Menu

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Buat Calon Bos Terkesan Saat Interview
Karir & Bisnis

Buat Calon Bos Terkesan Saat Interview

2019.03.04

Dalam proses melamar pekerjaan, setiap pelamar tentu harus melalui berbagai tahapan untuk bisa bekerja di suatu perusahaan. Salah satu proses yang umumnya harus dilalui adalahinterviewatau sesi wawancara. Sesiinterviewmerupakan sesi dimana sebagai pelamar kamu akan diberikan berbagai pertanyaan oleh interviewer. Sesi ini sangat menentukan karena selain bisa membuat kamu diterima di perusahaan tersebut, interview juga bisa membuat calon bos kamu merasa kagum. Supaya calon bos kamu kagum, beberapa hal berikut bisa kamu lakukan saat interview.

Jaga Sikap Saat Akan Interview

Sepintas, proses interview sangatlah sederhana karena kamu hanya perlu duduk dan menjawab berbagai pertanyaan dari interviewer. Tapi, dari sesi tersebut, interviewer bisa menilai seberapa layakkah kamu untuk bekerja di perusahaan tersebut. Untuk itu, sebaiknya kamu menjaga sikap sebaik mungkin saat menunggu waktu interview. Tunjukkan sikap yang sopan dan penuh kesantunan saat akan di interviewagar calon bos kamu kagum dengan attitude yang kamu miliki.

Gunakan Pakaian yang Sesuai dengan Kultur Perusahaan

Saati nterview, pewawancara tidak hanya akan menilai apa yang kamu jawab melainkan juga bagaimana penampilan yang kamu tunjukkan. Penampilan yang baik dan sesuai dengan kultur perusahaan tersebut akan memberikan kesan kalau kamu menghormati orang yang bekerja di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, cari tahu dresscode perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan sebelum melakukan proses interview.

Jabat Tangan Interviewer dengan Erat

Selain menjaga sikap saat akan interview, kamu juga perlu menunjukkan sikap yang baik saat berada di ruang interview. Salah satu sikap baik yang bisa kamu tunjukkan yakni dengan menjabat tangan semua intervieweryang ada di ruangan tersebut. Menjabat tangan dapat menunjukkan kesan kalau kamu seorang yang menghormati orang lain dan profesional. Berikan jabatan tangan yang baik secara erat agar para calon bos kamu merasa yakin dengan sikap yang kamu tunjukkan tersebut.

Berikan Kesan Kalau Kamu Antusias dengan Interview Tersebut

Bagi para interviewer, proses interview menjadi momen yang tepat untuk bertatap muka secara langsung dengan para pelamar. Agar para calon bos kamu merasa yakin, maka usahakan untuk memberikan kesan kalau kamu antusias dengan proses tersebut. Kamu bisa menunjukkan gestur antusias dengan cara memberikan senyuman kepada para calon bos dan menjawab pertanyaan yang mereka ajukan dengan antusias. Dengan demikian, parai nterviewer akan merasa kalau kamu benar-benar ingin bekerja di perusahaan mereka dan kamu tidak terpaksa menjalani interviewtersebut.

Buat Kalimat Perkenalan yang Menarik dan Mudah Dipahami

Saat interview, biasanya pewawancara akan mempersilakan kamu untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu. Pada saat diminta untuk memperkenalkan diri, kamu bisa menggunakan kalimat perkenalan yang menarik dan juga mudah dipahami. Proses perkenalan akan membuat para interviewer melihat bagaimana cara kamu berbicara dan mendeskripsikan diri kamu sendiri. Jangan buat kalimat perkenalan yang terlalu berlebihan dan usahakan apa yang kamu sampaikan sesuai dengan CV yang telah kamu berikan sebelumnya.

Research Perusahaan Tersebut Terlebih Dahulu

Ada berbagai pertanyaan yang akan diajukaninterviewerketika sedang mewawancarai kamu. Salah satu jenis pertanyaan yang biasanya diajukan yaitu mengenai seberapa dalam kamu mengenal perusahaan tersebut. Pengetahuan seputar perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan sangat penting karena jika kamu mengetahui banyak hal seputar perusahaan tersebut maka kamu akan terlihat benar-benar niat untuk bekerja di perusahaan tersebut. Lakukanresearchseputar perusahaan tersebut mulai dari sektor usaha yang dilakukan, bagaimana perusahaan tersebut berdiri sampai apa saja yang bisa kamu berikan untuk perusahaan tersebut. Dengan melakukanresearch,interviewerakan merasa terkesan karena kamu terlihat benar-benar serius untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Prosesinterviewbisa menjadi proses yang sangat penting dalam karier seseorang. Karena, jika kamu melakukannya dengan tepat maka para calon bos akan terkesan dan bisa menganggap kamu adalah orang yang potensial untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jadi, persiapkaninterviewsebaik mungkin, ya!

Daftar Konsultasi Gratis

Buat Calon Bos Terkesan Saat Interview