimbangkan gaji kamu saat ini dan jadikan hal ini sebagai patokan untuk menentukan ekspektasi gaji minimal kamu, karena tentunya kamu ingin mendapatkan gaji yang lebih besar dibandingkan gaji kamu saat ini.

4.       Jangan bersikap kasar. Bahkan bila pewawancara memberikan penawaran yang sangat rendah, berikan respon yang sopan dan tanyakan apakah ada kesempatan untuk melakukan negosiasi gaji.

5.       Jangan menyebutkan angka ekspektasi gaji yang terlalu tinggi. Jangan sampai kesempatan kerja kamu gagal hanya karena kamu menentukan ekspektasi gaji yang berlebihan.

Cermat melakukan negosiasi gaji adalah langkah awal kamu dalam menjalani pekerjaan. Bila kamu berhasil mendapatkan gaji yang kamu inginkan dan sesuai dengan kebutuhan kamu, tentu kamu akan bisa menjalani pekerjaan kamu dengan lebih semangat dan produktif.

Daftar Konsultasi Gratis

Langkah Cermat Negosiasi Gaji – EF Adults