Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
4 Tips Manajemen Waktu agar Tetap Produktif
Gaya Hidup

4 Tips Manajemen Waktu agar Tetap Produktif

2021.07.16

Pandemi yang sudah berlangsung selama satu setengah tahun belakangan tentu membuat kamu lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Nah, hal tersebut sangat berpotensi menimbulkan rasa bosan, sehingga kamu menjadi kurang semangat untuk menjalani hari dengan produktif. Alhasil, kamu menjadi lalai dengan waktu dan membuang waktu yang berharga dengan percuma. Nah, agar bisa tetap produktif, kamu perlu mempelajari tips manajemen waktu dengan baik, seperti berikut ini:

Rencanakan harimu dengan baik

Salah satu tips yang penting agar kamu bisa menjalani hari dengan lebih produktif adalah merencanakan harimu. Sebagai contoh, malam sebelumnya, kamu sudah menentukan hal-hal atau kegiatan apa saja yang harus kamu kerjakan. Lalu, kamu susun terlebih dahulu, aktivitas yang ingin kamu lakukan dari pagi hingga malam hari. Dengan begitu, kamu sudah memiliki gambaran, hal apa saja yang akan kamu lakukan esok hari. Selain itu, dengan melakukan perencanaan seperti ini, kamu bisa mengingat-ingat apa saja aktivitas yang perlu menjadi prioritas, dan mana aktivitas yang bisa kamu tunda terlebih dahulu demi menyelesaikan kewajiban lain yang mungkin lebih penting.

Tentukan goal secara masuk akal

Menjadi seseorang yang ambisius memang tidak ada salahnya, tetapi kamu juga harus tahu bagaimana kemampuanmu dalam melakukan suatu pekerjaan. Jangan sampai, saat merencanakan kegiatan untuk hari esok, kamu membuat jadwal yang tak masuk akal. Ini artinya, pahami terlebih dahulu kemampuanmu, baru menentukan kira-kira apa saja yang mampu kamu kerjakan di hari esok. Sebagai contoh, kamu harus menulis artikel sebanyak 10 artikel dalam kurun waktu satu minggu. Selama tujuh hari, kamu bisa mencicil 10 artikel tersebut, tetapi kamu memaksakan diri untuk menyelesaikannya dalam waktu satu hari saja. Padahal, ada aktivitas atau kewajiban lain yang harus kamu lakukan esok hari. Ini menandakan bahwa kamu belum menentukan goal secara realistis.

Menerapkan jeda istirahat saat berkegiatan

Tips manajemen waktu berikutnya agar tetap produktif adalah menerapkan jeda istirahat di sela-sela aktivitas. Pasalnya, terlalu memforsir diri sebenarnya juga tak baik untuk produktivitas kamu. Apalagi, saat kamu sudah lelah dan butuh istirahat, akan lebih baik jika kamu memberi jeda agar bisa kembali fokus saat beraktivitas.

Sebagai contoh, saat kamu sedang bekerja, terapkan waktu istirahat selama lima menit setiap 30 menit sekali. Gunakan waktu istirahat tersebut untuk meregangkan tubuh, pergi ke kamar mandi, atau mengambil minum. Jika kamu belum bisa disiplin, gunakan timer dari smartphone agar kamu tahu kapan waktunya beristirahat dan kapan waktunya untuk mulai kerja kembali.

Batasi waktu untuk melakukan setiap kegiatan

Dalam waktu satu hari, kamu tentu melakukan banyak kegiatan. Agar bisa melakukan masing-masing kegiatan dengan maksimal, jangan lupa untuk menentukan batas waktu. Dengan begitu, kamu bisa lebih maksimal saat melakukan suatu kegiatan, karena kamu tahu untuk melakukan kegiatan tersebut, kamu hanya memiliki waktu beberapa jam saja, sebelum berganti melakukan aktivitas lainnya.

Sebagai contoh, kamu hendak membersihkan rumah seharian penuh. Agar bisa lebih maksimal membersihkan seluruh area rumah, tentukan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk membersihkan kamar, ruang keluarga, kamar mandi, dapur, dan ruangan lainnya. Jangan sampai kamu terlalu asik membersihkan kamar, sementara ruangan lain tidak tersentuh dan masih belum bersih.

Keempat tips manajemen waktu di atas adalah langkah mendasar yang penting untuk kamu lakukan jika ingin lebih produktif. Selamat mencoba!

Daftar Konsultasi Gratis

4 Tips Manajemen Waktu agar Tetap Produktif